Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belitung Buka Penerbangan Penumpang 15 Juni

"Penerbangan reguler untuk penumpang akan coba kami buka kembali pada 15 Juni," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh usai menggelar rapat dengan perwakilan maskapai di Tanjung Pandan, Rabu (10/6/2020), seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, tahap pertama penerbangan untuk penumpang yang kembali dibuka adalah rute Jakarta menuju Belitung sebanyak satu kali penerbangan dalam sehari.

"Jadi kalau ada enam maskapai nanti mereka akan mengatur jadwalnya secara merata, intinya hanya satu kali penerbangan dalam sehari," ujarnya.

Dikatakan dia, persyaratan bagi calon penumpang adalah wajib mengikuti protokol kesehatan seperti melampirkan hasil tes uji cepat Covid-19 maupun hasil tes swab.

"Mengisi identitas mereka (penumpang) melalui aplikasi di bandara keberangkatan, tujuannya dalam rangka keperluan apa ke Belitung misalnya apakah urusan bisnis, pekerjaan, wisata atau pulang kampung ke Belitung," ujarnya.

Bupati Sahani menambahkan, isolasi mandiri selama 14 hari tetap diberlakukan bagi penumpang dengan tujuan pulang kampung ke Belitung yang selama ini mungkin tertahan di luar daerah dan tidak bisa pulang akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, untuk wisatawan cukup mengikuti protokol normal baru yang telah disiapkan seperti protokol transportasi, protokol perhotelan, dan protokol berwisata.

"Bagi yang pulang kampung ke Belitung tetap isolasi mandiri walaupun mereka membawa hasil 'rapid test' dari sana, nanti akan dipantau dan setiap tiga hari sekali akan dirapid test," katanya. (Kasmono/Nusarina Yuliastuti)

https://travel.kompas.com/read/2020/06/11/080000327/belitung-buka-penerbangan-penumpang-15-juni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke