Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hotel dan Resort Parador Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Peningkatan ini lantaran pemerintah mulai mengakhiri masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara bertahap di seluruh Indonesia dan masuk ke dalam tahap transisi menuju era new normal.

“Tamu kami adalah prioritas utama dalam bisnis, sehingga Parador selalu berusaha agar tamu-tamu kami merasa aman dan nyaman ketika menikmati semua fasilitas hotel-hotel kami dimanapun berada," ujar Pramita Sari, Corporate Director of Communications Parador Hotels & Resorts, dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Senin (29/6/2020).

"Terlebih di dalam situasi dan kondisi saat ini, kami ingin memastikan bahwa hotel-hotel kami siap menyambut normal baru dengan meningkatkan standar keamanan dan kenyamanan bagi para tamu," lanjutnya.

Standar keamanan dan kesehatan berlaku bagi semua tamu--baik tamu menginap, restoran hingga yang menyelenggarakan pertemuan.

Seluruh karyawan hotel yang bertugas juga dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti face shield, masker dan sarung tangan disesuaikan juga dengan tugas pekerjaan masing-masing.

Dari naik mobil sampai kamar

Protokol kesehatan Parador dimulai saat tamu menggunakan fasilitas penjemputan dengan mobil hotel, seperti penyemprotan cairan desinfektan di dalam mobil.

Kemudian, pengukuran suhu tubuh tamu sebelum memasuki mobil, penyemprotan koper/tas tamu sebelum dimasukkan ke dalam bagasi hingga persediaan masker, hand sanitizer dan tisu antiseptik secara gratis untuk tamu.

Begitupun saat kedatangan di lobi hotel, protokol kesehatan yang sama pun diterapkan, tetapi ditambahkan dengan pemasangan stiker jaga jarak antrian dan partisi akrilik di meja resepsionis antara karyawan dengan tamu.

Lalu untuk kamar tamu, penggantian sprei dan duvet tempat tidur, sarung bantal juga dilakukan langsung setelah tamu yang sebelumnya check-out seperti yang memang sudah menjadi standar SOP.

Penyemprotan cairan desinfektan dilakukan beberapa jam sebelum tamu check-in.

Terkait dengan pelayanan makan dan minum baik di restoran maupun layanan antar ke kamar, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat.

Protokol di restoran, misalnya, karyawan melakukan pengukuran suhu tubuh tamu yang masuk ke dalam restoran, penggunaan partisi akrilik di meja restoran untuk membatasi tamu yang makan dalam satu meja.

Kemudian pemesanan menu makanan secara online (menggunakan scan barcode untuk melihat menu) dan penggunaan food cover saat makanan disajikan.

Sementara untuk layanan antar ke kamar, hotel meminimalisasi kontak langsung dengan cara mempersilahkan tamu untuk mengambil langsung makanan dari trolley antar yang sudah disiapkan di depan pintu kamar.

Protokol untuk acara

Bagi tamu yang ingin menyelenggarakan pertemuan dan acara, Parador juga menetapkan beberapa regulasi baru.

Adapun regulasi dengan protokol kesehatan tersebut, yaitu pengukuran suhu tubuh tamu sebelum masuk ke ruang acara, persediaan hand sanitizer dan masker.

Kemudian pengaturan jarak antar meja dan kursi sepanjang 1,5 meter, kapasitas ruangan maksimal 50 persen dari kapasitas penuh hingga jarak tata makan prasmanan bagi para tamu dengan dilayani langsung oleh karyawan saat pengambilan makan.

Fasilitas hotel

Kemudian, standar keamanan dan kesehatan di seluruh fasilitas hotel mulai dari area umum seperti lobby, restoran, kolam renang, gym, spa, lift, eskalator hingga toilet umum juga tidak luput dari perhatian.

Pembersihan dan penyemprotan cairan desinfektan dilakukan secara berkala terlebih pada area-area yang sering disentuh oleh tamu.

Parador Hotels & Resorts berusaha secara maksimal sesuai prosedur yang ditetapkan agar para tamu merasakan aman serta nyaman saat berada di dalam hotel.

"Penerapan SOP new normal pun kami terus awasi dan kami kontrol secara berkala, kami lakukan perubahan jika memang diperlukan serta tetap terus mengamati perkembangan dan anjuran pemerintah pusat,” ujar Pramita.

https://travel.kompas.com/read/2020/06/29/150500227/hotel-dan-resort-parador-terapkan-protokol-kesehatan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke