Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Protokol Hotel-hotel IHG, Disinfektan dengan Standar Rumah Sakit

Salah satu jaringan hotel yang turut serta menerapkan prinsip tersebut adalah IHG Hotels & Resorts. Mereka melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan standar kebersihan.

Pertama, IHG Hotels & Resorts menggunakan protokol dan langkah-langkah pelayanan baru terkait dengan sains.

Kedua, bermitra dengan pakar terkemuka industri Cleveland Clinic, Ecolab dan Diversey; serta meluncurkan IHG Clean Promise (Janji Kebersihan IHG) secara global.

Adapun langkah-langkah kebersihan yang sudah ditingkatkan diklaim akan memberikan para tamu kepercayaan lebih dan memberikan tim hotel perlindungan yang dibutuhkan.

"Masa depan perjalanan mungkin terlihat berbeda, tetapi masa menginap yang aman dan nyaman merupakan hal mendasar untuk mewujudkan True Hospitality (Keramahtamahan Sejati)--dan itu tidak akan pernah berubah," ungkap Keith Barr, Chief Executive Officer, IHG, dalam keterangan pers.

Adapun langkah-langkah yang diambil IHG Hotels & Resort, kata Barr, bisa meyakinkan para tamu dan kolega jika fokus mereka adalah melindungi kesehatan dan kesejahteraan.

"Ini termasuk melihat bagaimana teknnologi dapat membuat perbedaan, menerapkan langkah-langkah kebersihan yang ditingkatkan, lebih terlihat dan lebih sering," kata Barr.

"Serta dengan pendekatan berbeda untuk makanan dan minuman, semua itu didukung oleh janji baru kami, yaitu IHG Clean Promise (Janji Kebersihan IHG)," lanjutnya.

Diresmikan pada tahun 2015, program IHG Way of Clean dikembangkan bersama Ecolab dan Diversey, dua perusahaan terdepan di dunia dalam teknologi dan jasa kebersihan.

Program ini sekarang diperluas dengan penambahan protokol dan protokol Covid-19, yang mana beberapa sudah dijalankan, untuk merefleksikan saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit dan otoritas kesehatan masyarakat setempat di seluruh dunia.

IHG Way of Clean sudah termasuk dengan pembersihan mendalam dengan desinfektan dengan standar rumah sakit, dan tamu yang akan datang dapat mempunyai ekspektasi lebih terhadap prosedur kebersihan yang lebih berkembang di setiap area hotel.

Adapun IHG Way of Clean berlakukan sejumlah protokol, seperti:

  • Reception

Mengurangi kontak saat check-in, transaksi tanpa bersentuhan, layar pembatas pada meja reception, stasiun pembersih/sanitiser, kartu kamar yang sudah disanitasi, proses checkout tanpa menggunakan kertas

  • Kamar tamu

Pemeriksaan yang terlihat pada barang-barang yang sudah disanitasi (misalnya pada barang pecah belah, remot kontrol), pengurangan perabotan dalam kamar/barang-barang dengan tingkat sentuh tinggi, protokol binatu baru, penggunaan teknologi baru

  • Area dan Fasilitas Publik

Peningkatan pembersihan mendalam pada permukaan yang sering disentuh, penerapan jarak sosial, informasi “terakhir dibersihkan”, praktik terbaik untuk kolam renang, pusat kebugaran, dan lounge

  • Makanan dan Minuman

Standar pendekatan dan pelayanan baru untuk buffet, jamuan makan, layanan antar kamar dan katering.

Mendukung Kesejahteraan Tamu dan Kolega

IHG bekerja sama dengan tim ahli medis terkenal di dunia, Cleveland Clinic untuk mengembangkan panduan dan sumber daya bagi kolega hotel untuk kembali bekerja serta menjaga keamanan tamu di lingkungan baru, termasuk:

  • Informasi kebersihan di hotel dan saluran pemesanan IHG
  • Prosedur dan papan petunjuk mengenai jarak sosial (social distancing)
  • Pedoman penggunaan peralatan pelindung yang diharuskan bagi semua kolega hotel
  • Pelatihan dan sertifikasi baru untuk para kolega
  • Ketersediaan perangkat alat kebersihan untuk tamu
  • Ketersediaan hand sanitiser dan tisu desinfektan di kamar tamu dan di setiap titik dengan tingkat sentuhan tinggi di hotel

Dewan IHG Clean Promise dan Kebersihan Global

Dengan langkah-langkah yang diperbaharui, IHG meluncurkan Clean Promise. Diluncurkan secara global mulai 1 Juni 2020, para tamu dapat memastikan kamar mereka akan memenuhi standar kebersihan IHG.

Dewan IHG Global Cleanliness baru terdiri dari para ahli IHG dalam bidang operasional, kesehatan, keselamatan, dan pengalaman tamu, bekerja sama dengan spesialis eksternal baru, seperti James Merlino, Chief Clinical Transformation Officer dari Cleveland Clinic, untuk menentukan solusi, praktik terbaik, dan penerapan proses.

Sementara pada level properti hotel, tim hotel akan menunjuk Clean Champions atau Penanggung Jawab Kebersihan untuk terus membangun budaya kebersihan yang ditanamkan di hotel-hotel IHG seluruh dunia.

Tugas para Clean Champions akan fokus kepada para tamu dan kolega. Mereka akan mengarahkan lingkungan baru dan membantu tim di properti untuk secara konsisten memberikan peningkatan standar kebersihan ini.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/14/131800427/protokol-hotel-hotel-ihg-disinfektan-dengan-standar-rumah-sakit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke