Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Bali, Ini 5 Pura yang Wajib Dikunjungi

Pura di Bali tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat beragama Hindu, namun di sisi lain juga menjadi daya tarik wisata. Hal ini karena keindahan alam di sekitarnya, ciri khas bangunan dari pura, dan adat istiadat seperti upacara yang mampu menarik wisatawan untuk datang.

Lantas, pura mana saja yang wajib dikunjungi jika sedang berada di Bali? Tour Leader dari Avia Tour, Sonny merekomendasikan lima pura menarik yang sayang apabila dilewatkan.

Menurutnya, lima pura ini juga cocok untuk wisatawan peminat wisata budaya di Bali.

"Bali ini kan dikenal sebagai pulau Seribu Pura. Ada banyak banget kan Pura di Bali. Paling terkenal itu ya Pura Tanah Lot. Pasti semua pernah denger itu. Kemudian ada Mother of Temple yaitu Pura Besakih, Pura Uluwatu, Tirta Empul dan masih banyak lagi," kata Sonny dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk bertemakan "Tips Liburan ke Bali Selama Era New Normal", Selasa (28/7/2020).

Berikut Kompas.com rangkum lima pura yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur di Bali

Pura Tanah Lot

Hampir semua orang baik yang pernah ke Bali maupun yang belum, pasti pernah mendengar kata Pura Tanah Lot.

Pura ini terletak di Kabupaten Tabanan, sekitar 15 kilometer barat daya Denpasar. Uniknya, pura ini berada di atas batu karang Pantai Beraban.

Wisatawan biasa menikmati aktivitas wisata yaitu melihat bentuk bangunan pura sekaligus melihat matahari terbenam atau sunset.

Pura ini berada di tepi laut. Wisatawan pun banyak menjadikan Pura Tanah Lot sebagai daftar tempat wisata yang harus dikunjungi di Bali untuk melihat matahari terbenam.

Pura Besakih

Pura kedua yang wajib dikunjungi di Bali tak lain tak bukan adalah Pura Besakih. Pura ini juga dijuluki sebagai Mother of Temple.

Keunikan yang ditawarkan Pura Besakih yaitu berada di dataran tinggi yang salah satu sisinya menghadap langsung ke arah Gunung Agung.

Jika berwisata ke Pura Besakih, ada baiknya memilh bulan Maret atau April, karena pada saat itu akan ada upacara besar-besaran yang digelar.

Tarif masuk wisatawan nusantara Rp 40.000 dan wisatawan mancanegara Rp 60.000.

Pura Uluwatu

Terletak 30 kilometer ke arah selatan Kota Denpasar, ada sebuah pura yang juga menarik wisatawan untuk datang. Pura ini bernama Pura Uluwatu, letaknya 15 kilometer jika dari Bandara Ngurah Rai.

Daya tarik yang dimiliki Pura Uluwatu adalah batu karang yang ditumbuhi semak-semak dan dihuni ratusan kera-kera jinak serta dilindungi oleh masyarakat sekitar.

Sama seperti Pura Tanah Lot, Pura Uluwatu juga menawarkan keindahan luar biasa karena berada di ketinggian tebing dan menghadap langsung ke laut lepas.

Tempat ibadah umat Hindu ini berdiri 97 mdpl dan berpijak pada anjungan batu karang terjal serta menjorok ke laut.

Tentu, apabila ke sini, jangan lupa untuk datang sore menjelang malam untuk melihat matahari terbenam berpadu ombak lautan.

Selain itu, terkadang wisatawan juga bisa melihat pertunjukan tari kecak yang dibawakan para seniman Bali. Tarian ini biasa dihadirkan setelah matahari tenggelam.

Pura Tirta Empul

Pura satu ini terletak di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Ada tiga bagian pura yang bisa dikunjungi di Pura Tirta Empul.

Sampai di pura, wisatawan akan disambut sisi luar pura yaitu Jaba Sisi atau Nista Mandala. Kamu akan melewati gapura besar dengan gaya arsitektur tradisional khas Bali.

Melewati gapura, kamu akan menemukan paviliun besar yang biasa digunakan wisatawan untuk duduk-duduk, bersantai, dan berfoto.

Kamu juga bisa membeli buah pisang yang banyak ditawarkan pedagang di sekitaran pura. Bagian kedua pura yaitu Jaba Tengah, kamu akan melihat dua buah kolam besar dengan bentuk persegi panjang.

Bagian terakhir pura yaitu Jeroan, kamu bisa beristirahat dan berfoto di sini. Terdapat sebuah kolam besar yang dibatasi tembok batu.

Kolam tersebut menampung air yang akan dialirkan ke pancuran-pancuran kolam penyucian. Kamu bisa melihat kolam ini dipenuhi ikan-ikan kecil dan alga hijau.

Biaya masuk ke Pura Tirta Empul Rp 15.000.

Pura Lempuyang

Jika kamu gemar berfoto dan kerap mengunggahnya di akun Instagram, pura Lempuyang adalah jawaban tempat yang kamu cari. Pura Lempuyang dikenal sebagai spot Instagramable para wisatawan di Bali.

Berkunjung ke sini untuk berfoto, tentu kamu harus langsung menuju gapura Pura Lempuyang. Gapura setinggi empat meter ini menjadi lokasi foto terpopuler di kalangan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Bukan tanpa alasan, lokasi ini dipilih karena gapura tersebut memiliki pemandangan latar belakang langsung yaitu Gunung Agung. 

Selain mengabadikan gapura berlatarkan Gunung Agung, Pura Lempuyang juga memiliki daya tarik lainnya yaitu terdiri dari tujuh pura berada di dataran tinggi.

Bahkan untuk sampai ke pura utama, wisatawan harus menaiki anak tangga sejumlah 1.700 buah.

Lokasi pura ini berada di Karangasem, Bali Timur. Jika kamu dari Kota Denpasar, perjalanan akan memakan waktu sekitar dua jam berkendara.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/03/102920827/wisata-bali-ini-5-pura-yang-wajib-dikunjungi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke