Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Krueng Seulayang, Pilihan Tempat Wisata di Aceh Utara Setelah Pandemi

Pembukaan tempat wisata ini disertai dengan sejumlah aturan terkait era new normal. Adapun salah satu aturan yang berlaku adalah jaga jarak.

Oleh karena itu, pantauan Kompas.com, Minggu (5/7/2020), banyak keluarga saling menjaga jarak satu sama lain, dan tidak berinteraksi dengan keluarga lainnya.

"Kalau satu keluarga, tentu mereka sudah pastikan keluarganya aman. Maka kita buat per keluarga saja,” kata Muhammad, salah seorang penjaga Krueng Seulayang.

Apa yang menarik dari Krueng Seulayang?

Jika punya waktu senggang, kamu bisa sempatkan liburan ke Krueng Seulayang. Tempat wisata ramah anak ini menawarkan area sungai yang bisa untuk bermain air.

Sungainya dangkal, plus bebatuan tidak licin, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika bermain air di sungai. Anak-anak pun bisa ikut main di sungai, tetapi dengan pengawasan orangtua.

Seorang pengunjung, Rinjani Bahri, menyebutkan destinasi itu terbilang nyaman untuk anak. Oleh karena itu, ia pun rela datang dari dari Aceh Timur ke Aceh Utara untuk sekadar bermain bersama keluarga.

Hal menarik lainnya adalah kebun bunga yang kini tengah dalam proses penanaman. Diprediksi, saat bunga-bunga sudah mekar, kawasan ini jadi spot foto Instagramable.

Di tempat wisata itu juga terdapat pondok-pondok kecil yang disediakan pengelola. Ada juga aneka penganan khas desa, seperti pisang goreng, hingga bakso bakar. Minuman kaleng juga tersedia.

“Kami buka setiap hari. Memang paling ramai hanya Sabtu dan Minggu. Kalau hari biasa, itu sore saja ada beberapa orang yang datang,” kata Muhammad.

Rute berkunjung ke Krueng Seulayang

Kawasan wisata ini terletak di area perbukitan. Jika menuju ke sana, kamu bisa menggunakan rute lintas Medan-Banda Aceh.

Setiba di Simpang Buloh, Lhokseumawe, silakan ikuti jalanan aspal tersebut. Lurus saja hingga melewati Keudee Buloh Beureughang, setelah itu beloklah ke kanan.

Di persimpangan akan terlihat papan nama destinasi wisata ini. Ikutilah jalanan itu. Jalanan ini agak rusak, sehingga harus hati-hati berkendara.

Setelah habis jalan aspal, lurus saja hingga ada papan nama sebelah kiri bertuliskan – Krueng Seulayang—itulah tempat yang dituju.

Bagi pengendara roda empat, silakan parkir di sisi kiri-kanan jalan. Biaya parkir yakni Rp 5.000 per mobil, sedangkan sepeda motor Rp 2.000.

Selain parkir, pengunjung tidak dikenakan biaya lainnya untuk masuk ke tempat ini.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/05/220000027/krueng-seulayang-pilihan-tempat-wisata-di-aceh-utara-setelah-pandemi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke