Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susu Kok Digoreng? 3 Resep Susu Goreng yang Sempat Viral di Youtube

JAKARTA,KOMPAS.com  - Camilan susu goreng atau disebut juga sugor sempat naik daun dalam beberapa waktu terakhir. Kudapan ini ternyata mudah dibuat dan kamu bisa memasaknya dengan berbagai variasi.

Tidak cuma dari susu putih, kamu juga bisa memasaknya menjadi susu goreng milo keju dan oreo.

Beberapa akun YouTube Indonesia mengunggah video reseo susu goreng karya mereka dan sempat viral. Resep tersebut terlihat sederhana dan bisa kamu praktikkan di rumah, seperti berikut ini:

Akun YouTube Tasyi Athasyia dengan jumlah subscriber 1,14 Juta memperagakan cara membuat susu goreng.

Dalam video berjudul 'COOKING WITH TASYI : EP 48 - RESEP SUSU GORENG TERBAIK! KEJU DAN COKLAT LUMER DI MULUT' memperlihatkan cara membuat susu goreng dengan 13 bahan makanan yang sederhana.

Tasyi membagi bahan tersebut menjadi dua bagian. Satu untuk bahan isi susu goreng dan satu lagi untuk bahan adonan kulit krispi susu goreng.

Bahan isian susu goreng terdiri dari tepung maizena, gula pasir, susu cair UHT full cream, susu bubuk rasa vanila, kental manis rasa vanila dan garam.

Sementara bahan kulit krispi ada tepung beras, tepung protein sedang, gula pasir, air, tepung maizena, garam, dan baking powder.

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat susu goreng adalah dengan mencampurkan semua bahan isian susu goreng.

Saat mencampurkan bahan isian susu, masukkan setengah takaran susu cair dan larutkan semua bahannya hingga rata dan tidak ada yang menggumpal.

Setelah itu masak adonan isian susu goreng di atas api kecil. Jika sudah mulai mengental masukan sisa susu cair, kemudian aduk hingga matang. Kamu juga bisa menambahkan keju agar susu gorengmu memiliki rasa yang gurih.

Jika sudah mengental masukkan adonan ke dalam loyang berbentuk kotak yang sudah diolesi dengan mentega.

Lalu kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es selama tiga hingga lima jam agar adonannya mengeras.

Setelah adonan isinya mengeras kamu bisa memotong kotak-kotak atau sesuai selera. Langkah selanjutnya adalah membuat adonan kulit krispi.

Pertama buat adoanan kulit dengan mencampurkan tepung protein sedang, gula pasir, air, tepung maizena, garam, dan baking powder.

Lalu adoanan isi dari susu goreng siap digoreng, pertama lumuri adonan isian dengan tepung terigu lalu masukkan ke dalam adonan kulit krispi dan bisa langsung digoreng.

Saat menggoreng susu goreng pastikan minyaknya sudah panas dan apinya kecil. Goreng hingga cokelat keemasan dan bisa langsung disajikan.

Selain dari susu putih kamu bisa memodifikasi susu goreng dengan Milo dan tambahan keju. Resep ini datang dari akun Ria Zi, di video 'Resep Cara Membuat Susu Goreng Milo Krispy'.

Bahan untuk membuat Susu Goreng Milo adalah satu sachet susu bubuk Milo, air putih, tepung maizena, keju cheddar, gula pasir, garam, margarin, tepung terigu dan, tepung panir. 

Langkah pertama dalam membuat susu goreng milo adalah melarutkan susu Milo, tepung maizena, keju cheddar, gula pasir, margarin dengan air. Lalu masak adoanan di atas api kecil hingga mengental.

Jika sudah masukkan adonan ke dalam loyang berbentuk kotak yang sudah dilumasi dengan margarin.

Kemudian diamkan di dalam kulkas selama 30 menit agar mengeras. Adonan yang sudah keras bisa dipotong sesuai selera lalu siap digoreng.

Adonan bisa dilapisi dengan larutan tepung terigu lalu lanjutkan melumurinya dengan tepung panir sebelum digoreng. Jika sudah kamu bisa menggoreng bersama api kecil dan siap disajikan.

Susu goreng juga bisa dipadu padankan dengan Oreo. Akun Tri Pujis menjabarkan bagaimana cata memadukan remahan oreo menjadi susu goreng dalam videonya yang berjudul 'MEMBUAT SUSU GORENG OREO | LUMER DIMULUT'.

Bahan yang digunakan untuk membuat susu goreng Oreo ada dua bagian. Pertama untuk isian terdiri dari susu goreng Oreo ada susu UHT full cream, air, gula, maizena, krim Oreo.

Bahan kedua ada bahan untuk adonan kulit terdiri dari Oreo, tepung terigu, baking powder, air, maizena.

Langkah pertama pisahkan biskuit Oreo dengan krim isian. Lanjutkan dengan melarutkan tepung maizena bersama air putih, kemudian sisihkan.

Siapkan panci kemudian masukkan susu cair dan gula, masak di atas api kecil. Selanjutnya masukan krim Oreo dan larutan maizena aduk hingga mengental.

Jika sudah mengental angkat dan masukkan ke dalam loyang yang sudah dilapisi dengan plastik, lalu diamkan selama dua jam di dalam kulkas.

Setelah itu kamu bisa membuat adonan kulit. Langkah pertama adalah hancurkan keping biskuit Oreo dengan blender hingga halus.

Selanjutnya campurkan bubuk Oreo dengan tepung terigu, tambahkan baking powder lalu larutkan bersama air.

Selanjutnya keluarkan isian susu dari dalam kulkas, kemudian potong adonan susu sesuai selera.

Adonan susu yang sudah dipotong bisa dilumuri dengan tepung maizena dan baurkan ke dalam adonan kulit Oreo.

Goreng adonan bersama minyak yang panas dan api yang kecil, kalau sudah matang bisa langsung sajikan.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/03/150700827/susu-kok-digoreng-3-resep-susu-goreng-yang-sempat-viral-di-youtube-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke