Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tempat Wisata Pacitan Buka Kembali Tahap Simulasi, Hanya untuk Turis Lokal

KOMPAS.com - Geliat sektor pariwisata mulai terlihat di era new normal, salah satunya di Pacitan, Jawa Timur (Jatim) yang telah membuka delapan tempat wisata sejak Sabtu (11/7/2020) untuk tahap simulasi.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra mengatakan, delapan destinasi wisata itu terdiri dari wisata alam yang sudah memenuhi standar protokol di era new normal.

"Tahap simulasi itu adalah tahap di mana lokasi kita itu baik sumber daya manusia atau sarana prasarananya sudah memenuhi standar untuk new normal sesuai standar kesehatan," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/8/2020)

Pihaknya pun akan memberikan sertifikat terhadap masing-masing lokasi yang memenuhi standar untuk masuk tahap uji coba. Dua di antaranya, yakni Pantai Teleng Ria dan Beiji Park pun kini sudah masuk tahap uji coba, sehingga bisa didatangi wisatawan luar Pacitan.

Untuk tahapan simulasi, kata Andi, obyek wisata hanya diperuntukkan untuk menerima kembali wisatawan lokal atau dalam Pacitan saja.

Tujuan dari tahapan simulasi ini yaitu adanya proses pembelajaran bagaimana caranya kembali menerima tamu lokal.

"Kesiapan itu sebelum menyambut wisatawan umum, sehingga kesiapan itu kita uji dulu selama satu bulan untuk lokal," ujar Andi.

Ia melanjutkan, apabila setelah evaluasi selama satu bulan tidak ada hal-hal yang sangat urgent atau mendasar hingga terjadi, misalnya ada wabah Covid-19 di sana atau tidak ada pelanggaran yang mendasar, evaluasi selanjutnya adalah masuk tahap uji coba.

Tahap kedua, yaitu uji coba akan berlangsung sampai Senin (30/11/2020) di mana para tamu dari luar diizinkan masuk ke tempat wisata dengan protokol kesehatan.

Namun, pembukaan untuk wisatawan nusantara (wisnus) tersebut tetap ada batasan-batasan, termasuk kendaraan yang masuk ke tempat wisata.

"Untuk kendaraan bus, belum dapat diizinkan masuk ke tempat wisata. Jadi, hanya bersifat untuk kendaraan-kendaraan non-bus. Kendaraan keluarga saja," ujar Andi.

Tempat wisata di Pacitan yang masuk tahap simulasi

Berikut enam tempat wisata alam yang masih dalam tahap simulasi, sehingga hanya bisa dikunjungi wisatawan lokal Pacitan:

1. Pantai Pidakan

Salah satu obyek wisata di Pacitan yang masih dalam tahap simulasi adalah Pantai Pidakan yang terletak di Dusun Godeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan.

Pantai ini sudah buka sejak Kamis (23/7/2020). Keunikan obyek wisata ini adalah pantainya yang dipenuhi bebatuan unik.

Tak seperti pantai lain yang memiliki hamparan pasir putih di sekitarnya. Batu-batuan itu ada yang berukuran kecil hingga besar, seperti bebatuan sungai.

Para pengunjung akan merasakan kesejukan karena adanya pepohonan yang mengelilingi pantai. Namun, pengunjung tak boleh berenang di pantai ini untuk alasan keamanan.

2. Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan dan masih terbilang baru dikelola Pemerintah Desa setempat sekitar tahun 2017.

Sama dengan Pidakan, pantai ini telah buka sejak Kamis (23/7/2020) untuk wisatawan lokal Pacitan.

Ciri khas pantai ini adalah ada batu karang yang mirip bale atau balai dalam bahasa Indonesia. Berada di pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas, berfoto di spot selfie, atau hanya sekadar jalan-jalan santai melihat matahari terbenam.

Pantai ini tak termasuk pantai berpasir, melainkan didominasi tebing tinggi dan berbatasan langsung dengan laut selatan.

3. Pantai Soge

Obyek wisata lain yang sudah dibuka pada Kamis (23/7/2020) untuk wisatawan lokal Pacitan adalah Pantai Soge

Pantai ini berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, sekitar 45 menit dari pusat kota Pacitan. Pantai ini tepat berada di samping jalan utama.

Pantai Soge memiliki daya tarik berupa pasir pantai nan lembut dan adanya danau air payau yang bisa dijangkau menggunakan perahu wisata.

Para pengunjung bisa bermain air di muara sungai Soge yang dikenal jernih dengan pasir berwarna putih.

4. Pantai Klayar

Tempat berikutnya yang masuk fase simulasi adalah Pantai Klayar. Pantai yang merupakan andalan sektor wisata Pacitan ini telah buka sejak Senin (27/7/2020) untuk wisatawan lokal.

Keunikan Pantai Klayar adalah memiliki seruling samudera yang terdapat pada celah batuan karang. Saat ombak menghantam karang, celah batuan itu akan mengeluarkan air mancur yang menyembur seperti seruling.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa motor ATV, dan menikmati ragam kuliner khas Pacitan di warung-warung yang tersedia.

Pantainya yang berpasir putih ini juga cocok untuk wisatawan yang gemar berfoto selfie. Pantai ini terbilang lengkap dengan beragam fasilitas dan infrastruktur.

5. Pantai Watu Karung

Selain pantai Klayar, pantai Watu Karung juga buka sejak 27 Juli 2020 untuk wisatawan lokal. Pantai ini terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Pantai Watu Karung menawarkan suguhan berupa pasir putih indah dengan laut biru kehijauan dan pulau karang di sekitarnya.

Pantai ini pun dikenal para peselancar karena dikenal memiliki ombak kelas dunia. Mereka kerap menjajal ombak di pantai Watu Karung.

6. Pantai Pancer Door

Satu lagi pantai yang dibuka sejak 27 Juli untuk wisatawan lokal adalah Pancer Door yang terletak di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Pantai ini menawarkan panorama memesona dengan deburan ombak khas laut selatan. Pantai Pancer Door juga dikenal karena memiliki tumbuhan pohon cemara yang ada di sekelilingnya.

Sama seperti pantai Watu Karung, pantai ini juga khas dengan ombak besarnya yang menjadi incaran para peselancar.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/16/090900027/6-tempat-wisata-pacitan-buka-kembali-tahap-simulasi-hanya-untuk-turis-lokal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke