Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waktu Terbaik Konsumsi Air Rempah untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu cara menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi air rempah.

Menurut Dr. Rita Ramayulis, seorang praktisi gizi bidang klinik dan olahraga, air rempah memiliki sifat menstimmulasi sel imunitas pada diri manusia.

Selain itu, air rempah juga bersifat anti-inflamasi atau peradangan sehingga bisa mempermudah proses regenerasi sel-sel imunitas tubuh manusia.

Dalam sesi Live Instagram di akun @kriyaria dengan topik “Minuman Jus, Smoothie, dan Minuman Rempah Penguat Kekebalan Tubuh” pada Rabu (13/5/2020), Rita menjelaskan bahwa air rempah sangat baik untuk dikonsumsi pada waktu sebelum tidur.

“Kalau kita bicara soal kapan waktu regenerasi sel di tubuh kita termasuk imunitas tubuh, jawabannya adalah ketika hormon pertumbuhan diproduksi maksimal yaitu mulai jam 20.00,” kata Rita.

Proses regenerasi sel tubuh ini berlangsung semalaman dan puncaknya adalah dari pukul 23.00 hingga 02.00 dini hari.

Rita menjelaskan, bahwa sebelum tidur kita diharuskan untuk mengonsumsi camilan yang terdiri dari protein, buah, dan rempah.

Buah bisa kamu dapatkan dari konsumsi jus atau smoothies. Sementara protein dan rempah, bisa kamu kombinasikan dengan meniru resep yang dibagikan oleh Rita.

Kamu memerlukan satu ruas jahe, satu ruas kunyit, tiga buah cengkeh, satu batang serai, dan setengah batang kayu manis untuk membuat satu porsi minuman rempah ala Rita.

Jika ingin membuat dua porsi, maka kamu tinggal mengalikan dua takaran bahan tersebut.

Semua bahan tersebut kamu rebus menggunakan dua gelas air. Didihkan rebusan rempah hingga air menyusut menjadi satu gelas air saja.

Kemudian saring air rebusan rempah tersebut.

Selanjutnya, air rempah yang masih panas itu kamu gunakan untuk menyeduh tepung susu yang biasa kamu konsumsi.

“Tepung susu yang biasa saya konsumsi itu yang low-fat. Saya ambil air rempah tuangkan ke tepung susu itu lalu aduk. Kita dapat protein dan kita dapat air rempahnya,” jelas Rita.

Jika kamu ingin mengombinasikan air rempah dan protein tersebut dengan satu porsi buah, bisa juga mencampurkannya dengan jus.

Caranya, setelah air rempah dan susu tadi suhunya sudah turun dan tidak terlalu panas, kamu masukkan ke dalam blender dan masukkan potongan buah sesuai selera.

“Bisa buah pisang, melon, atau apa pun dan blender jadi satu. Itu komplet all in one. Ada rempah, ada susu sumber protein, ada buah sebagai mikronutrien.

"Proses regenerasi sel kita akan berlangsung maksimal karena kita sudah memasukkan berbagai macam zat yang diperlukan untuk regenerasi sel tubuh kita termasuk sel imunitas,” papar Rita.

Untuk cara meminum minuman rempah, Rita menyarankan untuk meminumnya dalam kondisi panas.

Sebenarnya tak ada aturan yang melarang minuman rempah dikonsumsi dalam keadaan dingin atau diberi tambahan es batu.

Namun, ada beberapa efek tertentu dari minuman rempah yang hanya bisa didapatkan ketika diminum dalam keadaan panas.

“Kalau dia (minuman rempah) dikonsumsi panas dia punya efek untuk melancarkan peredaran darah. Jadi efeknya dobel. Efek hangat dan panas dari rempah dapat juga efek dari air hangat dapat,” tutur Rita.

Tak itu saja, meminum minuman rempah dalam keadaan panas atau hangat juga bisa memberikan efek nyaman pada tubuh.

Sementara ketika minuman rempah dinikmati dalam keadaan dingin, memang tak akan mengurangi nilai nutrisinya tapi sifatnya terlalu berbeda satu sama lain.

Karena makan dan minum tidak hanya untuk memenuhi zat gizi saja tapi juga penting mempertimbangkan rasa nyaman ketika mengonsumsinya.

“Karena rasa kenyamanan akan memberikan rasa psikologis tersendiri jadi lebih baik. Psikologis sangat menentukan kondisi tubuh kita, pola pikir itu sangat menentukan,” pungkas Rita.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/18/230100227/waktu-terbaik-konsumsi-air-rempah-untuk-meningkatkan-imunitas-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke