Salin Artikel

[POPULER TRAVEL] Resep Jalangkote | Sejarah Masjid-Katedral Cordoba

Berita terpopuler lainnya adalah pembatasan penerbangan dan cara pulihkan pariwisata karena corona hingga tiket pesawat kini sudah bisa dipesan di travel agent.

Untuk lengkapnya, berikut berita terpopuler Travel Kompas.com pada 18 Mei 2020.

Namun, jalangkote dan pastel ternyata memiliki beberapa perbedaan baik di kulit pembungkusnya dan juga rempah untuk isiannya.

Chef Grace Titaheluw, Chef de Cuisine Hotel Four Points by Sheraton Makassar menjelaskan perbedaan jalangkote dengan pastel.

Kulit jalangkote punya lapisan lebih tipis dari pada pastel.

“Kalau pastel itu ada yang kulitnya lebih mirip puff. Lebih tebal dari jalangkote. Kalau jalangkote enggak berlapis-lapis,” ujar Chef Grace pada Kompas.com, Senin (18/5/2020). 

Baca selengkapnya di sini.

Dampaknya juga paling terasa di sektor pariwisata. Hal ini pun diakui oleh Deputy Presiden ASEAN Tourism Association (ASEANTA) Eddy Krismeidi.

Ia menyebut, dampak tersebut lantaran pembatasan penerbangan yang dilakukan di hampir seluruh dunia, termasuk ASEAN.

"Contohnya Indonesia dan Singapura, (kedua negera) menerapkan hal yang sama dalam hal melarang masuk wisatawan mancanegara maupun hanya transit. Sementara Malaysia dan Vietnam, hanya melakukan pelarangan masuk, sedangkan transit masih diperbolehkan," kata Eddy dalam telekonferensi ASITA, Sabtu (9/5/2020).

Sementara itu, Thailand dan Filipina melakukan pelarangan total untuk menutup semua penerbangan berjadwal internasional maupun domestik.

Ia mencontohkan banyak negara menutup akses wisatawan mancanegara yang datang, baik masuk ataupun hanya sekadar transit.

Kendati demikian, Eddy mengatakan, penerbangan khusus masih terjadi di negara-negara tersebut seperti charter dan penerbangan logistik.

Baca selengkapnya di sini.

Jalangkote punya keunikan tersendiri, camilan ini punya berbagai varian isian yang berbeda-beda dari setiap daerah di Sulawesi. Menyesuaikan dengan bahan apa yang disukai dan jadi ciri khas daerah tersebut

Menurut Executive Chef Hotel Four Points by Sheraton Makassar Suwanta, beberapa daerah ada yang menggunakan sayuran dan soun saja.

Ada juga yang menggunakan campuran daging ayam, daging sapi, atau daging ikan.

Chef Suwanta bersama dengan Chef Grace Titaheluw, Chef de Cuisine Hotel Four Points by Sheraton Makassar, membagikan resep dan tips membuat jalangkote.

Baca selengkapnya di sini.

Masjid-katedral tersebut merupakan bangunan yang memukai bagi dua agama dan budaya yang membentuk Andalusia--Islam dan Kristen.

Sebab, mengutip The Culture Trip, bangunan tersebut memiliki sebuah gereja Renaisans yang terletak tepat di atas bangunan yang dulunya merupakan masjid paling penting di kerajaan Islam.

Melansir Britannica, struktur asli bangunan tersebut dibangun oleh Abd ar-Rahman I selaku penguasa Dinasti Umayyad pada 784 – 786.

Bangunan tersebut kemudian diperbesar pada abad ke-9 dan ke-10, membuat ukuran Masjid-Katedral Cordoba lebih besar dua kali lipat dan membuatnya salah satu bangunan suci terbesar di dunia Islam.

Baca selengkapnya di sini.

“Untuk kebijakan secara tertulis belum ada. Tapi beberapa maskapai sudah membuka channel-nya di masing-masing portal travel agent, sehingga travel agent sudah mulai bisa melakukan reservasi dan mengeluarkan tiket,” kata General Assistant Astindo, Jeffry Darjanto, kepada Kompas.com, Senin (18/5/2020).

Adapun maskapai penerbangan yang dimaksud adalah Lion Air Group dan Sriwijaya Group. Sementara Garuda Indonesia Group hanya bisa memesan dari sekarang untuk keberangkatan di atas 2 Juni 2020.

Kendati pemesanan tiket sudah bisa dilakukan di travel agent, namun Jeffry menuturkan bahwa perjalanan udara tetap mengacu pada peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan maskapai penerbangan terkait.

Baca selengkapnya di sini.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/19/063000727/-populer-travel-resep-jalangkote-sejarah-masjid-katedral-cordoba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.