Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Jalangkote, Camilan Khas Sulawesi untuk Hidangan Takjil

Jalangkote punya keunikan tersendiri, camilan ini punya berbagai varian isian yang berbeda-beda dari setiap daerah di Sulawesi. Menyesuaikan dengan bahan apa yang disukai dan jadi ciri khas daerah tersebut.

Menurut Executive Chef Hotel Four Points by Sheraton Makassar Suwanta, beberapa daerah ada yang menggunakan sayuran dan soun saja. Ada juga yang menggunakan campuran daging ayam, daging sapi, atau daging ikan.

Chef Suwanta bersama dengan Chef Grace Titaheluw, Chef de Cuisine Hotel Four Points by Sheraton Makassar, membagikan resep dan tips membuat jalangkote.

Siapa tahu bisa kamu coba di rumah untuk sajian berbuka puasa nanti.

Resep jalangkote

Bahan kulit

  • Tepung terigu
  • Air
  • Gula
  • Garam
  • Santan
  • Minyak sayur
  • Telur

Bahan isi

  • Wortel
  • Kentang
  • Buncis
  • Daun bawang
  • Bawang putih
  • Minyak
  • Kaldu
  • Pala
  • Jintan
  • Soun
  • Telur rebus
  • Ayam cincang

Bahan saus


Cara membuat jalangkote

Untuk membuat jalangkote, pertama kita harus membuat kulitnya lebih dulu. Panaskan minyak sayur lebih dahulu hingga cukup panas tapi tak perlu sampai mendidih.

Kemudian campurkan semua bahan kulit yakni tepung terigu, air, garam, gula, dan minyak sayur. Sesuaikan jumlah air dengan tekstur kulit yang kita inginkan.

“Jadi untuk mengulen kulitnya itu disesuaikan jumlah airnya. Kita enggak bisa tentukan berapa. Ada orang yang biasanya suka tekstur kulit agak keras, ada yang agak lembut. Karena jalangkote itu kalau digigit agak renyah gitu,” jelas Chef Grace pada Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Jika sudah mencampur semua bahan kulit, uleni adonan sampai merata lalu sisihkan. Adonan bisa disimpan di dalam kulkas atau di suhu ruang.

Selanjutnya waktunya membuat isian jalangkote. Isian jalangkote ini bisa kamu variasikan sesuai selera. Kamu bisa menggunakan sayuran saja, dengan campuran daging ayam, daging sapi, atau ikan yang kamu sukai.

Pertama, siapkan bahan-bahannya. Rebus soun hingga matang.

Potong-potong wortel dan kentang jadi ukuran dadu kecil-kecil, lalu rebus hingga matang. Pun dengan buncis, potong-potong kecil dan rebus hingga matang.

Wortel, kentang, dan buncis direbus dulu agar mengurangi waktu penumisan agar tidak terlalu lama. Lalu lanjut dengan menumis isian.

Siapkan minyak, tumis bawang putih secukupnya. Tambah bawang daun, masukkan semua bahan isian, lalu tambahkan bubuk pala dan jintan. Aduk rata dan terakhir tambahkan kaldu.

Aduk rata dan masak hingga mengental serta air menyusut. Jika sudah, angkat isian dan sisihkan.

“Untuk satu jalangkote biasanya saya pakai satu sendok makan isian. Terus telur rebus yang sudah potong 6, taruh satu potong di situ. Lipat adonan terus digoreng,” jelas Chef Suwanta pada Kompas.com, Senin (18/5/2020).


Untuk mengisi jalangkote, siapkan adonan kulit lalu pipihkan.

Chef Grace biasa menggunakan mesin pembuat pasta yang bisa memipihkan adonan dengan mudah. Jika tak punya, kamu juga bisa memipihkannya dengan alat apa pun yang ada di rumah.

Pipihkan adonan kulit hingga ketebalannya sesuai dengan yang kamu inginkan. Lalu cetak berbentuk bulat.

Isikan isian jalangkote ke atas kulit secukupnya, lalu lipat hingga membentuk bulan separuh. Lalu rekatkan kulit jalangkote dengan menggunakan tangan.

Menggunakan ibu jari, jepit dan lipat adonan sampai membentuk gelombang ciri khas jalangkote.

Jika sudah, waktunya menggoreng jalangkote. Gunakan api sedang, dan minyak yang agak banyak. Pastikan minyak punya ketinggian lebih daripada tebal jalangkote agar terendam baik.

Chef Suwanta mengatakan bahwa usahakan suhu minyak tak terlalu panas dan tak terlalu dingin.

“Enggak boleh di atas 100 derajat (panas minyak). Paling bagus temperatur itu sekitar 85 derajat. Biar jadinya kuning dan enggak pecah. Kalau terlalu panas minyaknya nanti dia pecah,” papar Chef Suwanta.

Goreng jalangkote dengan banyak minyak hingga terendam agar matang merata selama sekitar 10-15 menit.

“Kalau bahannya (jalangkote) 300 gram misalnya 8 buah jalangkote, minyaknya harus sekitar 1,5 liter,” kata Chef Suwanta.

Sebagai pelengkap jalangkote, kamu juga sebaiknya membuat saus khas jalangkote.

Menurut Chef Suwanta, walaupun varian isi dari jalangkote ini bisa bermacam-macam, satu yang khas adalah saus yang digunakan sebagai pelengkap.

Pertama, tumis bawang putih dan bawang merah. Lalu masukkan cabai rawit dan cabai merah yang sudah dihaluskan, air, garam, dan gula. Masak hingga matang.

Terakhir, tambahkan sedikit cuka sesuai selera. Jalangkote dengan saus cabai pun siap untuk disajikan.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/18/164000227/resep-jalangkote-camilan-khas-sulawesi-untuk-hidangan-takjil

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke