Salin Artikel

Tabung Uang THR, 5 Pilihan Liburan Murah di Indonesia untuk Akhir Tahun

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Idul Fitri, para pekerja biasanya akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan.

Biasanya, THR akan digunakan untuk memberi uang saku Lebaran kepada anak-anak pada saat silaturahmi Lebaran.

Sisanya, orang akan menggunakannya untuk liburan menghabiskan waktu cuti Lebaran.

Namun, pandemi corona (Covid-19) yang masih mewabah membuat rencana liburan Lebaranmu tertunda. Pemerintah pun telah mengusulkan untuk menggeser cuti Lebaran di akhir tahun.

Untuk itu, kamu bisa menabung uang THR terlebih dulu untuk berlibur di akhir tahun. Tak perlu mewah, kamu bisa merencanakan liburanmu ke destinasi wisata domestik yang memiliki budget hemat.

Jika kamu dari Jakarta dan sekitarnya, cukup sediakan uang Rp 1 juta (belum termasuk tiket pesawat dan kereta api) untuk liburan tiga hari dua malam.

Kamu bisa juga memanfaatkan beragam promo hotel yang menjual voucher bayar sekarang, menginap kemudian.

Kira-kira kamu bisa ke mana saja ya?

Berikut rekomendasi Kompas.com untuk liburan murah di Indonesia akhir tahun nanti:

1. Bandung

Penginapan murah di Bandung

Paling dekat dari Jakarta, kamu bisa liburan ke Bandung. Kamu bisa mencari penginapan murah dan nyaman yang banyak tersedia di kota kembang itu.

Catatan Kompas.com, ada lima penginapan dengan kisaran harga Rp 100.000 - Rp 200.000 yang cocok untuk wisata hemat.

Lima penginapan ini di antaranya Tamansari Panoramic, De'Kayakini Hotel, New B Hotel, Bobobox, dan Imperium Hotel.

Wisata jalan kaki

Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa berwisata jalan kaki di Bandung.

Tepatnya sekitar Alun-alun Bandung, banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi mulai dari kuliner, museum, hingga wisata jalanan dengan patung-patung manusia nan ikonik.

Sembari jalan-jalan, kamu bisa melihat beragam penginapan mulai dari hotel budget hingga hotel besar seperti Hotel Savoy Homann dan Prama Grand Preanger.

Kedua hotel tersebut letaknya tak jauh dari Museum Asia Afrika.

Tak jauh dari hotel-hotel itu, kamu bisa menjangkau berbagai tempat wisata kuliner di sekitar Alun-alun Bandung dengan jalan kaki sekitar 5-10 menit.

Contoh wisata kuliner di sekitar Alun-alun Bandung yaitu Warung Kopi Purnama, dan Kopi Aroma, dan Sudirman Street Food.

Makan hemat di Sudirman Street Food

Kamu bisa memilih untuk makan hemat di Sudirman Street Food dan Jalan Cibadak. Area ini berlokasi di belakang Alun-alun Bandung.

Terdapat banyak sekali warung kaki lima yang bisa kamu coba. Berbagai makanan pun tersedia dengan harga khas kaki lima.

Mulai dari seafood, nasi goreng, soto bandung, martabak, pisang keju, baso tahu, dan masih banyak lagi.

2. Yogyakarta

Penginapan murah di Yogyakarta

Hal pertama yang kamu pikirkan yaitu mencari penginapan. Kamu bisa mencari harga promo atau paket hemat menginap jauh-jauh hari sebelumnya.

Kamu juga bisa manfaatkan beragam promo hotel yang menjual voucher pay now, stay later.

Di Yogyakarta, kamu bisa memilih penginapan seperti hostel atau homestay yang memiliki harga menginap kurang dari Rp 100.000.

Ragam pilihannya yaitu Bhumi Hostel, ViaVia Guesthouse, Ostic Hotel, Omah Heritage, dan Happy Buddha Yogyakarta.

Makan hemat di Yogyakarta

Jika pergi ke Yogyakarta, kamu jangan sampai melewatkan makanan khasnya selain gudeg yaitu makanan angkringan.

Beragam menu makanan di angkringan dijual dengan harga yang cukup murah mulai dari Sego Kucing atau Nasi Kucing Rp 1.500-Rp 3.000 per porsinya.

Kemudian beragam pilihan lauk seperti sate usus Rp 1.500, gorengan Rp 500, sate ayam Rp 2.000, sate telur Rp 2.000, dan tentunya minuman es teh Rp 2.000.

Jika ditotal, kamu hanya akan menghabiskan budget sekitar Rp 15.000-Rp 20.000. Tak terhitung berapa banyak jumlah bakul angkringan di Yogyakarta. Kamu bisa menemuinya di setiap sudut Yogyakarta.

Selain angkringan, kamu bisa mengunjungi restoran murah lainnya seperti Moelih Ndeso, Geblek Pari Nanggulan, dan Mie Ayam Bu Tumini.

Tempat wisata hemat

Kamu bisa berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Alun-alun Kidul, dan Museum Sonobudoyo untuk mencari alternatif tempat wisata hemat di Yogyakarta.

Tiket masuk Keraton Yogyakarta Rp 5.000 untuk wisatawan nusantara dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara.

Taman Sari, tiketnya wisnus Rp 5.000 dan wisman Rp 12.000, sedangkan untuk Alun-alun Kidul tidak dikenakan biaya.

Kamu juga bisa berkunjung ke pantai-pantai di Yogyakarta seperti Wediombo, Parangtritis, Indrayanti dan lainnya. Harga tiket masuknya pun murah, mulai dari Rp 5.000.

3. Pacitan

Penginapan murah di Pacitan

Kamu bisa merencanakan pergi ke Pacitan yang terkenal dengan keindahan pantainya dan 1001 goanya.

Untuk itu kamu perlu menyiapkan pilihan penginapan di Pacitan. Kompas.com merekomendasikan tujuh penginapan murah yang cocok untuk menikmati liburan di Pacitan.
Harganya berkisar Rp 65.000-Rp 250.000.

Tujuh penginapan ini di antaranya Hotel Homiko, Hotel Minang Permai 3, La Calypso Guesthouse, Hotel Graha Prima, Watu Karung Prapto Homestay, Srikandi Hotel, dan Watukarung Ristu Homestay.

Makan hemat di Pacitan

Hampir sama seperti di Yogyakarta, di daerah pesisir olahan masakan laut khas Pacitan menjadi satu hal yang tak boleh dilewatkan.

Kamu dapat mengunjungi Warung Makan Sari Laut Bu Gandos di Tamperan, Pacitan. Hidangan laut yang tersaji di sini di antaranya nasi tiwul, lobster, sate, dan tahu tuna, urap, hingga gulai ikan.

Untuk harga, nasi tiwul dibandrol Rp 3.000 per porsinya. Sementara lobster mulai dari Rp 30.000 satuannya.

Sedangkan untuk harga sate tuna per tusuknya Rp 10.000. Lalu gulai ikan Rp 15.000 per mangkuk. Hidangan sayuran seperti urap dihargai Rp 6.000 per piring.

Tempat wisata hemat

Tempat wisata di Pacitan terkenal dengan pesona pantai dan lautnya. Oleh karena itu, jika ke Pacitan kamu tak boleh melewatkan pergi ke pantai-pantainya.

Pantai-pantai di Pacitan terbilang murah untuk tiket masuknya. Cukup sediakan Rp 5.000 dan kamu sudah bisa masuk ke lima tempat wisata seperti Pantai Watu Karung, Pantai Kasap, Sungai Maron, Pantai Srau, Pantai Banyu Tibo, dan Pantai Buyutan.

Sementara itu, untuk wisata goa yang terkenal di Pacitan yaitu Goa Gong, kamu bisa masuk dengan membayar tiket Rp 10.000 per orang.

4. Nusa Penida

Biaya menyeberang ke Nusa Penida dengan kapal cepat Sanur

Harga tiket penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida dengan menggunakan kapal cepat berada di kisaran Rp 75.000 hingga Rp 100.000 sekali jalan.

Sebagai contoh Dwi Manunggal Fast Boat, mereka memberi harga Rp 75.000 untuk satu kali perjalanan wisatawan nusantara, dikutip dari berita Kompas.com, 4 Desember 2019.

Harga sewa kendaraan

Tiba di pelabuhan Banjar Nyuh wisatawan akan ditawarkan sewa kendaraan seperti motor dan mobil.

Sebelum menyewanya, kamu perlu mengetahui kisaran harga yang ada yaitu mulai dari sewa motor Rp 75.000 untuk wisatawan nusantara dalam sehari.

Sedangkan harga sewa mobil sekitar Rp 500.000 per harinya. Harga tersebut dapat menjadi pedoman bagi wisatawan yang ingin menyewa motor atau mobil untuk berkeliling Nusa Penida.

Harga tiket masuk obyek wisata

Wisatawan hanya perlu menyiapkan uang Rp 5.000 per orangnya untuk tiket masuk obyek wisata Raja Lima atau biasa disebut Molenteng.

Selain itu, Pantai Atuh dan Pantai Diamond juga memiliki harga tiket masuk yang sama yaitu Rp 5.000 per orangnya.

Biaya makan murah

Satu restoran murah di Nusa Penida yaitu Fullmoon Bar and Restaurant. Lokasinya ada di Jalan Raya Bodong, Nusa Penida.

Restoran ini menawarkan harga makanan mulai dari Rp 28.000 hingga Rp 155.000. Terdiri dari beberapa menu masakan China, Amerika, Asia, dan Indonesia.

Harga penginapan

Hostel Nusa Penida menjadi salah satu penginapan termurah di Nusa Penida. Mereka membuka harga untuk satu malamnya dengan kamar twin Rp 105.000.

Selain itu, ada juga Agung Pring Homestay yang membuka harga mulai dari Rp 110.000 per malam. Ada juga Klotok Home Stay Nusa yang membuka harga mulai Rp 130.000 per malam.

5. Labuan Bajo

Menginap di hostel atau homestay

Detinasi wisata Labuan Bajo memiliki penginapan atau homestay murah yang dapat jadi pilihan. Harganya berkisar mulai dari Rp 150.000 per malam.

Saat musim sepi pengunjung, jika pergi ramai-ramai sebenarnya bisa melakukan negosiasi harga dengan pemilik akomodasi untuk dapat diskon.

Sewa motor

Trayek dan jumlah transportasi umum di Labuan Bajo memang belum begitu banyak. Oleh karena itu, direkomendasikan untuk berkeliling menggunakan sepeda motor.

Kamu bisa menyewa sepeda motor dengan harga sewa Rp 50.000 per harinya.

Makan di warung

Jika kamu ingin menikmati liburan hemat di Labuan Bajo, kamu bisa mengalokasikan untuk dana makan murah di warung milik warga lokal.

Mudahnya, pergilah ke daerah pasar tradisional dan mencari makanan di sana. Harga makanan berkisar Rp 15.000-Rp 35.000 sekali makan.

Sewa kapal bemo

Budget paling tinggi di Labuan Bajo adalah menyewa kapal. Kapal paling murah di sana yaitu kapal bemo atau kapal kayu klotok.

Untuk dapat harga termurah, pergi langsung ke pelabuhan kapal wisata dan lakukan tawar menawar dengan pemilik kapal.

Biasanya tarif sewa perhari Rp 2 juta untuk 8 orang. Alhasil, satu orang dikenakan kisaran Rp 250.000.

Living on Board (LoB) di kapal

Cara paling ringkas untuk menyatukan pengeluaran di atas adalah dengan menggunakan Living on Board (LoB).

Kisarannya Rp 1,6 juta per orang untuk wisata empat hari tiga malam di perairan Taman Nasional Komodo.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/26/162600627/tabung-uang-thr-5-pilihan-liburan-murah-di-indonesia-untuk-akhir-tahun

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Hotel Artotel Suites Bianti - Yogyakarta Resmi Dibuka

Hotel Artotel Suites Bianti - Yogyakarta Resmi Dibuka

Travel Update
Jumlah Kunjungan Turis Asing ke Indonesia Anjlok hingga 64,37 Persen Sepanjang 2021

Jumlah Kunjungan Turis Asing ke Indonesia Anjlok hingga 64,37 Persen Sepanjang 2021

Travel Update
Tingkat Okupansi Hotel Bintang di Indonesia Mulai Membaik, tapi...

Tingkat Okupansi Hotel Bintang di Indonesia Mulai Membaik, tapi...

Travel Update
Durasi Karantina WNI dan WNA di Indonesia Jadi 10 Hari Mulai 3 Desember

Durasi Karantina WNI dan WNA di Indonesia Jadi 10 Hari Mulai 3 Desember

Travel Update
Timor Leste Dominasi Jumlah Kunjungan Turis Asing ke Indonesia per Oktober 2021

Timor Leste Dominasi Jumlah Kunjungan Turis Asing ke Indonesia per Oktober 2021

Travel Update
Banyak Turis Asing ke Indonesia, Tapi Sedikit yang Tiba di Bali pada Oktober 2021

Banyak Turis Asing ke Indonesia, Tapi Sedikit yang Tiba di Bali pada Oktober 2021

Travel Update
Sebanyak 151.032 Turis Asing Kunjungi Indonesia pada Oktober 2021, Naik Dibanding September

Sebanyak 151.032 Turis Asing Kunjungi Indonesia pada Oktober 2021, Naik Dibanding September

Travel Update
Nglanggeran Masuk Daftar Best Tourism Villages UNWTO Diharapkan Menginspirasi Desa Wisata Lain

Nglanggeran Masuk Daftar Best Tourism Villages UNWTO Diharapkan Menginspirasi Desa Wisata Lain

Travel Update
Jepang Hentikan Semua Reservasi Penerbangan, Antisipasi Varian Covid-19 Omicron

Jepang Hentikan Semua Reservasi Penerbangan, Antisipasi Varian Covid-19 Omicron

Travel Update
Etika Naik Garuda Indonesia, Jinjing Tas Ransel!

Etika Naik Garuda Indonesia, Jinjing Tas Ransel!

Travel Tips
Geser Paris, Tel Aviv Kini Jadi Kota Termahal di Dunia

Geser Paris, Tel Aviv Kini Jadi Kota Termahal di Dunia

Travel Update
NTB Kembangkan Wisata Olahraga, Bisa Contek Kunci Kesuksesan Perancis

NTB Kembangkan Wisata Olahraga, Bisa Contek Kunci Kesuksesan Perancis

Travel Update
Nglanggeran Sukses Wakili Indonesia dalam Daftar Desa Wisata Terbaik UNWTO 2021

Nglanggeran Sukses Wakili Indonesia dalam Daftar Desa Wisata Terbaik UNWTO 2021

Travel Update
Libur Nataru, Kapasitas Tempat Wisata DIY 25 Persen dan Tak ada Perayaan Tahun Baru

Libur Nataru, Kapasitas Tempat Wisata DIY 25 Persen dan Tak ada Perayaan Tahun Baru

Travel Update
Rute The Beach Love Bali dari Bandara Ngurah Rai

Rute The Beach Love Bali dari Bandara Ngurah Rai

Travel Tips
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.