Salin Artikel

Rekomendasi Kuliner di Wuhan China, Cocok untuk Pencinta Pedas

KOMPAS.com – Saat berlibur ke suatu destinasi, mencicipi street food yang ditawarkan mungkin menjadi suatu kewajiban bagi sebagian pelancong.

Jika ingin berlibur ke Kota Wuhan di China, pemilik Ayo Travelink Club Henry Huang memiliki beberapa rekomendasi kuliner yang patut dicoba.

“Street food harganya masih murah di Wuhan. Kisaran Rp 30.000 – Rp 50.000. Ada tiga macam makanan yang jadi kesukaan mereka. (Salah satunya) namanya doupi, mirip crepes,” kata Henry.

Hal ini disampaikan dalam acara Live Instagram Kompas.com Travel Talk “Jalan-jalan ke Wuhan hingga Guizhou China, Bisa Nikmati Apa Saja?”, Kamis (30/7/2020).

Lantas, apa saja hidangan khas Wuhan yang direkomendasikan oleh Henry?

  • Doupi

Henry menuturkan, doupi dibuat dengan menggunakan adonan tepung tipis yang ditaruh di atas teflon. Sementara bagian tengahnya diisi sayur, saus, daging, dan telur.

Mengutip Tasteatlas.com, doupi merupakan hidangan sarapan khas Wuhan yang dijual sebagai kudapan pinggir jalan.

Selain yang telah disebutkan Henry, bagian tengah doupi juga bisa diisi dengan nasi, jamur, dan rebung. Adonan pun bisa menggunakan kulit tahu atau adonan seperti pancake.

Adonan seperti pancake yang dimaksud adalah adonan yang terdiri dari kacang hijau, tepung, susu, dan telur. Usai diolah dengan bahan pelengkap lain, doupi dimasak hingga berwarna keemasan.

Setelah matang, doupi dipotong kecil-kecil dan ditaburi dengan daun bawang cincang sebelum dihidangkan di mangkuk kecil.

  • Mala hotpot

Hidangan selanjutnya yang direkomendasikan adalah Mala Hotpot. Henry menuturkan, mala menggambarkan suatu rada pedas yang mampu membuat lidah menjadi kaku.

“Habis makan, setengah jam aja masih berasa. Orang sana bisa tiga kali makan kayak gitu enggak masalah,” ungkap Henry.

Mala, menurut The Straits Times, merupakan kombinasi dari masakan yang terdiri dari saus pedas berminyak yang diisi dengan cabai kering, lada hitam Sichuan, dan berbagai macam rempah.

Hotpot merupakan hidangan yang sangat populer di Wuhan, terlebih pada bulan-bulan yang memiliki suhu dingin.

Bahan dasar sup hotpot khas Wuhan dibuat dari banyak cabai kering dan sejumlah besar lada hitam Sichuan. Biasanya, masyarakat setempat melengkapi hidangan dengan berbagai bumbu dalam mangkuk.

Adapun bumbu yang dimaksud adalah pasta wijen, daun bawang, bawang putih, dan berbagai bumbu lainnya untuk dicampur ke dalam sup.

  • Xiaolongxia atau lobster air tawar

Selanjutnya, Henry menyebut makanan ketiga yang direkomendasikan untuk dicoba saat berada di Wuhan adalah xiaolongxia atau lobster air tawar.

Sama seperti hotpot khas Wuhan, lobster air tawar yang berukuran kecil ini juga dihidangkan lengkap dengan baluran mala.

“Mereka doyan pedas. Katanya di sana, mereka makan peppercorn (lada hitam) untuk hilangin masuk angin. Apalagi kalau musim dingin, satu-satunya cara untuk menghadapi itu ya makan pedas,” pungkas Henry.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/04/135300827/rekomendasi-kuliner-di-wuhan-china-cocok-untuk-pencinta-pedas

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.