Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tutup Saat Lebaran, Begini Kondisi Ancol di Tengah Pandemi Corona

JAKARTA, KOMPAS.com – Pekan Lebaran, Taman Impian Jaya Ancol biasanya mendapatkan ribuan pengunjung yang datang guna bersenang-senang.

Namun, pandemi virus corona (Covid-19) membuat Ancol tutup mulai 14 Maret 2020 mengikuti anjuran Pemimpin Provinsi DKI Jakarta.

Hingga saat ini, tempat wisata tersebut masih tutup sehingga kondisi libur Lebaran di sana berbeda dari biasanya.

“Pandemi Covid-19 tentu saja berdampak terhadap suasana libur lebaran tahun ini. Biasanya, pada saat libur Lebaran, Ancol dikunjungi ribuan pengunjung per hari,” kata Head of Corporate Communication Ancol Rika Lestari kepada Kompas.com, Selasa (26/5/2020).

"Jumlah pengunjung lebaran tahun 2019 hari H sampai H+4 totalnya 535.954 pengunjung," lanjutnya.

Sementara itu jumlah pengunjung pada 2020 sebelum corona mewabah di Indonesia sekitar 2,7 juta orang, periode Januari - Maret 2020.

Wisatawan yang berkunjung ke Ancol didominasi oleh pengunjung yang datang dari wilayah Jabodetabek. Tipe kunjungan pun beragam, mulai dari rombongan keluarga hingga perorangan.

Rika mengatakan bahwa kawasan pantai merupakan atraksi wisata yang paling diminati oleh pengunjung.

Namun, mereka biasanya juga akan menyebar ke Dufan, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventures.

Mengutip Ancol.com, mereka memiliki banyak pilihan atraksi wisata selain yang sudah disebutkan yakni Taman Pantai, Pasar Seni, Allianz Ecopark, Faunaland, Gondola, dan Epicable Park.

Kendati banyak pilihan atraksi wisata, tetapi ada juga kegiatan lain yang biasa dilakukan oleh pengunjung saat libur Lebaran di sana.

“Banyak yang piknik dan berenang di area pantai bersama keluarga. Kuliner juga banyak. Ke unit-unit rekreasi lain juga banyak. Jadi memang menyebar (di seluruh kawasan Ancol),” tutur Rika.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/27/123200227/tutup-saat-lebaran-begini-kondisi-ancol-di-tengah-pandemi-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke