Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Danau Biru Majalengka, Tawarkan Keindahan Alam dan Air Jernih

KOMPAS.com – Majalengka memiliki beberapa pilihan tempat wisata alam yang sejuk. Mulai dari perbukitan, air terjun, persawahan, hingga wisata paralayang.

Salah satu tempat wisata alam yang patut dikunjungi saat berlibur ke Majalengka adalah Danau Biru, juga dikenal sebagai Telaga Biru atau Telaga Nila.

Danau Biru Majalengka terletak di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindawangi.

Saat berkunjung ke sana, kamu akan melihat sebuah danau yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dan rindang, juga jernihnya air danau yang berwarna biru kehijauan.

Kendati demikian, warna danau tergantung dengan kondisi air. Jika sedang surut, maka air akan berubah warna menjadi hijau pekat.

Jika air tidak surut, maka akan berwarna biru. Jernihnya danau pun memperlihatkan pantulan bayangan pepohonan di sekitarnya.

Biru dan jernihnya air danau patut diabadikan. Selain mengambil foto di pinggir danau yang dipenuhi oleh rerumputan hijau, kamu bisa berfoto ria di beberapa formasi bebatuan yang ada di sana.

Pihak tempat wisata menyediakan beberapa kursi kayu yang berada di bawah pepohonan rindang. Kamu bisa bersantai sejenak sembari melihat beberapa ikan berenang di sana.

Apabila ingin melihat lebih dekat, pihak tempat wisata menyediakan sebuah dermaga kecil yang diapit oleh dua ayunan. Kamu bisa menaiki ayunan tersebut sambil melihat ikan-ikan berenang di bawah.

Namun perlu dicatat bahwa ikan tidak boleh diambil. Kamu hanya bisa melihatnya sembari memberi makanan yang telah disediakan.

Keliling danau dan berenang

Selain menikmati pemandangan dari pinggir danau, kamu bisa menyusurinya dengan menyewa perahu karet.

Kamu tidak perlu khawatir karena seorang petugas akan menemanimu, petugas juga sudah menyediakan pelampung. Jika ingin berenang bersama para ikan, kamu juga bisa melakukannya.

Namun ada baiknya kamu membawa peralatan sendiri untuk berjaga-jaga jika di sana tidak ada tempat penyewaan alat berenang.

Kedalaman Telaga Nila berada di kisaran lima meter. Jika tidak terlalu bisa berenang, jangan lupa untuk persiapkan pelampung.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/23/121000927/danau-biru-majalengka-tawarkan-keindahan-alam-dan-air-jernih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke