Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gunung Hawu di Padalarang, Terbentuk 27 Juta Tahun Lalu

Dilansir dari Tribun Jabar, salah satu tempat yang menawarkan keindahan alam di Bandung Barat adalah kawasan tebing Gunung Hawu, Padalarang.

Gunung Hawu ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri, satu di antaranya yakni lubang besar di tengah tebing--mirip Natural Bridge di Virginia, Amerika Serikat.

Di balik nama hawu

Dalam bahasa Sunda, hawu merupakan tempat untuk memasak secara tradisional. Hal ini diungkapkan, seorang petani setempat bernama Ajun (68).

Dari cerita-cerita sesepuh, kata dia, penamaan hawu itu diambil dari istilah Sunda yang artinya tempat tungku buat memasak di dapur.

"Hawu kan bahasa Sunda, emang mirip hawu gunung itu, karena ada lubangnya, " ujar Ajun.

Ajun bercerita, Gunung Hawu itu sudah seperti itu memiliki lubang di tengah-tengah gunung sejak dulu, bahkan sebelum ia lahir.

Tempat laut dangkal

Dikutip dari buku Bandung Purba penulis T Bachtiar dan Dewi Syafrani, Gunung Hawu ini merupakan drop off atau tempat laut dangkal.

Tempat berupa tebing curam yang ditumbuhi karang beraneka ragam yang terbentuk 27 juta tahun yang lalu.

Dari buku itu, Gunung Hawu berada di Kawasan bukit kapur Citatah, Bandung Barat. Jarak dari Kota Bandung ke kawasan perbukitan kapur Citatah sekitar 20-25 km.

"Perbukitan kapur memiliki nilai yang tinggi, sehingga perlu dicagarkan dijadikan monumen alam, sangat baik bila dikembangkan sebagai cagar bumi guna mempertahankan keragaman bumi dari kehancuran, sehingga dapat dijadikan kampus lapangan," dikutip dari buku Bandung Purba, penulis T Bachtiar dan Dewi Syafrani.

Diusulkan untuk jadi geopark

Senada dengan itu, Gunung Hawu yang berlokasi di Kecamatan Padalarang juga berencana masuk kajian geopark, sehingga harus dilestarikan dan dirawat keberadaanya.

Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan, Asep Diki Hidayat mengatakan, pihaknya bakal mengajukan kajian dengan berbagai pihak lainnya, salah satunya adalah Gunung Hawu memiliki nilai historisnya terbentuk 'Bandung Purba'.

"Lagi proses kajian ke depannya terintegrasi dari sisi sejarah geologis, dan daya tarik cagar budaya yang harus dijaga, " ujar Asep.

Wisata anti-mainstream

Selain keindahan panorama dan keunikannya, Gunung Hawu juga terkenal dengan aktivitas wisata anti-mainstream, salah satunya panjat tebing. 

Wisatawan juga bisa menikmati sensasi foto di atas hammock yang digantung di antara dua sisi gunung kapur. Di atas sana, wisatawan bisa menikmati keindahan yang ditawarkan Gunung Hawu.

Jika ingin berkunjung taati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius,

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Indahnya Gunung Hawu di Padalarang, Terbentuk 27 Juta Tahun Lalu, Mirip Natural Bridge di Virginia.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/09/105221527/gunung-hawu-di-padalarang-terbentuk-27-juta-tahun-lalu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke