Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Tutup, Pulau Tidung Batasi Kunjungan Wisatawan

"Sebenarnya bukan pembukaan kembali. Minggu lalu ada kesalahan informasi jadi bukan ditutup tapi kunjungan wisatanya dibatasi 50 persen," kata Puji saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

Pulau Tidung sebelumnya dikabarkan tutup mulai 19 Juli 2020. Hal ini karena ada lima warga yang positif terkena Covid-19 setelah kembali dibukanya pariwisata Pulau Tidung.

Hal tersebut sebelumnya dibenarkan oleh Puji berdasarkan laporan Lurah Pulau Tidung, Hafsah. Kala itu, ia menerangkan Pulau Tidung akan ditutup selama 14 hari akibat ditemukannya kasus Covid-19.

Namun pada kesempatan ini, ia meluruskan dan meminta maaf adanya kesalahan informasi terkait penutupan pariwisata Pulau Tidung.

"Mohon maaf, itu ada kesalahan info terkait penutupan Pulau Tidung," terangnya singkat.

Sementara itu, dilansir Antara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu dilaporkan kembali membuka lokasi wisata Pulau Tidung, Rabu (22/7/2020).

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi usai memimpin apel pengawasan dan penindakan penggunaan masker di halaman Kantor Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

"Wisatawan tetap harus menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) selam berlibur ke Pulau Tidung," tegasnya seperti dikutip Antara.

Ia melanjutkan, pembukaan lokasi wisata ini dilakukan dengan cara membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas normal.

Pembatasan kapasitas ini dimulai dari transportasi hingga akomodasi selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Sementara itu, Lurah Pulau Tidung, Hafsah juga mendukung pembukaan kembali wisata dengan lebih ketat termasuk di pintu masuk pelabuhan seperti Pelabuhan Kaliadem, Marina Ancol, Pantai Mutiara, Rawasaban, Tanjung Kait dan Tanjung Pasir.

"Kami terus mengedukasi pihak travel dan wisatawan dengan menjalankan protokol kesehatan," jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 12 pedagang di Pulau Tidung juga dinyatakan positif Covid-19 usai pengujian usap tenggorokan pada 19 dan 24 Juni 2020.

https://travel.kompas.com/read/2020/07/25/190824927/bukan-tutup-pulau-tidung-batasi-kunjungan-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke