Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Resep dan Tips Membuat Chaliapin Steak Don ala Chef Arnold

JAKARTA, KOMPAS.com – Apabila kamu penggemar manga Shokugeki no Shoma, kamu mungkin tidak asing akan hidangan bernama Chaliapin Steak Don.

Pada Rabu (27/5/2020), Chef Arnold Poernomo mengunggah video pada akun YouTube-nya, ia mencoba membuat ulang Chaliapin Steak Don tersebut.

Dalam video tersebut, Chef Arnold juga membagikan sejumlah tips dan trik seputar mengolah daging untuk steak.

Lantas seperti apa resep dan cara membuat Chaliapin Steak Don ala Chef Arnold?

Resep Chaliapin Steak Don

Alat dan bahan

Cara membuat Chaliapin Steak Don

Beras yang digunakan Chef Arnold adalah beras Jepang (mochigome) yang berbentuk pendek dan sedikit lebar.

Biasanya, beras tersebut digunakan dalam pembuatan sushi. Namun sebelumnya beras dicuci hingga airnya bening. Kemudian, diamkan selama lebih kurang satu jam atau hingga beras sudah menyerap air.

Sembari menunggu, iris kulit daging yang berwarna cokelat. Iris permukaannya (scoring) seperti biasa, lalu iris dengan teknik cross diamond. Lakukan di kedua sisi daging.

Bawang bombai untuk melembutkan

Dalam video tersebut, Chef Arnold menuturkan bahwa bawang bombai digunakan untuk melembutkan daging.

“Kalau kualitas (steak) marbelnya kurang bagus, lebih lean, kalian bisa menggunakan bawang bombai. Supaya daging lebih empuk. Di manga, Soma langsung chop onion. Dia bilang onion untuk mengempukkan, tetapi itu salah,” kata Arnold.

“Yang akan membuat daging empuk itu adalah jusnya. Kalau kita potong besar-besar, otomatis jusnya, liquid-nya, enzimnya, enggak keluar,” lanjutnya.

Pertama, belah satu bawang bombai utuh menjadi dua. Ambil salah satunya untuk diparut di atas daging. Saat memarut, kamu bisa lihat bawang mengeluarkan air.

Jika tidak ingin mengeluarkan air mata, kamu bisa mengarahkan kepala ke arah lain. Namun kamu perlu hati-hati agar tangan tidak terluka saat memarut.

Usai bawang bombai diparut, usap secara lembut ke permukaan daging hingga merata. Parut bawang bombai yang sudah dibelah ke permukaan lain daging tersebut dan lakukan hal yang sama.

“Itu semua yang kalian butuhkan. Tidak perlu menumpukkan yang banyak karena itu tidak efektif. Setelah itu, daging di-wrap. Make sure you press supaya onion menempel dan menyerap ke daging,” kata Arnold.

Diamkan daging hingga lebih kurang satu jam.

Olah beras melalui dua langkah

Setelah mempersiapkan daging, kamu bisa olah beras yang sudah direndam sebelumnya. Tuang sedikit air rendaman ke dalam panci, beserta dengan berasnya.

“Kalau kalian ingin masak nasi tapi tidak punya rice cooker, bisa masak seperti ini (menggunakan panci). Bring it to a boil. Sambil aduk supaya tidak terlalu lengket di bawah, baru ditutup pancinya,” tutur Arnold.

Saat air sudah mendidih, tutup panci dan kecilkan api. Kamu hanya perlu diamkan hingga 15 menit sebelum mengolah kembali beras tersebut.

Iris bahan-bahan pelengkap

Sembari menunggu nasi matang, kamu bisa belah dua buah bawang bombai menjadi empat. Namun kamu hanya gunakan tiga potongan bawang bombai.

Selanjutnya, iris bawang bombai dari sisi samping. Besar irisan bisa dilakukan sesuka hati, namun jangan terlalu tebal (chunky).

Taruh irisan bawang bombai di mangkuk yang terpisah. Kemudian, iris daun bawang dan taruh di mangkuk lainnya.

Campuran cuka dan gula untuk nasi

Dalam manga, Yukihira menggunakan umeboshi yang dicampur ke dalam nasi. Namun Chef Arnold menggantinya dengan cuka beras dan gula.

Taruh gula yang telah disiapkan ke dalam mangkuk. Masukkan cuka beras kemudian aduk hingga larut. Jika rasanya masih kurang, kamu bisa tambahkan sesuai selera.

Setelah nasi matang, aduk terlebih dahulu sebelum campuran cuka beras dan gula dimasukkan agar nasi memiliki rasa. Aduk hingga merata.

Mulai mengolah daging dan saus

Setelah didiamkan selama satu jam, singkirkan parutan bawang bombai namun jangan dibuang. Pisahkan ke dalam mangkuk.

“Daging kelihatan warnanya lebih cokelat karena enzim dari bawang bombai sudah mulai bekerja. Ini sudah mulai empuk,” kata Arnold.

Sebelum mulai memasak daging secara medium, pastikan wajan panas. Sembari menunggu, Chef Arnold menaburkan garam di atas daging sebelum memasukkan minyak secukupnya.

Setelah minyak panas, mulailah masak daging hingga kedua sisinya berubah warna menjadi lebih coklat. Lalu taruh ke wadah terpisah saat matang.

“Extra fat (dalam wajan) buang sedikit. Lalu api, very hot. Panasin dulu. Lalu masukkan onion yang dari daging tadi. Tambah minyak sedikit lagi, kecap,” kata Arnold.

Selanjutnya, aduk sedikit selama beberapa menit sebelum memasukkan red wine yang sudah disiapkan.

Aduk kembali sembari sedikit menggosok bagian bawah wajan yang memiliki sisa onion kering yang masih menempel pada daging saat daging sedang dimasak.

“Setelah ini kalian boleh cicipi. Anggur merahnya sudah mulai menguap. Enggak perlu tambah garam karena sudah dari soy sauce sudah mantap,” kata Arnold.

Selanjutnya, kecilkan api dan masukkan cornstarch yang sudah dikasih sedikit air dan diaduk merata.

Saat cornstarch dicampur ke dalam wajan, kamu bisa lihat saus mulai mengental. Segera matikan api dan masukkan saus ke dalam mangkuk.


Olah irisan daun bawang bombai

Setelah wajan dibersihkan, masukkan minyak secukupnya dan taruh irisan bawang bombai yang telah disiapkan.

“Kita akan masak caramelized onion. Api tidak usah terlalu besar. Kita bikin sampai golden brown saja. Kalau kecoklatan akan terlalu manis,” tutur Arnold.

Saat mengolah irisan bawang, Chef Arnold mengatakan bahwa kamu bisa mencampurnya dengan mentega jika ingin.

Setelah warna berubah, matikan kompor lalu masukkan lada hitam dan garam secukupnya. Aduk sampai rata. Lada hitam juga ditaburi di atas daging.

Menyajikan Chaliapin Steak Don ala Chef Arnold

Siapkan mangkuk dan masukkan nasi. Jangan lupa untuk diatur sedemikian rupa agar nasi memiliki bentuk yang indah.

Iris daging hingga ukurannya cukup untuk menutupi nasi di dalam mangkuk. Taburi saus dan irisan bawang yang telah diolah ke atas daging hingga merata.

“Tambahkan lagi black pepper, dan juga daun bawang,” tutur Arnold.

Setelah menyusun hidangan, Chef Arnold pun mencoba hidangan yang dimasak Yukihira. Menurutnya, hasilnya memang enak.

Rasa dari Chaliapin Steak Don bercampur antara rasa gurih daun bawang, daging, serta rasa dari sausnya.

Kendati demikian, akan lebih lezat jika nasi dicampur dengan umeboshi. Cita rasanya akan lebih unik.

“Ini bisa dimakan setiap hari. Tapi it’s a very heavy dish. Again, kalau pakai umeboshi pun enak. Dari tekstur kalau masak steak dengan crunchy-nya, soft, melt. Kemudian ada tekstur dari onion, gurihnya, nasinya yang pulen,” ujar Arnold.

Untuk hidangan ini, Chef Arnold memberinya nilai 8,5 dari 10.

https://travel.kompas.com/read/2020/05/31/181800627/simak-resep-dan-tips-membuat-chaliapin-steak-don-ala-chef-arnold

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke