Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

19 Gunung yang Sudah Dibuka, Bisa Upacara 17 Agustus di Atas Awan

KOMPAS.com - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, biasanya ada tradisi di mana para pendaki gunung mulai merencanakan untuk tirakatan dan upacara 17 Agustus dengan mendaki gunung.

Namun, karena pandemi Covid-19, beberapa gunung di Indonesia ditutup untuk mencegah penyebaran virus selama berbulan-bulan.

Memasuki era adaptasi kebiasaan baru atau new normal, para pendaki kini bisa bernapas lega. Pasalnya, sudah ada beberapa gunung yang sudah dibuka kembali jalur pendakiannya.

Sebelum muncak dan upacara 17 Agustus 2020 di gunung, tentunya pendaki harus siap dengan protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, dalam keadaan sehat ditunjukkan dengan surat keterangan sehat, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.

Berikut Kompas.com rangkum gunung-gunung yang sudah buka kembali di era adaptasi kebiasaan baru:

1. Gunung Abang, Bali

Gunung Abang Kintamani yang terletak di Bangli, Bali telah dibuka untuk pendakian umum. Para pendaki diminta untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Adapun para pendaki bisa melewati jalur pendakian Songan dan jalur Desa Suter. Gunung ini berketinggian 2.151 mdpl dan dapat ditempuh puncaknya dengan waktu 2-3 jam.

2. Gunung Artapela, Jawa Barat

Jalur pendakian Gunung Artapela via Cirawa di Bandung Selatan telah dibuka kembali. Para pendaki bisa menikmati momen mendirikan kemah bertepatan dengan HUT ke-75 RI 17 Agustus 2020 besok.

Jalur pendakian ini sudah dibuka sejak pertengahan Juli 2020 kemarin. Tidak lupa, jika mendaki harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Melihat akun instagram resmi basecamp via Cirawa @artapelaofficial, gunung berketinggian 2.194 mdpl ini juga akan mengadakan momen pengibaran bendera merah putih dan operasi semut. Harga tiket masuk Rp 15.000.

3. Gunung Bismo, Jawa Tengah

Gunung Bismo yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah ini telah dibuka kembali sejak pertengahan Juli 2020.

Salah satu jalur pendakian Gunung Bismo yang sudah dibuka adalah melalui Dusun Silandak, Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Mojotengah.

Para pendaki harus patuh menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, satu di antaranya adalah membawa surat keterangan sehat.

4. Gunung Burni Telong, Aceh

Gunung Burni Telong yang terletak di Bener Meriah, Aceh ini telah dibuka. Namun para pendaki sementara diperbolehkan berasal dari Aceh.

Gunung berketinggian 2.624 mdpl ini dapat didaki dari basecamp pendakian yang ada di Desa Rembune.

5. Gunung Cikuray, Jawa Barat

Gunung Cikuray di Garut, Jawa Barat telah dibuka kembali sejak Juli 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Para pendaki dapat melalui jalur pendakian yang sudah dibuka yaitu via Pemancar, via Pamalayan, via Bayongbong, Kiara Janggot, dan Tapak Geurot.

Informasi mengenai pendaftaran pendakian gunung bisa dilihat dengan mengunjungi https://gunungcikuray.com.

6. Gunung Ciremai, Jawa Barat

Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang berada di Kabupaten Kuningan telah membuka pendakian gunung untuk umum sejak Sabtu (8/8/2020).

Namun, pendakian melalui Kabupaten Majalengka masih ditutup. Para pendaki diminta menerapkan protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru.

Adapun jalur yang dibuka di Kuningan di antaranya via Linggajati, Linggasana, dan Palutungan.

Pendaki yang tertarik mendaki gunung berketinggian 3.078 mdpl itu wajib melakukan booking atau pemesanan pendakian yang bisa dilakukan mulai Kamis (6/8/2020) pukul 07.00-16.00 WIB.

Caranya dengan mengunjungi laman www.tngciremai.com atau https://bit.ly/BookingPendakianGunungCiremai

7. Gunung Galunggung, Jawa Barat

Meski belum bisa dilakukan pendakian, Gunung Galunggung tetap bisa dikunjungi dengan berwisata ke beberapa tempat yang telah dibuka.

Kamu bisa mengunjungi Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat untuk melihat kawasan kawah, Curug Cikahuripan, Curug Agung, dan Taman Hammock atau Bukit Nangreu.

Obyek wisata lain adalah Aula Lapangan atau Kebon Pakis, Curug Panoongan, Pemandian Alam atau pancuran air panas, kamar privat air panas, dan kolam pancur teureup.

Waktu operasional wisata Gunung Galunggung mulai pukul 06.00-16.00 WIB.

8. Gunung Guntur, Jawa Barat

Gunung Guntur via jalur Cikahuripan di Garut, Jawa Barat telah dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

Para pendaki yang ingin mendaki gunung berketinggian 2.193 mdpl ini wajib memakai masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Jika ingin camping harus membawa surat keterangan sehat.

9. Gunung Ijen, Jawa Timur

Jalur pendakian Gunung Ijen dan Wisata Kawah Ijen telah dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pembukaan ini sudah dilakukan sejak Sabtu (11/7/2020). Para pendaki bisa melakukan pendaftaran melalui tiket.bbksdajatim.org

10. Gunung Kembang, Jawa Tengah

Gunung Kembang di Wonosobo, Jawa Tengah telah dibuka kembali untuk pendakian, tetapi belum semuanya.

Hanya jalur pendakian via Blembem dan via Lengkong yang telah dibuka kembali. Sementara jalur lain masih ditutup.

Pendaki wajib menaati protokol yang berlaku salah satunya waktu operasional mulai pukul 07.30-17.30 WIB. Pendaki dari zona merah juga sementara tidak diperbolehkan.

11. Gunung Lawu, Jawa Tengah dan Jawa Timur

Gunung Lawu via Candi Cetho, Cemara Kandang, dan Cemoro Sewu telah dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan.

Gunung berketinggian 3.265 mdpl ini bisa didaki kembali jika pendaki bersedia menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer.

12. Gunung Marapi, Sumatera Barat

Gunung Marapi di Sumatera Barat juga telah dibuka via jalur Koto Baru. Gunung berketinggian 2.891 mdpl ini telah dibuka sejak 6 Juni 2020.

Jika ingin mendaki dengan pemandangan Danau Singkarak terlihat jelas ketika sampai puncak. Pendaki harus mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer, dan terpenting dalam keadaan sehat.

13. Gunung Papandayan, Jawa Barat

Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat telah dibuka sejak Senin (8/6/2020) dengan adaptasi kebiasaan baru.

Bagi yang ingin mendaki dan bermalam di kemah diwajibkan membawa surat keterangan sehat. Pendaki harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer.

14. Gunung Penanggungan, Jawa Timur

Gunung Penanggungan di perbatasan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur telah dibuka dengan protokol kesehatan.

Para pendaki bisa melalui jalur Jolotundo, Tamiajeng, dan Kedungudi yang sudah dibuka. Tidak lupa juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

15. Gunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau di Jawa Tengah telah dibuka kembali untuk umum sejak Senin (10/8/2020. Gunung ini telah memasuki masa uji coba tahap kedua.

Para pendaki diminta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan membawa perlengkapan karena suhu lebih dingin dari biasanya.

Kuota pendakian juga dinaikkan dari 25 persen menjadi 50 persen. Pendaki bisa melalui jalur Patak Banteng, Dieng, Dwarawati, Kali Lembu, Igirmranak, dan Wates.

16. Gunung Sindoro, Jawa Tengah

Gunung Sindoro di Jawa Tengah juga telah dibuka kembali dengan protokol kesehatan. Para pendaki bisa melalui jalur via Alang-Alang Sewu, Kledung, dan Banaran.

Gunung Sindoro mewajibkan para pendaki membawa surat keterangan sehat dari daerah asal. Para pendaki juga diwajibkan memakai masker, dan membawa masker cadangan, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau membawa hand sanitizer.

17. Gunung Singgalang, Sumatera Barat

Gunung Singgalang yang berketinggian 2.877 mdpl ini dan berlokasi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat telah dibuka kembali sejak 12 Juni 2020.

Retribusi pendakian via Jorong Tanjuang Nagari Pandai Sikek yaitu untuk pendaki lokal Rp 15.000 dan pendaki mancanegara Rp 25.000.

18. Gunung Sumbing, Jawa Tengah

Gunung Sumbing telah dibuka untuk umum via Jalur Pendakian Garung sejak Sabtu (1/8/2020). 

Adapun, jalur lain yang sudah buka pendakian yaitu via Dusun Butuh Kaliangkrik. Para pendaki diminta untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, salah satunya membawa surat keterangan sehat.

19. Gunung Telomoyo, Jawa Tengah

Pendakian Gunung Telomoyo via Arsal, Semarang, Jawa Tengah sudah dibuka kembali dalam masa uji coba. Para pendaki diminta mematuhi protokol kesehatan seperti membawa surat keterangan sehat dari Puskesmas.

Puncak Gunung Telomoyo juga bisa dicapai dengan mengendarai sepeda motor dengan kuota yang terbatas saat masa new normal.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/13/152830627/19-gunung-yang-sudah-dibuka-bisa-upacara-17-agustus-di-atas-awan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke