Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

DIY Punya Jogja Pass dan Visiting Jogja untuk Wisatawan, Apa Itu?

Dua aplikasi ini sedang diujicoba untuk masyarakat yang berada di DIY dan hendak pergi ke tempat-tempat wisata.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, sebelumnya aplikasi ini bernama Cared+ Jogja dan Plesiran Jogja, lalu kemudian berganti menjadi nama Jogja Pass dan Visiting Jogja.

"Sudah dirubah namanya menjadi Jogja Pass dan Visiting Jogja, sudah launching juga di Play Store jadi tinggal mengunduh saja," kata Singgih saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/7/2020).

"Jogja Pass itu semacam Identitas Digital dari yang bersangkutan (masyarakat atau wisatawan)," lanjutnya.

Singgih menambahkan, ketika wisatawan sudah sampai di temoat wisata, maka akan dicek kembali melalui aplikasi berbeda, yaitu Visiting Jogja.

Visiting Jogja sebelumnya bernama Plesiran Jogja. Perubahan nama tersebut, menurut Singgih, untuk menyesuaikan dengan nama dalam laman Visiting Jogja.

"Jadi supaya sama namanya di website pariwisata DIY," ujarnya.

Lalu apa kegunaan dan fungsi dari dua aplikasi ini? Berikut Kompas.com rangkum perbedaannya.

Jogja Pass

Melihat laman resminya, Jogja Pass merupakan platform yang dapat digunakan untuk melakukan self screening Covid-19 sekaligus identitas digital bagi masyarakat di DIY untuk memasuki tempat-tempat wisata.

Aplikasi ini dikeluarkan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) DIY.

Adapun manfaat dari Jogja Pass sendiri yaitu dapat mengidentifikasi kondisi seseorang terkait Covid-19 tanpa harus melakukan pemeriksaan dini ke rumah sakit.

Selain itu, Jogja Pass bermanfaat untuk melakukan pengawasan pengunjung lewat ID seseorang yang telah mengunduh aplikasi tersebut.

Oleh karena itu, setiap tempat wisata umum dapat diimbau mendaftarkan diri di Kominfo DIY, sehingga dapat memantau pengunjung yang masuk ke tempat wisata.

Pengguna Jogja Pass juga bisa mengecek sendiri peta sebaran lokasi mengenai tempat keramaian seperti tempat wisata, mal, dan umum yang ingin dikunjungi.

Terdapat juga menu informasi dan tips yang berguna untuk mengupdate informasi dan kebijakan serta berbagai tips untuk mencegah dan penanganan kasus Covid-19.

Jogja Pass juga memiliki emergency call yang berguna dalam kondisi mendesak. Pengguna dapat menghubungi kontak darurat atau rumah sakit terdekat dari posisinya.

Visiting Jogja

Singgih menjelaskan, masyarakat atau wisatawan bisa melakukan reservasi tiket online ke tempat wisata di DIY melalui aplikasi Visiting Jogja.

"Visiting Jogja itu juga bisa untuk reservasi secara online tempat wisata yang sudah melakukan uji coba operasional," katanya.

Ia menambahkan, hingga Sabtu dan Minggu besok, tercatat sudah terdapat 28 tempat wisata di DIY yang melakukan uji coba terhadap aplikasi Visiting Jogja.

Visiting Jogja sendiri tak hanya menawarkan layanan reservasi tiket online bagi wisatawan, juga menawarkan informasi seputar pariwisata DIY.

Terdapat beragam menu yang bisa dipilih sesuai keinginan kita di antaranya wisata, akomodasi, kuliner, oleh-oleh, desa wisata, event, peta wisata, info wisata, hingga media sosial Visiting Jogja.

Ada juga informasi cuaca yang mengabarkan keadaan cuaca terkini di empat kabupaten dan satu kota di DIY.

Wisatawan dapat melakukan reservasi tiket online dengan empat tahap mulai dari memilih tempat wisata, memasukkan data diri dan jumlah tiket, mendapatkan QR Code pemesanan, dan terakhir melakukan pembayaran di loket tunai atau non tunai.

"Jadi kita bisa mengetahui juga misalnya kapasitasnya berapa untuk pengunjung, yang sudah pesan berapa," terangnya.

Sementara itu, keuntungan atau manfaat dari Visiting Jogja bagi Dinas Pariwisata sendiri, diakui Singgih, untuk mengetahui jumlah kunjungan untuk satu destinasi dalam satu hari secara real time.

Lanjutnya, pihaknya juga bisa mengetahui total dari seluruh destinasi di DIY, berapa orang yang melakukan reservasi online dan offline, hingga umur dari wisatawan atau pengguna aplikasi tersebut.

"Asal daerah juga bisa diketahui dari Visiting Jogja. Sudah bisa diunduh lewat Play Store. Jadi berbeda kalau Jogja Pass itu untuk ID nya dan Visiting Jogja untuk layanan wisatanya, tapi saling melengkapi," pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/17/101600927/diy-punya-jogja-pass-dan-visiting-jogja-untuk-wisatawan-apa-itu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke