Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sriwijaya Air Masih Terbang untuk Rute Domestik, Simak Syarat Calon Penumpang

Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen dalam melaksanakan operasional penerbangan dengan berpedoman dan mengacu pada aturan yang ditetapkan pemerintah.

"Dan dalam rangka menghadapi periode new normal nanti, Sriwijaya Air memastikan akan melaksanakan SOP kebersihan, kesehatan, dan keselamatan seperti yang memang selalu dilakukan dalam seluruh penerbangan Sriwijaya Air," kata Jefferson melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Lanjutnya, hal ini sudah menjadi prioritas utama bagi Sriwijaya Air dalam menjaga kenyamanan pelanggan atau penumpang.

Sebelumnya, Sriwijaya Air kembali beroperasi untuk rute domestik sejak tanggal 13 Mei 2020 dengan berpanduan pada ketentuan dan syarat yang telah ditetapkan pemerintah.

Layanan penerbangan Sriwijaya Air ditujukan bagi pelanggan yang memenuhi persyaratan tetap oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui SE Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan atas SE Nomor 4 Tahun 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Selain itu, juga berdasarkan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama musim mudik Idul Fitri 1441 Hijriah, dan SE Dirjen Perhubungan Udara Nomor 32 Tahun 2020 tentang petunjuk operasional transportasi udara untuk pelaksanaan pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Berikut syarat dan ketentuan bagi calon penumpang Sriwijaya Air Group yang melakukan perjalanan sampai tanggal 7 Juni 2020

Setiap calon penumpang wajib menyertakan

  • Surat Keterangan Perjalanan dari instansi pemerintah atau swasta

Calon penumpang wajib menyertakan surat keterangan perjalanan dari instansi pemerintah atau swasta.

Isi surat menerangkan bahwa dirinya melakukan perjalanan bukan untuk tujuan mudik sesuai dengan kategori penumpang yang diperbolehkan melakukan perjalanan.

  • Surat Keterangan Sehat bebas Covid-19

Calon penumpang wajib menunjukkan persyaratan kesehatan dan harus memiliki surat keterangan sehat baik untuk pergi maupun pulang yang diperoleh dari rumah sakit, puskesmas, atau klinik setelah menjalani rangkaian pemeriksaan termasuk tes cepat atau tes usap tenggorokan.

Menunjukkan surat keterangan uji tes Reverse Transcription – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dengan hasil negative yang berlaku maksimal 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test dengan hasil non-reaktif yang berlaku maksimal 3 hari sebelum keberangkatan.

Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/Puskemas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas PCR Test/Rapid Test.

  • Membawa Identitas diri yang sah

Pemeriksaan sebelum keberangkatan

  • Penumpang yang telah memiliki tiket wajib datang minimal 3 jam sebelum keberangkatan dan membawa dokumen perjalanan asli untuk dilakukan verifikasi data sebelum check-in.
  • Check-in dilakukan setelah verifikasi dan penumpang memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan. Tidak dibenarkan melakukan check-in melalui website dan mobile apps maupun kios check-in.
  • Sriwijaya Air tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kekurangan dokumen persyaratan dan berhak untuk membatalkan penerbangan penumpang yang tidak memenuhi persyaratan yang dimaksud.

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs resmi Sriwijaya Air.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/03/201000327/sriwijaya-air-masih-terbang-untuk-rute-domestik-simak-syarat-calon-penumpang

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+