Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rute dan Harga Tiket Radesa Wisata, Spot Menara Eiffel di Rawa Pening

KOMPAS.com – Wisatawan yang ingin berkunjung ke Menara Eiffel di Paris, tetapi belum kesampaian, bisa datang ke Radesa Wisata.

Obyek wisata yang baru soft launching Minggu (19/7/2020) itu berada di Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Radesa Wisata menawarkan keunikan berupa replika Menara Eiffel dari bambu petung pilihan setinggi sekitar 38 meter dan lebar kurang-lebih 12,5 meter.

Meski merupakan replika Menara Eiffel, pemandangan di Radesa Wisata sangat menawan karena berlatar belakang Rawa Pening dan barisan pergunungan, mulai Gunung Merbabu hingga Telomoyo.

Di sana, wisatawan tak hanya bisa berfoto saja. Mereka juga bisa berkeliling Rawa Pening naik perahu atau naik bebek raksasa seperti banana boat.

Rute menuju Radesa Wisata

Lokasi Radesa Wisata cukup strategis karena tidak jauh dari jalan utama Solo-Semarang nontol. Pengunjung pun bisa mudah menemukannya.

Dari Kota Salatiga, jarak tempuhnya hanyalah sekitar 9 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 20 menit.

Caranya, cukup susuri jalan utama menuju Semarang sekitar 8,5 kilometer atau sampai Warung Matuk atau Ayam Goreng Bu Toha.

Selanjutnya, ada jalan masuk ke arah kiri. Cukup ikuti jalan itu sekitar 400 meter. Perjalanan pun akan sampai di area parkir Radesa Wisata.

Selanjutnya untuk mencapai lokasi replika Menara Eiffel, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit melalui perkampungan penduduk. Di sini, pengunjung wajib memakai masker.

Jika ditempuh dari Kota Semarang naik mobil, maka jalur tercepar adalah lewat Jalan Tol Semarang-Solo dan keluar di Exit Tol Bawen.

Kemudian, susuri jalan utama Semarang-Salatiga nontol sejauh 4 km sampai Warung Matuk atau Ayam Goreng Bu Toha.

Seberangi jalan dan masuk ke gang yang ada di kanan jalan. 400 meter kemudian, perjalanan akan sampai di area parkir Radesa Wisata.

Lokasinya yang berada dekat jalan utama pun membuat Radesa Wisata bisa dikunjungi dengan kendaraan umum.

Cukup naik bus Solo-Semarang dan turun di Warung Matuk atau Ayam Goreng Bu Toha. Selanjutnya perjalanan bisa dilakukan dengan berjalan kaki.

Harga tiket Radesa Wisata dan jam bukanya

Pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam jika hendak berkunjung. Harga tiket Radesa Wisata per Sabtu (8/8/2020) adalah Rp 10.000.

Namun, usai grand launching yang rencananya akan dilakukan pertengahan Agustus mendatang, harga tiketnya adalah Rp 15.000.

Menurut pemrakarsa atau pendiri Radesa Wisata Didik Setiawan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (8/8/2020), kenaikan harga itu ditujukan untuk pengembangan kawasan wisata agar bisa memfasilitas seluruh pengunjung yang makin banyak, terutama tiap hari libur.

Pengunjung juga bisa beraktivitas, seperti naik perahu keliling Rawa Pening dengan tarif Rp 15.000 per orang. Ada baiknya perahu diisi sampai batas maksimal, sekitar 4-5 orang untuk membatu perekonomian warga.

Ada pula bebek raksasa yang bisa dijajal seharga Rp 10.000. Bebek juga bisa ditarik perahu, sehingga seperti banana boat dengan harta Rp 25.000.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/08/192000627/rute-dan-harga-tiket-radesa-wisata-spot-menara-eiffel-di-rawa-pening

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke