Salin Artikel

Catat, 4 Bioskop Alternatif di Jakarta dan Tangerang

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai 29 Juli 2020, seluruh bioskop di Indonesia secara serentak akan dibuka kembali dengan protokol kesehatan era new normal.

Jika ingin pengalaman menonton sedikit berbeda saat era new normal, kamu bisa berkunjung ke beberapa bioskop yang memiliki tampilan cukup unik.

Berikut daftar 4 bioskop alternatif yang merupakan micro cinema di Jakarta dan sekitarnya yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/7/2020).

Perlu dicatat bahwa terdapat larangan untuk membawa anak berusia kurang dari lima tahun. Aturan mengacu pada Surat Keputusan (SK) Nomor 131 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata pada Masa Transisi.

1. Kinosaurus

Bioskop ini berlokasi di dalam Aksara Building, Jalan Kemang Raya 8B, Jakarta. Berdasarkan situs resminya, sebelum pandemi, pemutaran film berlangsung setiap Rabu, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Berbeda dengan bioskop pada umumnya, Kinosaurus merupakan microcinema yang memutar film-film seperti Kucumbu Tubuh Indahku dan 27 Steps of May.

Jika ingin menikmati sensasi menonton seperti di rumah, kamu bisa berkunjung ke sini. Tempat duduk yang disediakan berupa sofa dan bean bag. Pihak Kinosaurus juga tidak memberi nomor duduk, kamu bisa memilih kursi manapun yang dirasa nyaman.

Sebelum berkunjung, pastikan kamu datang setidaknya satu jam sebelum pemutaran film. Jadwal penayangan film bisa dicek di situs resmi Kinosaurus. Kemudian, ambil KinoPass dan dapatkan stempel seharga Rp 50.000 di KinoDesk.

Saat ini, Kinosaurus masih belum mengumumkan kapan pihaknyaakan menerima penonton kembali sejak penutupan sementara diperpanjang sejak 23 Maret 2020.

Namun berdasarkan informasi dari Instagram resminya, Kinosaurus menuturkan bahwa pembukaan kembali akan mengikuti protokol kesehatan.

2. Subtitles

Jika ingin menonton beberapa film yang jarang diketahui orang, kamu bisa berkunjung ke Subtitles di Dharmawangsa Square, Kebayoran Baru, Jakarta.

Subtitles menawarkan pengalaman seperti menonton di bioskop pribadi. Kamu bisa memilih sendiri film yang ingin ditonton dari ribuan koleksi film yang tersedia di sana. Mulai dari film lawas hingga film langka dari berbagai genre.

Usai memilih film, kamu bisa langsung masuk ke dalam ruang bioskop yang memiliki sofa dan sebuah layar besar.

Apabila ingin berkunjung, kamu bisa melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui kontak yang tertera di Instagram resminya.

Jadwal pemesanan pada hari biasa tersedia pukul 10:00 WIB, 12:30 WIB, 15:00 WIB, 17:30 WIB, dan 20:00 WIB.

Sementara jadwal pemesanan pada akhir pekan tersedia pukul 10:00 WIB, 12:30 WIB, 15:00 WIB, 17:30 WIB, 20:00 WIB, dan 22:30 WIB.

3. Kineforum

Kineforum merupakan bioskop yang dihadirkan oleh Dewan Kesenian Jakarta. Jadwal pemutaran film kian berubah. Film yang ditayangkan pun berbeda-beda setiap penayangan.

Sebelumnya, Kineforum berlokasi di Taman Ismail Marzuki (TIM). Namun, TIM tengah melalui proses revitalisasi sehingga pihak bioskop mengadakan pemutaran film dengan cara lain.

Menurut informasi dari akun Twitter resminya, Kineforum berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk melakukan pemutaran film di tempat-tempat yang berbeda, salah satunya di Paviliun 28.

Saat ini, Kineforum masih belum mengumumkan kapan pihaknya akan melakukan pemutaran film kembali sejak kegiatan dihentikan untuk sementara waktu pada pertengahan Maret.

Paviliun 28, merupakan bioskop alternatif, pun menutup tempatnya secara permanen. Namun, berdasarkan informasi di Instagram resminya, pihaknya akan mengumumkan lokasi barunya.

4. Cine Space

Cine Space terletak di Ruko Summarecon Digital Center, Scientia Square Park, Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang. Menonton di sini mungkin akan membuatmu nyaman karena pihak bioskop menyediakan bean bag.

Tempat pemutaran film ini mungkin cocok bagi orang-orang yang juga ingin memperbagus unggahan Instagram. Ruang tunggu Cine Space terbilang cukup Instagrammable.

 Sembari menunggu jadwal pemutaran film, kamu juga bisa berfoto-foto dengan berbagai macam poster film yang dipajang di sana. Ada juga buku-buku seputar perfilman yang bisa kamu baca.

Sebelum pandemi, Cine Space buka setiap Senin – Jumat mulai pukul 16:00 – 21:00 WIB. Sementara pada akhir pekan, bioskop buka mulai 13:00 – 21:00 WIB.

Untuk jadwal pembukaan terbaru dan penayangan film, kamu bisa melihatnya di Instagram resmi Cine Space.

Selain menjadi tempat pemutaran film, Cine Space juga dijadikan sebagai tempat untuk berdiskusi seputar film.

Saat ini, Cine Space tersebut masih belum mengumumkan kapan akan menyambut penonton kembali.

Saran Epidemiolog

Pakar epidemiologi Universitas Indonesia Tri Yunis Miko mengatakan, meski penularan lewat udara mungkin terjadi, tidak ada masalah pembukaan bioskop asal memperketat protokol kesehatan.

Miko mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan bioskop memastikan sirkulasi udara bagus lewat AC yang mereka gunakan.

Miko juga menyarankan agar pengelola bioskop untuk menambah jarak antar penonton di dalam bioskop.

Selain itu, pengelola bioskop juga harus memperketat protokol kesehatan bagi para pengunjung. Penggunaan masker dan face shield hendaknya diwajibkan untuk mengantisipasi terjadinya penularan.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/14/153100327/catat-4-bioskop-alternatif-di-jakarta-dan-tangerang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.