Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Penumpang Pesawat di Masa PSBB: Kesulitan Dapat SIKM ke Jakarta

Kendati demikian, para calon penumpang wajib melengkapi dokumen bersyarat agar dapat menggunakan jasa penerbangan.

Salah seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia rute Yogyakarta-Jakarta, Aditya Waskito menceritakan pengalamannya naik pesawat pada Senin (15/6/2020).

Ia terbang dari Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport, Kulon Progo pukul 09.00 WIB.

Jauh hari sebelum keberangkatannya, ia mengaku kesulitan mendapatkan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta akibat server sempat lemah.

"Saya transit dulu ke Jakarta dari Yogyakarta. Lalu Jakarta baru ke Sorong. Paling susah lebih ke dapatkan SIKM ya, syarat-syarat waktu itu lumayan banyak dan kadang-kadang server-nya mungkin overload jadi lemot," kata pria yang akrab disapa Itok ini saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Ia mengatakan, tujuan penerbangan aslinya bukan ke Jakarta, melainkan Sorong, Papua untuk dinas kerja. Namun, ia harus transit dahulu ke Jakarta dan baru terbang ke Sorong pada pukul 01.00 dini hari.

Oleh karena itu, sebelum membeli tiket, Itok harus mendapatkan SIKM Jakarta karena dirinya transit di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Seperti diketahui, sejak akhir Mei, setiap penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan melanjutkan perjalanan ke wilayah Jabodetabek wajib menunjukkan SIKM.

Angkasa Pura II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta telah mengaktifkan posko pemeriksaan (checkpoint) guna memenuhi ketentuan SIKM tersebut.

“Pengajuan SIKM dapat dilakukan secara online saat calon penumpang pesawat berada di kota asal keberangkatan. Kami informasikan di Bandara Soekarno-Hatta tidak terdapat meja atau pos pengajuan SIKM,” ujar Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Adapun untuk mendapatkan SIKM, calon penumpang harus mengajukan SIKM secara online di situs corona.jakarta.go.id 

"Bandara Sorong belum buka, jadi pakai pesawat charter. Hanya penerbangan tertentu saja yang bisa," ujarnya.

Pakai masker dan physical distancing

Itok bercerita terdapat perbedaan mencolok ketika sebelum masa pandemi dan sesudah pandemi saat di bandara, salah satunya menjaga jarak atau physical distancing.

Selain itu, orang-orang juga terlihat mengenakan masker.

"Beberapa spot memang diberi jarak dan wajib pakai masker," ujarnya.

Sementara untuk kondisi dalam pesawat, Itok mengungkapkan, pesawat yang ditumpangi yaitu Garuda Indonesia menerapkan jarak antar penumpang.

"Jadi enggak duduk sebelahan, ada selanya. Tempat duduk yang berjarak, dan semua pakai masker, termasuk kru kabin juga pakai sarung tangan," terang dia.

Ia mengakui, pesawat terlihat sangat sepi penumpang. Hal tersebut karena adanya pembatasan kuota penumpang yaitu 50 persen dari biasanya.

Diminta datang ke bandara empat jam sebelumnya meski bandara sepi

Itok juga menjelaskan pengalamannya ketika sebelum datang ke Bandara YIA untuk terbang ke Jakarta.

Ia mengaku sudah datang ke bandara empat jam sebelum keberangkatan atau penerbangan.

"Dari pihak maskapai diminta datang empat jam sebelumnya untuk verifikasi dokumen," tuturnya.

Untuk prosedur pembelian tiket, ia kurang begitu mengetahui karena hal tersebut diurus langsung oleh perusahaan kantornya.

Meski datang empat jam sebelum keberangkatan, ia mengaku tak mengalami penuh sesak karena berdasarkan pantauannya--bandara masih sepi.

"Mungkin karena yang bisa bepergian perlu syarat-syarat banya, dan rapid test juga hitungannya bisa separuh harga tiket. Jadi kalau enggak di-provide, ya tekor," ujar Itok.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/16/220200227/cerita-penumpang-pesawat-di-masa-psbb-kesulitan-dapat-sikm-ke-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke