Salin Artikel

Tutup Saat Lebaran, Begini Kondisi Ancol di Tengah Pandemi Corona

JAKARTA, KOMPAS.com – Pekan Lebaran, Taman Impian Jaya Ancol biasanya mendapatkan ribuan pengunjung yang datang guna bersenang-senang.

Namun, pandemi virus corona (Covid-19) membuat Ancol tutup mulai 14 Maret 2020 mengikuti anjuran Pemimpin Provinsi DKI Jakarta.

Hingga saat ini, tempat wisata tersebut masih tutup sehingga kondisi libur Lebaran di sana berbeda dari biasanya.

“Pandemi Covid-19 tentu saja berdampak terhadap suasana libur lebaran tahun ini. Biasanya, pada saat libur Lebaran, Ancol dikunjungi ribuan pengunjung per hari,” kata Head of Corporate Communication Ancol Rika Lestari kepada Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

"Jumlah pengunjung lebaran tahun 2019 hari H sampai H+4 totalnya 535.954 pengunjung," lanjutnya.

Sementara itu jumlah pengunjung pada 2020 sebelum corona mewabah di Indonesia sekitar 2,7 juta orang, periode Januari - Maret 2020.

Wisatawan yang berkunjung ke Ancol didominasi oleh pengunjung yang datang dari wilayah Jabodetabek. Tipe kunjungan pun beragam, mulai dari rombongan keluarga hingga perorangan.

Rika mengatakan bahwa kawasan pantai merupakan atraksi wisata yang paling diminati oleh pengunjung.

Namun, mereka biasanya juga akan menyebar ke Dufan, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventures.

Mengutip Ancol.com, mereka memiliki banyak pilihan atraksi wisata selain yang sudah disebutkan yakni Taman Pantai, Pasar Seni, Allianz Ecopark, Faunaland, Gondola, dan Epicable Park.

Kendati banyak pilihan atraksi wisata, tetapi ada juga kegiatan lain yang biasa dilakukan oleh pengunjung saat libur Lebaran di sana.

“Banyak yang piknik dan berenang di area pantai bersama keluarga. Kuliner juga banyak. Ke unit-unit rekreasi lain juga banyak. Jadi memang menyebar (di seluruh kawasan Ancol),” tutur Rika.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/27/123200227/tutup-saat-lebaran-begini-kondisi-ancol-di-tengah-pandemi-corona

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.