Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata di Zhangjiajie, Tempat Syuting Film Avatar hingga Jalan di Atas Jembatan Kaca

Pemilik Ayo Travelink Club, Henry Huang, menuturkan, kota tersebut memiliki pemandangan gunung yang luar biasa, plus menjadi tempat syuting film.

“Hollywood bikin film Avatar, (adegan) gunungnya mengambil gambar di sana. Di situ juga selain gunung ada jembatan kaca, terkenal di seluruh dunia,” ungkap Henry.

Hal ini diungkapkan dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jalan-jalan ke Wuhan hingga Guizhou China, Bisa Nikmati Apa Saja?”, Kamis (30/7/2020).

Mengutip Topchinatravel.com, pegunungan yang Henry maksud terkait lokasi syuting film Avatar (2009) adalah Zhangjiajie National Forest Park.

Tempat wisata tersebut merupakan taman nasional pertama di China. Di sana, wisatawan bisa mengunjungi beberapa spot pemandangan yakni Huangshi, Yuanjiajie, Yangjiajie, Jinbianxi, Tianzi, dan Suoxiyu.

Di Huangshi, wisatawan bisa melihat pemandangan melalui dek observasi terbesar yang ada di sana. Sementara Yuanjiajie menawarkan pemandangan Hallelujah Mountains, juga dikenal sebagai Gunung Avatar.

Wisatawan yang gemar melakukan trekking melalui jalur-jalur ekstrim bisa berkunjung ke spot pemandangan Yangjiajie.

Lihat pemandangan Gunung Avatar

Untuk bisa menikmati pemandangan Gunung Avatar di Yuanjiajie, wisatawan paling tidak akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit.

Spot pemandangan tersebut, mengutip Chinahightlights.com, merupakan yang paling populer di Zhangjiajie National Forest Park.

Tempat tersebut dikelilingi oleh puncak-puncak perbukitan indah, serta pilar bebatuan yang menjulang tinggi yang menghiasi beberapa lembah di sana.

Spot yang kerap menjadi sorotan wisatawan selain Gunung Avatar adalah First Bridge Under Heaven dan Lost Souls Platform.

Meski wisatawan bisa mencapai Gunung Avatar dengan menggunakan elevator Bailong, namun ada baiknya wisatawan mendaki selama 1 – 1,30 jam jika ingin menikmati keindahan alam dan menghindari keramaian.

Zhangjiajie National Forest Park merupakan tempat wisata yang cukup luas. Untuk berkunjung ke sana, wisatawan paling tidak harus menghabiskan waktu setidaknya dua hari agar benar-benar bisa menikmati seluruh pemandangan yang ditawarkan.

Dalam satu hari, wisatawan bisa berkunjung ke Yuanjiajie dan Tianzi. Pada hari lain, wisatawan bisa berkunjung ke beberapa lembah seperti Gold Whip Stream.

Berjalan di jembatan kaca

Sebab, menurut Chinahighlights.com, pihak tempat wisata memiliki setidaknya beberapa jembatan kaca yang berada di sisi tebing dengan ketinggian setidaknya lebih dari 1.400 meter.

Jembatan pertama yang telah dibuka sejak November 2011 merupakan atraksi wisata yang harus dicoba wisatawan. Letaknya berada di Ghost Valley Cave, tepatnya 200 meter dari area kereta gantung.

Sementara itu, jembatan terbaru yang sudah ada sejak Agustus 2016 berada sekitar 600 meter di atas area kereta gantung.

Melalui jembatan kaca tersebut, wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan pegunungan Tianmen dengan lebih syahdu.

“Tempat itu jadi suatu ikon karena sangat Instagramable. Pengalaman yang sangat menegangkan, kalau jalan di atas jembatan kalau takut sekali pasti tidak bisa jalan,” ujar Henry.

Jika takut ketinggian namun ingin merasakan sensasi berjalan di jembatan kaca, wisatawan bisa berkunjung saat kabut mengelilingi area pegunungan tersebut.

Jembatan yang tidak ditutupi oleh atap akan dilapisi oleh es dan kaca pada musim dingin. Ada baiknya wisatawan tidak berjalan terlalu dekat dengan pagar pembatas agar lebih aman.

Pada masa pandemi seperti saat ini, kamu masih belum bisa melakukan perjalanan ke China. Jika sudah memungkinkan, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/02/210000327/wisata-di-zhangjiajie-tempat-syuting-film-avatar-hingga-jalan-di-atas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke