Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Tiga Gili Lombok Akan Dibuka Kembali

Tiga gili menjadi lokasi wisata yang dibuka pertama kali di provinsi itu untuk menyongsong normal baru.

"Provinsi NTB akan menjadikan destinasi wisata tiga gili sebagai percontohan pembukaan pariwisata dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB H Lalu Moh Faozal di Mataram, Jumat (12/6/2020), seperti dikutip Antara.

Menurut dia, selama pandemi Covid-19, sektor pariwisata lumpuh total, aktivitas industrinya pun mati suri. Banyak masyarakat yang terlibat di dalamnya menjadi pengangguran dan fasilitas perhotelan tidak beroperasi.

Pembukaan kembali obyek wisata tiga gili, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, dilakukan untuk memulihkan industri pariwisata dan ekonomi.

"Kami akan terus memberikan edukasi dalam membangun kesadaran masyarakat di kawasan wisata untuk tetap beraktivitas, namun dengan SOP normal baru," jelasnya.

Penerapan normal baru ini sebenarnya, kata dia, kehidupan yang akan dijalankan seperti biasa, tetapi dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan menjadi kebiasaan.

Dinas Pariwisata NTB Bersama Dinas Kesehatan, TGP2D, dan unsur lainnya sedang menyempurnakan SOP normal baru berbasis kebersihan, kesehatan, dan keselamatan atau cleanliness, health, and safety (CHS).

Faozal menjelaskan, Pemprov NTB sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara untuk memastikan pergerakan wisatawan yang datang ke tiga gili.

Penerapan protokol kesehatan secara ketat juga harus dilakukan di semua hotel, restoran, dan tempat wisata lainnya.

"Kawasan wisata ini akan menjadi destinasi yang dibuka pertama kali di NTB," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan NTB dr Nurhandini Eka Dewi mengatakan, semua orang menginginkan kembali hidup normal. Namun, kriteria yang harus dipenuhi untuk menerapkan normal baru.

Upaya membuka kembali obyek pariwisata di tiga gili juga akan menerapkan konsep SOP kesehatan yang ketat.

"Masyarakat harus mulai menjalankan pola hidup sehat, mengikuti protap kesehatan mencegah Covid seperti tetap menggunakan masker, jaga jarak, etika bersin, dan lainnya," kata dr Eka.

Pada rakor pembahasan tersebut, Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Daerah (TGP2D) NTB bidang pariwisata Baiq Kartika memaparkan bahwa penerapan normal baru dengan SOP CHS, yakni kebersihan, kesehatan, dan keselamatan.

"Penerapan normal baru dan CHS ini melibatkan semua OPD terkait sesuai tupoksinya masing-masing, sehingga tujuan kita bersama bersinergi tercapai," katanya. (Nur Imansyah/Risbiani Fardaniah)

https://travel.kompas.com/read/2020/06/12/170000227/wisata-tiga-gili-lombok-akan-dibuka-kembali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke