Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemprov Sumbar Minta Daerah Siapkan Protokol Wisata Era New Normal

BUKITTINGGI, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menginstruksikan setiap kota dan kabupaten di daerah itu agar segera menyiapkan konsep wisata yang akan diterapkan dalam tatanan kehidupan normal yang baru (new normal).

"Gubernur sudah minta setiap kepala Dinas Pariwisata di semua kota dan kabupaten agar siapkan konsep wisata dalam 'new normal'," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial di Bukittinggi, Sabtu (30/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

Instruksi tersebut, ujarnya telah ditanggapi oleh Bukittinggi, Pariaman, dan Pesisir Selatan yang telah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) di daya tarik dan atraksi wisata.

Dalam kenormalan baru syarat yang mesti dipenuhi oleh wisatawan adalah memastikan diri dalam kondisi sehat dan lolos dari pemeriksaan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu, bagi yang dari luar Sumbar, harus memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) dan keterangan hasil swab polymerase chain reaction (PCR) serta lolos pemeriksaan protokol Covid-19 di perbatasan.

Bagi obyek wisata, harus memenuhi ketentuan petugas dipastikan kondisi sehat, menyediakan alat pengukur suhu tubuh, sarana pencuci tangan, dan prosedur pengaturan keramaian.

Hal lainnya adalah pengaturan jam operasional sesuai jam pelayanan kesehatan dan memiliki tim terpadu beranggota dinas kesehatan, dinas pariwisata, dan pihak keamanan.

Turis lokal

Ia menerangkan meski Sumbar segera menerapkan tatanan kenormalan baru namun dalam bidang pariwisata yang paling mungkin diharapkan hanya kunjungan dari warga di dalam Sumbar.

Kunjungan wisatawan mancanegara, menurutnya, diperkirakan hingga akhir 2020 tidak akan banyak.

Ia juga memprediksi hal sama juga terjadi pada wisatawan nusantara yang mungkin akan berpikir ulang untuk berwisata karena harus melakukan pemeriksaan swab dulu dan memenuhi prosedur kesehatan Covid-19 lainnya.

"Jadi sekarang yang di dalam Sumbar kalau jenuh dengan 'stay home', barangkali bisa berwisata. Sementara ke Bukittinggi dulu karena baru satu itu yang buka namun tetap prosedurnya dipenuhi dulu supaya bisa masuk," katanya.

Pemerintah Kota Bukittinggi, ujarnya juga diminta agar mampu mengatur wisata di "new normal" dengan tepat agar dapat menjadi pilihan masyarakat Sumbar.

"Karena itu daerah diminta siapkan konsep wisata 'new normal' sebab kami tetap lakukan promosi wisata melalui media sosial meskipun tidak ada even yang digelar," ujarnya.

Sementara pantauan pada Sabtu (30/5/2020) sore, wisatawan sudah mulai mendatangi objek wisata Bukittinggi seperti Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK), Taman Panorama dan Lubang Jepang serta taman Jam Gadang.

Di obyek tersebut juga sudah tersedia sarana untuk mencuci tangan dan informasi penanganan Covid-19 serta di objek berbayar yakni TMSBK dan Taman Panorama sudah ada petugas yang melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum pengunjung masuk objek wisata.
(Miko Elfisha/Budi Suyanto)

https://travel.kompas.com/read/2020/05/31/150000127/pemprov-sumbar-minta-daerah-siapkan-protokol-wisata-era-new-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke