Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Wedi Awu Malang, Surfing dan Naik Perahu ke Pantai Pasir Putih

Namun, terdapat satu pantai yang terbilang masih cukup tersembunyi dari radar wisatawan yakni Pantai Wedi Awu.

Pantai eksotis tersebut menawarkan pemandangan yang enak untuk dilihat. Pasalnya, pantai tersebut dikelilingi oleh perbukitan hijau dengan pepohonan masih asri.

Tidak hanya itu, bentuk pantainya pun terbilang cukup unik. Bibir pantai berbentuk seperti tapal kuda karena diapit oleh perbukitan sebelum membentang luas di tengah pantai.

Pantai Wedi Awu juga memiliki ombak yang cukup tinggi. Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai sambil berselancar, bahkan di malam hari.

Kendati demikian, tinggi ombak bergantung pada musim. Jika berkunjung pada musim kemarau, ketinggian ombak bisa mencapai tiga meter.

Apabila ingin berselancar dengan puas sampai berhari-hari, pengelola pantai memiliki fasilitas Joni Surf Camp yang terdiri dari beberapa tenda untuk disewa.

Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas peminjaman papan selancar bagi wisatawan yang tidak membawa papan selancar sendiri.

Kegiatan wisata selain berselancar

Apabila kamu bukan peselancar, kamu tidak perlu khawatir. Pantai tersebut menawarkan beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah jet ski. Wisatawan bisa memacu adrenalin mengaru Pantai Wedi Awu sembari menikmati riak ombak dan angin pantai dari tengah laut. Wisatawan juga bisa berenang dan menyelam di sana.

Jika tertarik, pengunjung bahkan bisa menyeberangi lautan untuk menuju ke Pantai Pasir Putih yang terletak tidak jauh dari Pantai Wedi Awu.

Pantai Wedi Awu berlokasi di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Wisatawan tidak dikenakan biaya masuk ke sana. Namun untuk biayar parkir, motor akan dikenakan Rp 5.000 sementara mobil adalah Rp 10.000.

Cara menuju Pantau Wedu Awu

Untuk menuju ke Pantai Wedi Awu, jarak tempuh dari Kota Malang adalah 71,9 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit menggunakan mobil.

Perjalanan bisa dimulai dari Alun-alun Malang hingga melewati Stasiun Malang Kota Lama dan Pasar Gadang Lama. Dari sana, kamu hanya perlu berjalan lurus mengikuti jalur utama dan ambil jalur kiri saat mendekati Rumah Sakit Ben Mari.

Selanjutnya, kamu hanya perlu berjalan lurus hingga melewati SPBU dan PT. PLN (Persero) Bululawang sebelum belok kiri di pecahan jalan dan melewati Stadion Bululawang.

Dari stadion, tetap berjalan lurus hingga melewati Pasar Krebet dan belok kiri pada perempatan dan melewati Kantor Kepala Desa Krebet.

Wisatawan tetap ikuti jalur utama dan belok kanan pada belokan pertama setelah melewati sungai. Tetap ikuti jalur dengan berjalan lurus hingga melewati tempat peristirahatan dan Kantor Kepala Desa Bakalan.

Kemudian, kamu tetap ikuti jalur hingga melewati SDN Sudimoro 2, Kolam Renang Kaligayam, hingga tiba di Tugu Garuda Kedok.

Saat di tugu, belok kanan hingga melewati SMK Turen, SMP Tamansiswa Turen, Rumah Sakit Umum Pindad Turen, dan lurus mentok hingga mencapai pertigaan besar.

Di pertigaan, belok kiri dan ikuti jalur besar sepanjang Jalan Raya Pamotan dan Jalan Raya Majangtengah hingga melewati SDN Pamotan 1.

Masjid tersebut berada di pecahan jalan. Dari sana, ambil arah ke kanan dan tetap ikuti jalur utama melewati Ekowisata Kebun Kopi Amadanom dan tetap berada di jalur utama.

Selanjutnya, wisatawan hanya terus berjalan lurus mengikut jalur utama dan melewati Jalan Raya Tlogosari. Beberapa meter dari sana, kamu akan menemui tiga belokan ke arah kanan, ambil belokan ketiga untuk masuk ke jalur biasa.

Dari belokan tersebut kamu hanya perlu berjalan lurus hingga menemui patahan jalur, ambil belokan ke arah kanan dan tetap berjalan lurus hingga menemui perempatan besar kemudian belok kiri pada perempatan tersebut.

Kamu hanya perlu berjalan lurus hingga melewati Kantor Balai Desa Tirtoyudo. Dari sana, waktu tempuh menuju Pantai Wedi Awu adalah sekitar 59 menit.

Perjalanan akan ditempuh melewati jalur utama yang berkelok, dan tidak memiliki banyak masjid atau pertokoan untuk dijadikan sebagai patokan jalur.

Guna meminimalisir risiko salah jalan, kamu bisa gunakan Google Maps dan unduh peta jalur dari kantor desa menuju Pantai Wedi Awu untuk jaga-jaga apabila sinyal ponsel mendadak hilang. Wisatawan juga bisa bertanya kepada masyarakat setempat.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.