Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Basque Cheesecake? Kue Keju Gosong Khas Spanyol yang Digemari

JAKARTA, KOMPAS.com - Makanan yang diunggah pada media sosial umumnya mempunyai tampilan instagrammable, terlihat cantik dan enak dilihat. Namun berbeda dengan Basque cheesecake.

Saat melihat penampilannya mungkin kamu akan meragukan dan mempertanyakan soal rasanya. Bentuknya gosong dan tidak rapi, membuatnya seolah-olah terlihat tidak menarik untuk dipandang.

Melansir Bloomberg, Basque cheesecake pada dasarnya adalah kue keju yang khas dengan bagian tepinya yang hangus dan bagian dalamnya bertekstur sedikit lengket.

Basque cheesecake mungkin terlihat seperti kue buatan rumah yang gagal, tapi untuk rasanya ternyata berbeda dengan tampilannya.

Rupanya kue ini sengaja dibuat gosong agar bagian luarnya garing dan bagian dalamnya masih lembek.

Teksturnya sangat lembut dan empuk sehingga akan langsung lumer begitu masuk mulut. Saking lembutnya kue ini dikatakan memiliki tekstur seperti permen kapas.

Cita rasa kue ini juga unik. Pada bagian sudut kue yang gosong, memiliki rasa manis karamel yang bikin ketagihan. Sementara bagian dalamnya memiliki rasa creamy yang manis.

Nilai plus lainnya untuk kue ini adalah resep serta cara membuatannya yang terbilang sederhana.

Asal-usul Basque cheesecake

Namun, Basque cheesecake ini bukan kue yang baru ditemukan. Kue kekinian ini 'dilahirkan' oleh restoran La Viña di San Sebastián, Spanyol.

Tempat tersebut juga terkenal dengan pintxos atau camilan tradisional dari kawasan Spanyol  bagian Barat yang penyajiannya ditusuk. Sehingga orang mudah mengambilnya.

Bahan utama Basque cheesecake ternyata cukup sederhana, terdiri dari krim keju, gula, telur, dan krim masak. Pada awalnya bahan untuk basque cheesecake menggunakan keju krim Philadelphia tua yang enak.

Keju tersebut sudah terkenal di wilayah Basque sejak tahun 1970-an dan penduduk setempat menggemarinya.

"Kami mulai menguji resep setelah menggabungkan ide-ide dari berbagai buku masak," kata pemilik La Viña Santiago Rivera, mengutip Bloomberg.

Kue ini ia masak dalam oven yang sangat panas, suhunya sekitar 400 derajat Fahrenheit atau sekitar 204 derajat Celsius. 

Resep Basque cheesecake ia temukan kira-kira 29 tahun yang lalu, ketika restoran itu hanya membuat satu atau dua kue keju per hari untuk warga lokal.

Sekitar satu dekade yang lalu, perlahan-lahan, kue keju Basque menjadi dikenal masyarakat dunia.

Kue ini mulai begitu dikenal di kawasan Asia tepatnya Jepang, Turki, dan Malaysia.

Rivera mengaku jika hak cipta resep Basque cheesecake dan merek La Viña pernah ditawar untuk dibeli oleh pengusaha dari Korea dan negara lain, tapi ia tetap menolak. 

Cheesecake yang "terbakar" ini mungkin telah muncul di hampir setiap pelosok negara di dunia, tapi satu-satunya tempat yang cocok untuk mencicipi rasa otentik dari Basque cheesecake ada di La Viña, yang berusia 60 tahun.

Katie Button, salah satu koki dari el Bulli di Cúrate, Asheville, North Carolina menyebut Basque cheesecake adalah hidangan “ajaib”.

"Sebab Basque cheesecake bertentangan dengan semua yang kami pelajari tentang baking cheesecake klasik, yang menghindari warna terang dengan menggunakan suhu oven rendah," papar Kate dilansir dari Bloomberg. 

https://travel.kompas.com/read/2020/05/30/145532227/apa-itu-basque-cheesecake-kue-keju-gosong-khas-spanyol-yang-digemari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke