Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Punya 30 Bandara Internasional, Mana Saja?

KOMPAS.com – Bandara Soekarno-Hatta atau I Gusti Ngurah Rai mungkin adalah dua bandara internasional di Indonesia paling populer.

Namun, ternyata Indonesia memiliki 30 bandara internasional. Bandara-bandara internasional itu tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Banyaknya bandara internasional di Indonesia sempat disinggung Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Saat ini terdapat 30 bandara internasional, apakah diperlukan sebanyak ini?” kata Jokowi dalam rapat terbatas Penggabungan BUMN di Sektor Aviasi dan Pariwisata di Istana Merdeka, Kamis (06/08/2020), dilansir dari Kompas.com.

Menurut dia, tidak ada negara yang memiliki bandara internasional sebanyak Indonesia. Lantas, di mana saja 30 bandara internasional di Indonesia itu berlokasi?

Bandara Internasional Soekarno-Hatta terletak di Tangerang, Banten dan memiliki kode bandara CGK. Bandara ini memiliki tiga terminal dan beberapa fasilitas.

Fasilitas Bandara Soekarno-Hatta salah satunya adalah Digital Lounge yang tersedia di seluruh terminal.

Di sana, para penumpang bisa menikmati beberapa fasilitas, seperti komputer dengan akses internet, wifi gratis, bahkan mesin kopi.

Bandara Soekarno-Hatta memiliki beberapa rute internasional, seperti dari dan ke Hong Kong, Dubai, Doha, Abu Dhabi, Jeddah, dan Melbourne.

Bandara I Gusti Ngurah Rai yang memiliki kode DPS adalah bandara internasional di Indonesia yang paling banyak menerima wisatawan mancanegara (wisman) dibanding bandara internasional lainnya di tanah air.

Hal tersebut diungkapkan melalui data jumlah kunjungan wisman milik Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 – 2020.

Bandara tersebut memiliki beberapa rute internasional, seperti dari dan ke Ho Chi Minh, Istanbul, Sydney, dan kota-kota lain yang tersebar di Asia, Australia, Timur Tengah, dan Eropa. Bandara I Gusti Ngurah Rai berlokasi di Badung, Bali.

Bandara Kualanamu yang memiliki kode bandara KNO berlokasi di Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Salah satu bandara internasional di Indonesia ini memiliki beberapa fasilitas, seperti akses internet gratis, kantor kesehatan, tempat bermain anak, dan mobil golf guna mempermudah penumpang menuju gerbang masuk pesawat dari area pemeriksaan tiket.

Beberapa rute internasional dari bandara ini seperti dari dan ke Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, dan Singapura.

Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airpot (YIA) berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Salah satu bandara internasional di Indonesia ini berlokasi cukup dekat dengan Candi Borobudur, yakni hanya sekitar 90 menit saja.

Dari YIA, kendaraan akan melewati jalur Dekso, Nanggulan, Kalibawang, dan masuk ke Desa Bigaran, Kecamatan Borobudur.

Selain itu, YIA juga dekat dengan beberapa tempat wisata lain, seperti Air Terjun Kedung Pedut, Hutan Mangrove Kulon Progo, Waduk Sermo, dan Kalibiru.

Saat ini, rute penerbangan internasional yang beroperasi di bandara tersebut adalah penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur.

Bandara dengan kode BPN ini berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur. Bandara tersebut memiliki beberapa tempat wisata yang terletak cukup dekat.

Adapun, tempat wisata yang dimaksud adalah Pantai Lamaru, Pantai Manggar, Taman Bekapai, Pantai Melawai, Pantai Kemala, dan Pantai Monpera.

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan memiliki beberapa rute internasional, antara lain dari dan ke Madinah untuk umrah, Jeddah, dan Bandar Seri Begawan.

Bandara Sultan Hasanuddin berlokasi di Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kode bandaranya adalah UPG.

Salah satu bandara internasional ini berlokasi dekat dengan beberapa tempat wisata, seperti Pantai Losari, Bugis Waterpark Adventure, Fort Rotterdam, dan Trans Studio Makassar.

Bandara ini memiliki beberapa rute internasional, seperti dari dan ke Kuala Lumpur, Jeddah, dan Madinah.

Bandara Sam Ratulangi juga merupakan salah satu bandara internasional di Indonesia.

Bandara ini memiliki kode bandara MDC dan terletak di Mapanget, Manado, Sulawesi Utara.

Beberapa tempat wisata terdekat dari sana, antara lain adalah GPI Waterpark, Air Terjun Kima Atas, Jembatan Soekarno, Air Terjun Tunan Talawaan, dan Puncak Bukit Tetetana Suluan.

Bandara Sam Ratulangi memiliki beberapa rute internasional, seperti dari dan ke Davao, Changsha, Tianjin, dan Guangzhou.

Bandara Juanda terletak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satu bandara internasional di Indonesia ini memiliki kode SUB.

Bandara ini berlokasi dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Suroboyo Carnival Park, Kebun Binatang Surabaya, Kebun Bibit Wonorejo, dan House of Sampoerna.

Beberapa rute internasional yang dimiliki Bandara Juanda adalah dari dan ke Kuala Lumpur, Taipei, Singapura, Hong Kong, dan Bangkok.

Berikut daftar 30 bandara internasional di Indonesia yang telah Kompas.com rangkum dari situs resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Sabtu (08/08/2020):

  • Sempat Dikabarkan Akan Tutup, Bandara Halim Masih Beroperasi
  • Dafam Hotel Management akan Buka Hotel Dekat Bandara YIA Kulon Progo

https://travel.kompas.com/read/2020/08/08/203432127/indonesia-punya-30-bandara-internasional-mana-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke