Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Wisatawan Negara Ini Bisa Masuk Spanyol Tanpa Harus Karantina

KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri Spanyol menuturkan, warga negara Britania Raya diizinkan untuk berkunjung ke Spanyol tanpa harus isolasi mandiri.

Melansir BBC, Minggu (21/6/2020), wisatawan asal Britania Raya tidak perlu dikarantina saat kedatangan sejak Minggu.

Keputusan diambil guna menghargai 400.000 warga Britania Raya yang memiliki rumah kedua di Spanyol.

Di sisi lain, peraturan yang saat ini berlaku di Britania Raya menyatakan, siapa pun yang kembali atau memasuki Britania Raya harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Pembatasan karantina negara tersebut akan ditinjau kembali pada 29 Juni 2020. Namun, Kementerian Luar Negeri Britania Raya memperingatkan akan seluruh perjalanan selain perjalanan internasional bersifat esensial.

Menteri Luar Negeri Spanyol, Arancha Gonzalez Laya, mengatakan, pelancong dari Britania Raya harus melalui prosedur “triple check” saat tiba di Spanyol. Mereka akan ditanya negara asal mereka dan melakukan registrasi.

Laya menjelaskan, hal tersebut dilakukan agar mereka memiliki poin kontak untuk melakukan pelacakan. Mereka juga akan melalui pemeriksaan suhu tubuh.

“Kami ingin memastikan bahwa kami menyambut pengunjung, namun kami ingin melakukannya dengan aman. Baik bagi mereka maupun bagi warga Spanyol,” ujar Laya, mengutip BBC.

Sementara itu, diskusi dengan pemerintah terkait pengecualian bagi pelancong Spanyol terhadap aturan karantina di Britania Raya, tutur Laya, masih berlanjut.

“Kami berharap bahwa pemerintah Britania Raya akan peka terhadap 250.000 warga Spanyol yang juga tinggal di sana, dan sangat ingin memasuki Britania Raya tanpa karantina,” ungkap Laya.

“Kami juga menghormati bahwa negara-negara melihat pembatasan masuk atau keluar berdasarkan data mereka sendiri,” lanjutnya.

Selain itu, para pejabat di Spanyol juga tengah menentukan lokasi di setiap wilayah di sana dimana para pelancong akan diisolasi dan dirawat jika mereka memerlukan perawatan rumah sakit.

Prosedur karantina mandiri di Britania Raya

Sejak 8 Juni, orang-orang yang tiba di Britania Raya diwajibkan melakukan karantina mandiri selama 14 hari untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Saat ini, pemerintah berencana untuk melonggarkan aturan karantina perjalanan bagi beberapa negara pada awal Juli.

Para pejabat Britania Raya sedang berdiskusi dengan Portugal, Perancis, Italia, Yunani, dan Spanyol.

Mereka berharap, pada 29 Juni, dapat mengumumkan pemerintah telah mengamankan sejumlah koridor perjalanan.

Sebelumnya, pemerintah menuturkan, karantina akan ditinjau setiap tiga minggu. Adapun 29 Juni merupakan akhir dari tiga minggu pertama.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/22/134300027/wisatawan-negara-ini-bisa-masuk-spanyol-tanpa-harus-karantina

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+