Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Buah yang Paling Cocok Dijadikan Jus dan Smoothies, Bisa Diminum Saat Sahur?

Semua buah bisa diolah menjadi jus dan smoothies. Tergantung pada selera masing-masing orang, lebih suka rasa dari buah yang asam, manis, atau cenderung netral.

Menurut Dr. Rita Ramayulis, seorang praktisi gizi bidang klinik dan olahraga, semua buah bisa dijadikan smoothies tapi beberapa buah khususnya punya nilai lebih dalam membangun imunitas tubuh.

Dalam sesi Live Instagram di akun @kriyaria dengan topik “Minuman Jus, Smoothie, dan Minuman Rempah Penguat Kekebalan Tubuh” pada Rabu (13/5/2020), Rita menjelaskan beberapa buah tersebut.

Jambu biji

Buah pertama adalah jambu biji. Buah jambu biji dalam beberapa jurnal penelitian menurut Rita memiliki keunggulan untuk imunitas tubuh.

“Kalau mau bikin jus dan smoothies itu utamakan jambu biji karena di sana ada kuersetin yang bisa menghambat replikasi virus menurut penelitian yang saya baca,” kata Rita.

Jeruk manis

Selain jambu biji, kamu juga bisa mengonsumsi jeruk yang punya rasa manis. Rita tidak merekomendasikan air jeruk dengan rasa asam untuk orang yang sedang berpuasa.

“Karena puasa itu mengurangi jam tidur kita yang kalau tidak bisa kita manage dengan baik pasti produksi asam lambung akan naik. Kalau dengan buah yang asam akan menstimulasi naiknya asam lambung,” papar Rita.

Manggis

Lalu buah lokal Indonesia lainnya adalah manggis. Bahkan Rita menyebutnya sebagai buah ajaib.

Pasalnya, buah manggis bekerja sebagai anti bakteri di dalam tubuh manusia. Apalagi jika kamu membuat jus buah manggis bersama dengan bagian dalam kulit manggis yang lunak itu.

Nanas

Kemudian ada juga buah nanas yang kaya akan bromelain yang akan membantu proses pemecahan protein dalam tubuh.

“Secara umum bromelain yang ada pada nanas itu mampu memodulasi respons imunitas. Maka dari itu nanas bisa jadi pilihan jus atau smoothies kita,” ujar Rita.

Pir dan kurma

Ada juga buah pir yang kaya akan zat fitokimia. Zat ini ternyata bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada tubuh.

Lalu buah kurma yang sering disebut sebagai buah wajib saat berbuka puasa juga ternyata punya manfaat sangat besar untuk imunitas tubuh.

Kurma mengandung zat asam salisilat yang dipercaya sebagai zat anti-inflamasi atau anti-peradangan.

Semangka

Terakhir adalah buah semangka yang juga baik untuk dikonsumsi karena mengandung zat citrulline yang akan merespons imunitas tubuh dengan baik.

Namun, karena semangka punya kadar indeks glikemik yang paling tinggi dari semua buah, maka semangka sebaiknya hanya dikonsumsi saat berbuka puasa saja.

“Enggak boleh kita taruh di sahur dan ketika mau tidur juga tidak disarankan. Karena kadar indeks glikemik tinggi, pas kita tidur nanti hormon insulin kita terlalu tinggi. Bangunnya kita malah lelah nanti,” kata Rita.

Sementara untuk buah lainnya di atas seperti jambu biji, jeruk, manggis, nanas, pir, dan kurma sah-sah saja untuk dikonsumsi baik saat sahur mau pun sebelum tidur.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/17/180800127/7-buah-yang-paling-cocok-dijadikan-jus-dan-smoothies-bisa-diminum-saat-sahur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke