Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadwal Uji Coba 4 Tempat Wisata Gunungkidul, Turis Boleh Berkunjung tetapi Terbatas

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, pada minggu ini akan melakukan uji coba empat obyek wisata yang akan dibuka untuk umum.

Namun pembukaan tersebut dengan pembatasan jumlah wisatawan dan tidak dibuka secara bersamaan. Tempat wisata pertama yang uji coba dibuka adalah Kali Suci.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan pihaknya melakukan empat tahap menuju new normal pariwisata.

Adapun tahapan penyusunan SOP, simulasi, sosialisasi, dan tahap terakhir uji coba. Tahap awal ini dilakukan di Gua Kalisuci, Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai Baron, dan Pantai Kukup. 

Setelah selesai melakukan simulasi, pihaknya akan melakukan uji coba di empat tempat wisata tersebut. Saat uji coba wisatawan boleh berkunjung tetapi dengan pembatasan.

"Untuk yang pertama buka Senin (22/6/2020) kali suci, untuk yang lainnya (Nglanggeran, Pantai Baron dan Kukup) menyusul, semoga dalam minggu depan sudah mulai juga," kata Harry melalui pesan singkat Minggu (21/6/2020). 

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh pelaku wisata dan mitra usaha jasa Pariwisata melalui virtual beberapa waktu lalu.

"Materi SOP dan video simulasi sudah kami sampaikan dalam sosialisasi tersebut," kata Harry

Untuk kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai Baron, dan Pantai Kukup rencananya akan diuji coba pada Rabu (24/6/2020) mendatang.

Namun waktu uji coba tetap melihat kesiapan dari pengelola wisata tersebut. Uji coba akan dilakukan sampai Selasa (30/6/2020) mendatang.

Nantinya akan dievaluasi apakah kawasan tersebut akan terus melakukan uji coba atau buka dengan protokol kesehatan ketat. 

Untuk kawasan wisata lanjut atau tidak melihat faktor internal seperti melihat kesiapan SDM di kawasan tersebut hingga perilaku tamu. Untuk faktor eksternal bagaimana situasi kawasan wisata tersebut terkait penyebaran covid-19.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/22/211000327/jadwal-uji-coba-4-tempat-wisata-gunungkidul-turis-boleh-berkunjung-tetapi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke