Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata di Gunung Kelir, Jelajah Hutan Pinus hingga Cari Spot Selfie

KOMPAS.com – Menikmati pemandangan alam dari ketinggian mungkin bisa kamu coba selama pandemi ini untuk menghilangi rasa bosan.

Jika berminat, kamu bisa berkunjung ke Gunung Kelir di Dusun Gertas, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Tepatnya di utara Gunung Telomoyo.

Kegiatan wisata apa saja yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke sana? Berikut daftar lima kegiatan yang bisa dilakukan yang telah Kompas.com rangkum, Rabu (22/7/2020):

1. Lihat pemandangan

Tempat wisata tersebut memiliki dua titik pandang yang terbuat dari bambu. Letaknya menjorok ke pinggir tebing.

Sekilas terkesan menyeramkan, tetapi pemandangan yang ditawarkan sangat indah. Belum lagi udara sejuk yang membuat liburanmu di Gunung Kelir kian menarik.

Jika beruntung dan cuaca sedang mendukung, kamu bisa melihat Danau Rawa Pening yang merupakan salah satu ikon Kabupaten Semarang.

2. Swafoto di titik pandang

Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa brefoto-foto di sana. Namun kamu harus hati-hati agar tidak jatuh.

Bagi yang takut akan ketinggian mungkin ada baiknya berfoto-foto di sebuah gazebo yang ada di sana.

Jika bosan, kamu bisa mencoba beberapa spot foto yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

3. Jelajah hutan pinus

Gunung Kelir memiliki hutan pinus yang asri. Setelah memanjakan mata dengan pemandangan di sekitar gunung, kamu bisa menuju hutan tersebut untuk melakukan penjelajahan singkat.

Melalui hutan pinus tersebut, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Ungaran jika beruntung dan cuaca mendukung.

4. Berkemah dan melihat siluet pegunungan

Sebelum bisa menikmati pemandangan dari puncak Gunung Kelir, wisatawan harus mendaki terlebih dahulu selama lebih kurang dua jam.

Jika lelah, pihak tempat wisata menyediakan spot untuk berkemah yang cukup luas. Wisatawan disarankan untuk berkemah jika ingin melihat matahari terbit atau terbenam.

Letak Gunung Kelir yang berada di tengah pegunungan Jawa membuat pengalaman melihat matahari terbit atau terbenam semakin menarik. Pasalnya, kamu juga akan melihat siluet pegunungan.

5. Makan durian Brongkol

Sebelum beranjak kaki dari Gunung Kelir dan kembali ke rumah, ada baiknya kamu berkunjung ke sentra produsen buah durian yakni Desa Brongkol.

Durian yang tumbuh di sana memiliki rasa yang berbeda-beda. Bahkan, sudah banyak durian Brongkol yang menjadi juara di lomba tingkat provinsi atau pusat.

Jika penasaran, kamu bisa coba beli durian Kendil, Kopek, Sukun, Kenteng, Mentega, Tumbu, Moho, dan Vera.

Usai mencicipi berbagai macam rasa durian yang ditawarkan Desa Brongkol, juga dikenal sebagai hutan durian, jangan lupa untuk membelinya sebagai oleh-oleh.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/23/101500927/wisata-di-gunung-kelir-jelajah-hutan-pinus-hingga-cari-spot-selfie

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke