Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buka Kembali, Aneka Aktivitas Wisata di Pantai Kukup Yogyakarta

KOMPAS.com - Kawasan wisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melakukan uji coba kunjungan wisata new normal.

Dua lokasi Pantai Baron dan Kukup Rabu (24/6/2020), dibuka untuk umum meski dengan pembatasan tertentu, jika berkunjung dua pantai yang dibuka pengunjung bisa menikmati dua pantai yang berbeda.

Pantai Kukup berlokasi dekat dengan Pantai Baron. Pada jalur yang sama ke arah Pantai Baron, alih-alih masuk ke Pantai Baron, pengunjung bisa belok ke kiri sesuai dengan papan petunjuk untuk tiba di Pantai Kukup.

Saat Kompas.com berkunjung Rabu (24/6/2020), saat masuk ke Pantai Kukup, tampak beberapa pedagang makanan, minuman, ikan, hingga suvenir mulai membuka lapaknya kembali.

Para pedagang mengenakan masker, pelindung wajah, hingga sarung tangan saat melayani pembeli.

Pantai Kukup memiliki pantai berpasir putih. Di seberang pantai ada pulau karang kecil yang kerap menarik perhatian pengunjung.

Pulau karang itu bernama Jumino. Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung bisa menyeberang menggunakan jembatan.

Banyak wisatawan yang memanfaatkan Pulau Jumino sebagai salah satu spot foto dengan latar belakang pantai atau Samudera Hindia. Menariknya, saat air laut sedang surut pengunjung bisa melihat berbagai macam keindaan biota laut seperti ikan kecil berwarna-warni.

Saat air laut sedang surut, pengunjung bisa menuju ke Pantai Ngrawe yang sempat viral beberapa waktu lalu. Pantai Ngrawe berada di sebelah barat Pantai Kukup. Saat ini, jalur darat masih ditutup untuk umum.

Pantai di Gunungkidul

Sebenarnya, masih banyak pantai yang berada di sekitar Pantai Baron. Namun saat pandemi ini belum dibuka untuk umum karena masih menunggu evaluasi dua pantai yang diuji coba sampai 30 Juni 2020 mendatang.

Saat ini pengunjung diwajibkan memakai masker dan diperiksa kesehatannya sebelum masuki pantai.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, sesuai SOP tahap Uji Coba New Normal, Dinas Pariwisata Gunungkidul menetapkan jumlah kunjungan maksimal 7.000 orang untuk Baron dan Kukup.

Angka ini didasarkan pada asumsi protokol jaga jarak, yaitu tiap pengunjung diberi ruang sebesar dua meter persegi.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/27/170700527/buka-kembali-aneka-aktivitas-wisata-di-pantai-kukup-yogyakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke