Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Alasan Kamu Haru Liburan ke Serbia, Ada Bebas Visa

JAKARTA, KOMPAS.com – Serbia memiliki banyak pilihan jenis wisata yang bisa dinikmati saat kamu berlibur ke sana.

Mulai dari keindahan alam, beberapa bangunan yang memiliki arsitektur khas Eropa kuno, hingga kehidupan malamnya jika kamu tertarik.

Berikut lima alasan mengapa kamu harus liburan ke Serbia pada era new normal yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber.

Perlu dicatat, jika sudah memungkinkan, kamu harus patuhi seluruh protokol kesehatan yang berlaku agar liburan tetap aman dan nyaman.

1. Bebas visa

Sebelum pandemi virus corona (Covid-19), wisatawan asal Indonesia bisa berkunjung ke Serbia tanpa visa.

Berdasarkan situs resmi Kementerian Luar Negeri Serbia, syarat tersebut masih berlaku hingga kini. Bagi pemegang paspor diplomatik atau pejabat pemerintahan, mereka tidak memerlukan visa hingga 30 hari.

Sementara bagi pemegang paspor biasa atau dokumen perjalanan lain, mereka tidak memerlukan visa untuk kunjungan hingga 30 hari dalam jangka waktu satu tahun.

2. Jelajah alam

Serbia memiliki delapan keajaiban alam yang bisa kamu jelajahi selama berlibur di sana. Ingin menikmati pemandangan formasi bebatuan unik yang terbentuk secara alami? Devil’s Town di desa Djake bisa dikunjungi.

Kamu mungkin tertarik melihat gerbang batu alami tertinggi di Eropa? Prerasts of Vratna di Negotin dan Bor bisa kamu kunjungi.

Kamu juga bisa berkunjung ke Uvac Canyon jika ingin coba mengarungi aliran sungai berliku yang mirip seperti ular.

Beberapa area sungai tersebut dikelilingi oleh tebing, membuat pengalaman mengarungi sungai cukup menarik seperti sedang berada dalam petualangan.

3. Cicipi kuliner tradisional

Berkunjung ke negara lain, bagi sebagian orang, mungkin akan terasa kurang lengkap jika belum mencicipi kuliner tradisional.

Saat berlibur ke Serbia, kamu perlu mencoba beberapa kuliner tradisional seperti Prebranac. Hidangan tersebut merupakan sup kacang yang disajikan dengan daging dan sosis.

Jika kamu berkunjung saat musim dingin, mungkin kamu akan dengan mudah bisa mendapatkan Prebranac. Hidangan tersebut merupakan hidangan musim dingin di Serbia.

Ada juga Riblja corba atau Halaszle, hidangan tradisional kesukaan penduduk Vojvodina. Hidangan tersebut merupakan sup ikan sungai berwarna merah yang disajikan dengan ikan dan paprika.

4. Rumah beberapa festival menarik

Serbia memiliki beberapa festival menarik yang bisa diikuti. Salah satunya adalah Nisville yang diadakan di Nis Fortress di Nis. Benteng tersebut sudah ada sejak awal abad ke-18.

Nisville merupakan festival jazz yang berlangsung selama empat hari. Di sana, kamu akan menikmati lantunan musik jazz, soul, funk, dan blues.

Ada juga Lovefest yang terinspirasi dari sebuah festival pada tahun 1950-an. Festival ini berfokus pada menebarkan kecintaan terhadap musik elektronik dan alam.

Biasanya, Lovefest diadakan selama tiga hari pada Agustus. Festival diselenggarakan di dekat sebuah danau di Vrnjacka Banja.

5. Kehidupan malam Belgrade

Selain terkenal sebagai kota tertua di Eropa Tenggara, ibu kota Serbia ini juga terkenal memiliki kehidupan malam yang menyenangkan.

Belgrade memiliki lebih dari 170 klub yang bisa dikunjungi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati beberapa bangunan berarsitektur khas Eropa kuno yang masih berdiri hingga kini.

Selain menawarkan kehidupan malam yang menyenangkan, wisatawan ditawarkan berbagai macam makanan, karya seni, taman, dan danau yang tersebar di seluruh kota. Dapat dikatakan bahwa Belgrade memiliki banyak jenis hiburan yang bisa dipilih oleh wisatawan.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/12/104000127/5-alasan-kamu-haru-liburan-ke-serbia-ada-bebas-visa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke