Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Keju Mozzarella Sendiri di Rumah, Bisa Irit Uang Belanja

JAKARTA,KOMPAS.com  - Keju mozzarella belakangan naik daun di Indonesia. Rasa yang gurih dan tekstur yang lembut membuat keju mozzarella punya banyak pengemar.

Keju ini sering dijadikan toping untuk piza, ayam geprek, lasagna, dan tteokbokki.

Kabar baiknya, keju mozzarella tenyata bisa dibuat di rumah sendiri.

Melansir The Kitch, ada beberapa bahan yang harus disiapkan untuk membuat keju mozzarella, selain iu juga beberapa langkah harus dipraktikkan agar resep ini berhasil.

Bahan membuat keju mozzarella

- 1 1/4 gelas air
- 1 1/2 sendok teh asam sitrat
- 1/4 sendok teh rennet keju
- 1 galon susu segar (bukan susu UHT, bukan susu pasteurisasi) 
- 1 sendok teh garam

Cara membuat keju mozzarella

Langkah pertama dalam membuat keju mozzarella adalah melarutkan asam sitrat dengan 1/4 air dalam gelas kemudian sisihkan. Lanjutkan dengan melarutkan rennet keju sampai larut dan sisihkan.

Setelah itu kamu bisa menghangatkan susu segarnya. Tuang susu ke dalam panci, kemudian aduk bersama larutan asam sitrat.

Atur api dengan tingkat sedang hingga tinggi kira-kira menyentuh suhu 32 derajat celcius, sembari panaskan susu tetap aduk susu hingga rata.

Kemudian jika sudah panas tambahkan larutan rennet. Lalu angkat panci dari api dan kembali aduk perlahan larutan susu dan rennet sebanyak 30 kali.

Selanjutnya berhentilah mengaduk, tutup panci, dan diamkan selama lima menit.

Setelah lima menit, larutan seharusnya sudah mengembang dan akan menjadi adonan yang tampak seperti tahu sutra dengan tekstur halus.

Apabila ketika dilihat susu masih cair, tutup kembali wadah dan diamkan selama lima menit lagi.

Setelah susu telah terbentuk menjadi adonan seperti tahu sutra, potong secara vertikal dan kemudian buat beberapa potongan paralel secara horizontal.

Buatlah pola seperti kotak, pastikan pisaumu sampai ke bagian bawah adonan.

Lalu letakkan panci kembali di atas kompor dengan api sedang dan hangatkan adonan pada suhu hingga 40,5 derajat celcius.

Aduk perlahan saat susu menghangat, jangan aduk terlalu kencang agar adonan tidak pecah.

Adonan pada akhirnya akan menggumpal dan terpisah dengan air kuning yang transparan bekas pembuatan keju yang disebut laktoserum atau whey.  

Sekarang angkat panci dari kompor dan terus aduk perlahan selama 5 menit.

Pisahkan adonan dengan whey dan tiriskan. Tuang susu ke dalam mangkuk yang aman dan tidak leleh jika dimasukan ke microwave. 

Lalu hangatkan adonan ke dalam microwave selama satu menit, kalau sudah bisa keluarkan dan dinginkan.

Kenakan sarung tangan karet dan lipat adonan beberapa kali. Pada titik ini, adonan masih akan sangat elastis dan lembek.

Setelah itu hangatkan kembali adonan ke microwave pada suhu 57 derajat celcius selama 30 detik, jika sudah keluarkan adonan dan dinginkan kembali.

Selanjutnya kamu bisa meregangkan dan membentuk keju mozzarella.

Pertama taburkan garam di atas keju dan remas dengan jari-jarimu agar menyatu. Caranya, dengan menggunakan kedua tangan regangkan dan lipat adonan berulang kali.

Adonan akan mulai mengencang, lakukan ini sampai keju benar-benar kencang dan tampak berkilau. Selanjunya keju mozzarella dapat segera digunakan atau disimpan dalam lemari pendingin selama seminggu.

Kamu yang ingin mendinginkan mozzarella bisa menaruhnya dalam wadah kecil dan tuang satu sendok teh garam dengan secangkir whey dingin. Tutup dan dinginkan keju mozarella.

Alternatif untuk yang tidak ada microwave: Proses menghangatkan adonan keju mozzarella yang membutuhkan microwave bisa digantikan dengan cara hangatkan air di panci besar sampai suhu 80,7 derajat celcius. 

Tuang adonan ke saringan dan masukkan saringan ke dalam panci sehingga adonan terendam dalam air panas.

Biarkan adonan selama sekitar lima menit. Periksa suhu internal adonan Jika belum mencapai 57 derajat celcius, biarkan adonam selama beberapa menit sampai suhunya sempurna. Setelah dadih mencapai 57 derajat celcius, angkat dari air dan renggangkan sesuai petunjuk.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/02/090300627/cara-membuat-keju-mozzarella-sendiri-di-rumah-bisa-irit-uang-belanja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke