Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

29 Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Boleh Buka Kembali

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, menuturkan, sebanyak 29 taman nasional (TN) dan taman wisata alam (TWA) diizinkan untuk dibuka kembali secara bertahap.

“Sudah dapat dibuka dari proyeksi waktu saat ini sampai kira-kira pertengahan Juli 2020,” kata Siti dalam konferensi pers virtual, Senin (22/6/2020).

Siti menuturkan, beberapa daerah yang tempat wisata alamnya sudah bisa dibuka kembali antara lain adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Kemudian Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, dan Bali.

Pembukaan kembali secara bertahap 29 TN dan TWA tersebut merupakan hasil koordinasi antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK), dan pemerintah daerah di lapangan melalui Unit Pelaksana Teknis Kerja Kementerian.

Siti menegaskan, yang paling penting dalam persiapan pembukaan kembali adalah langkah-langkah protokol virus corona.

"Setelah pengumuman ini, dan sudah ada pedoman dari Menteri Kesehatan dan Menteri Pariwisata, kami segera menuliskan, memberikan perintah kepada seluruh jajaran Kementerian LHK yang sudah bisa mendukung, menurut ketentuan-ketentuan protokol Covid-19, itu sudah bisa dilakukan," ujar Siti.

Siti menuturkan beberapa taman nasional yang akan dibuka antara lain Gunung Gede Pangrango, Bromo Tengger Semeru (BTS), dan Rinjani.

Meski begitu, Siti menjelaskan bahwa penutupan area gunung sebenarnya rutin dilakukan, bahkan sebelum pandemi virus corona (Covid-19).

“Kita memang punya jadwal normal juga di kementerian bahwa taman nasional ini sepanjang tahun diistirahatkan. Ada yang satu bulan, ada yang dua bulan. Tergantung. Masing-masing kawasan ini punya keunikannya sendiri,” ungkap Siti.

Siti juga menuturkan bahwa sebelumnya pihaknya menugaskan Dirjen Konservasi untuk menutup semua kawasan konservasi dari aktivitas pariwisata sejak virus corona terjadi.

Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya penularan virus corona di kawasan konservasi. Salah satu yang dikhawatirkan adalah adanya penularan antara satwa dengan manusia.

Pada 19 Maret 2020, KLHK menutup 56 kawasan konservasi yaitu TN, TWA, dan Suaka Margasatwa. Daftar tersebut bertambah menjadi 57 lantaran TN Komodo di NTB ditutup sementara pada 22 Maret.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/22/201427327/29-taman-nasional-dan-taman-wisata-alam-boleh-buka-kembali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke