Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selesai Simulasi, 2 Tempat Wisata di Pacitan Ini Dibuka untuk Umum

KOMPAS.com - Dua tempat wisata alam di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur telah selesai melalui tahapan simulasi pembukaan wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Andi Faliandra mengatakan, dua tempat itu adalah Pantai Teleng Ria dan Beiji Park.

"Selasa (11/8/2020), kami adakan evaluasi terhadap simulasi dua tempat wisata yaitu pantai Teleng Ria dan Beiji Park. Kami sudah memberi sertifikat dan memberi rekomendasi mereka masuk ke tahap uji coba," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Karena sudah masuk tahap uji coba, kedua tempat wisata itu pun sudah bisa dikunjungi wisatawan nusantara (wisnus).

Meski demikian, keduanya belum bisa menerima kunjungan yang menggunakan kendaraan bus.

Andi melanjutkan, ada tiga tempat wisata lagi yang akan dibuka untuk tahapan uji coba pada Senin (24/8/2020).

"Untuk pantai Pidakan, pantai Watu Bale, sama pantai Soge itu tanggal 24 Agustus ini. Selanjutnya Jumat (28/8/2020) nanti untuk pantai Klayar, Watu Karung sama Pancer Door. Itu rencana kita," jelasnya.

Berikut informasi dua tempat wisata di Kabupaten Pacitan yang sudah dibuka untuk umum tersebut:

1. Pantai Teleng Ria

Pantai ini sudah melalui tahapan simulasi pertama pada Sabtu (11/7/2020). Kemudian diizinkan untuk dibuka umum pada Selasa (11/8/2020) karena telah lolos masa simulasi.

Pengunjung dari luar Pacitan pun sudah bisa datang berkunjung dengan tetap harus mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

Adapun, Pantai Teleng Ria menawarkan tempat berlibur bagi keluarga, terlebih yang membawa anak-anak. Pasir putih kecoklatannya mampu menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Pantai ini berhadapan langsung dengan pantai selatan dan samudera hindia. Pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas.

Latar belakang pantai ini juga tak kalah indah. Sekitar pantai dikelilingi perbukitan. Lokasi pantai ini berada di Desa Sidoharjo, tidak jauh dari pusat kota dengan jarak sekitar 2,5 kilometer atau lima menit perjalanan. Akses jalan menuju pantai ini juga sudah baik.

Harga tiket masuk pantai Teleng Ria yaitu Rp 10.000 per orang pada hari biasa dan Rp 15.000 pada hari Minggu atau libur.

2. Beiji Park

Kembali dibuka untuk umum pada Selasa (11/8/2020), Beiji Park menjadi salah satu pilihan berwisata di Pacitan.

Kamu bisa menikmati wisata alam sekaligus berfoto selfie di beragam spot menarik yang disediakan pengelola. Namun, kamu harus tetap memerhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Beiji Park juga menawarkan suhu dingin dan udara sejuk yang mana kamu tak perlu merasa panas saat berada di sana.

Itu karena lokasinya yang berada di hutan pohon mahoni. Hutannya sama sekali tidak seram karena telah dihiasi beragam ornamen unik untuk menambah unsur fotografi menjadi menarik.

Pengunjungbisa berfoto dengan berlatarkan payung warna-warni indah yang bergantung di atas pohon atau berfoto dengan latar Teluk Pacitan di spot Gardu Pandang.

Kamu juga bisa menjajal spot selfie lainnya di wahana yang disediakan, seperti rumah-rumahan.

Wisatawan juga bisa menikmati wisata outbound yang ditawarkan pengelola, mulai dari ragam kelompok usia, anak-anak hingga dewasa.

Harga tiket masuk Beiji Park yaitu Rp 10.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Untuk menuju ke sana, kamu bisa ambil arah ke Jalan Raya Pacitan-Solo kilometer 30. Jarak tempuh dari Kota Pacitan adalah sekitar 30 menit.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/16/070700827/selesai-simulasi-2-tempat-wisata-di-pacitan-ini-dibuka-untuk-umum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke