Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Naik Motor ke Puncak Gunung Telomoyo, Ini Tipsnya

Tampak dalam sebuah video yang beredar di media sosial Twitter dan Instagram yang memperlihatkan suasana jalan menuju puncak Gunung Telomoyo ramai oleh pengunjung bersepeda motor.

Video ini juga tampak diambil oleh pengunjung menggunakan sepeda motor.

Lantas, apakah puncak Gunung Telomoyo benar-benar bisa digapai meski dengan naik sepeda motor?

Diberitakan Kompas.com pada 13 Juni 2019, Gunung Telomoyo merupakan tujuan yang cocok bagi kamu yang ingin ke puncak gunung tanpa perlu capek berjalan kaki untuk mendakinya.

Kamu bisa menggunakan sepeda motor untuk sampai ke puncak gunung berketinggian 1.894 mdpl ini.

Terdapat infrastruktur jalan aspal dari kaki gunung hingga ke puncak yang bisa dilalui sepeda motor.

Adapun rutenya, berangkat dari area parkir wisata Gunung Telomoyo yang berada di Kecamatan Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.

Kendati demikian, kamu tetap perlu memerhatikan beberapa tips berikut untuk dapat naik motor hingga puncak Gunung Telomoyo

  • Pastikan mesin motor dalam keadaan fit

Puncak Gunung Telomoyo dapat dicapai dengan menggunakan sepeda motor. Namun, hal yang perlu diketahui sebelum berkunjung adalah pastikan sepeda motor dalam keadaan fit dan tidak mengalami kerusakan.

Hal tersebut lantaran perjalanan yang akan dilalui yaitu jalan menanjak. Maka dapat dipastikan terlebih dahulu motor mu siap dan kuat menanjak.

Perjalanan menuju puncak dapat dilalui dengan menggunakan jenis motor apa pun mulai dari bebek hingga trail.

Bahkan, menggunakan motor matic pun juga bisa. Hal ini dikatakan petugas jaga di loket, seperti diberitakan Kompas.com, 13 Juni 2019.

Namun, kamu wajib memerhatikan kondisi sepeda motor sebelum melakukan perjalanan. Apabila dalam kondisi kurang layak, ada baiknya melakukan servis motor terlebih dahulu.

  • Siap bertemu jalan rusak

Menuju puncak Gunung Telomoyo, beberapa ruas jalan tidak semulus yang dibayangkan. Kamu akan menemui beberapa jalan rusak yang penuh lubang di perjalanan menuju puncak.

Oleh sebab itu, persiapan sepeda motor pun lagi-lagi jadi hal yang utama. Pastikan sepeda motor kuat dan siap menghadapi jalan rusak, terutama pada tekanan angin di ban.

  • Isi bensin

Pastikan bahan bakar sepeda motor terisi penuh karena tidak ada penjual bensin selama perjalanan menuju puncak.

Perlu diketahui, perjalanan dari area parkir sampai puncak dengan motor adalah sekitar 30 menit dengan rute yang menanjak.

Oleh karena itu, pastikan sepeda motor cukup untuk bensin pergi pulang. 

  • Berangkat pagi atau sore hari

Kamu juga perlu memerhatikan waktu terbaik menuju puncak Gunung Telomoyo. Waktu terbaiknya adalah pada pagi atau sore hari dan terutama saat langit cerah.

Perjalanan menuju puncak Gunung Telomoyo paling cocok dilakukan pada pagi setelah subuh atau sore hari. Kamu akan melihat keindahan matahari terbit atau terbenam di puncak pada waktu-waktu tersebut.

Apabila berniat untuk berburu sunset atau sunrise, maka kamu bisa menyiapkan menggunakan jaket karena udara akan terasa dingin.

Selain itu, jika ingin berkunjung, taati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan.

Kemudian pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius

https://travel.kompas.com/read/2020/07/13/131500627/naik-motor-ke-puncak-gunung-telomoyo-ini-tipsnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke