Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Resor di Kepulauan Seribu, Alternatif Liburan Staycation saat HUT RI

KOMPAS.com - Kepulauan Seribu sudah dibuka kembali sejak Sabtu (13/6/2020). Beberapa pulau kembali bisa dikunjungi wisatawan setelah tutup guna mencegah penyebaran Covid-19.

Berwisata di Kepulauan Seribu biasanya perlu waktu minimal dua hari. Tak cukup rasanya jika menikmati keindahan alam laut Kepulauan Seribu, hanya dengan satu hari kunjungan.

Oleh karena itu, bertepatan dengan libur panjang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia, menginap di resor jadi salah satu rekomendasi untuk berwisata di Kepulauan Seribu.

Jangan khawatir, ada banyak resor yang bisa kamu temukan untuk menginap lebih dari satu hari atau staycation di Kepulauan Seribu.

Kompas.com merangkum berbagai pilihan resor di Kepulauan Seribu sebagai alternatif liburan staycation. Beberapa resor ada yang memiliki promo menarik di masa PSBB transisi ini.

1. Putri Duyung Resort Ancol

Resor ini masih dalam lingkup Taman Impian Jaya Ancol, sehingga ramai dan menjadi favorit wisatawan.

Putri Duyung Resort Ancol cocok untuk pilihan staycation keluarga karena memiliki ragam cottages dengan fasilitas mewah.

Cottages di sana menawarkan pemandangan indah tepi laut dan danau yang mampu memanjakan mata wisatawan.

Terdapat aneka fasilitas, seperti wifi dan layanan 24 jam. Kamu pun bisa berkunjung dengan mudah ke Dunia Fantasi (Dufan), Seaworld Ancol, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventure dengan harga terbaik.

Terdapat juga restoran dengan sajian kuliner, mulai dari room service, breakfast hingga dinner lezat dari koki Nyiur, sebuah restoran keluarga di tepi laut Ancol.

Pada masa PSBB transisi ini, kamu bisa menginap di resor unik ini dengan harga Rp 700.000 per malam sudah termasuk tiket Ancol Taman Impian dan sarapan sesuai kapasitas kamar.

Ada juga promo menarik lagi, yaitu Double Joy Seacation. Kamu bisa menginap di Putri Duyung Resort sekaligus rekreasi ke Dufan atau Seaworld Ancol atau Ocean Dream Samudra.

Harga paket promo itu dibanderol mulai Rp 795.000 per malam pada hari biasa dan Rp 900.000 per malam, juga pada hari biasa untuk Putri Duyung plus tiket Dufan. Periode promo berlaku mulai Sabtu (20/6/2020) sampai Kamis (31/12/2020).


2. Pulau Macan

Ingin merasakan indahnya menginap di tengah lautan Kepulauan Seribu? Pulau Macan resor bisa menjadi salah satu pilihannya.

Resor ini berkonsep eco resort villages dengan suasana berbeda. Tamu akan diajak menginap dan merasakan seperti berada di lingkungan konservasi alam yang nyaman dan unik.

Ada dua pulau yang berdekatan dengan resor ini, yaitu Pulau Macan besar dan kecil yang sering disebut Pulau Macan Gundul. Jika air laut surut, kamu bisa berjalan kaki menuju pulau tersebut dari pulau Macan.

Pilihan menginapnya, kamu bisa memilih berbagai tipe cottages seperti Sunset Hut hingga Garden Hut yang merupakan tipe cottages terbarunya.

Jika memilih Sunset Hut, kamu bisa melihat langsung pemandangan matahari terbenam yang jadi andalan tipe cottages ini.

Fasilitas lain di cottages adalah, tamu bisa menikmati olahraga air seperti kano, snorkeling, diving, dan wind surfing.

Adapun, harga paket menginap di sana berkisar mulai Rp 2 juta untuk tipe kamar Eco Cabin East.

3. Pulau Pantara

Pulau Pantara dikenal juga dengan nama pulau Seribu Marine dan memiliki jarak tempuh sekitar dua jam dari Jakarta.

Pulau ini terkenal karena menjadi salah satu tempat terbaik di Kepulauan Seribu untuk diving dan snorkeling. Selain itu, tentunya, pulau ini memiliki cottage berkonsep elegan dan berjendela besar.

Terdapat 40 cottages yang yang menawarkan pemandangan menawan ke lautan lepas. Kamu juga bisa menikmati makan di restoran terapung dengan suguhan makanan Indonesia, oriental, western, hingga Japanese.

Harga menginap di cottages ini mulai dari tipe Single occupancy satu malam Rp 3,59 juta. Kemudian untuk dewasa dengan tipe kasur Twin Sharing sebesar Rp 2,49 juta per malam dan Adult Triple atau Quad Sharing adalah Rp 2,29 juta.

Untuk anak-anak usia 8-12 tahun dengan orangtua adalah Rp 1,59 juta. Lalu, anak usia 2-7 tahun dengan orangtua adalah Rp 1,49 juta.

Harga tersebut sudah termasuk transportasi dari Marina Ancol, paket dua hari satu malam akomodasi dengan dua botol air mineral, pertunjukkan musik selamat datang, dan welcome drink.

Selain itu, nominam tersebut juga sudah termasuk gratis satu jam snorkeling dan 30 menit bermain kano.


4. Pulau Ayer

Pulau resor ini dikenal sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Pulau Ayer terletak hanya 14 kilometer (km) dari lepas pantai Marina Ancol.

Para wisatawan yang datang berkunjung dan menginap di resor ini akan terasa nyaman karena alam tropis dengan pemandangan laut lepas Kepulauan Seribu.

Kamu bisa menginap di tengah pulau yang banyak akan flora dan fauna, termasuk pohon-pohon besar berusia ratusan tahun. Jejeran pohon kelapa, pantai pasir putih, dan gugusan pondok apung akan menemanimu selama berada di pulau ini.

Pulau ini juga merupakan tempat peristirahatan tropis Presiden Soekarno yang menempati salah satu bungalow, yaitu Cendrawasih 4. Saat itu, ia turut mengundang mantan Presiden Yugoslavia Josip Broz Tito, dan Sekjen PBB pada masanya U Thant.

Ada pula bangunan bungalow bertema Papua untuk mengenang peristiwa historis, yakni pembebasan Papua Barat.

Untuk harga salah satu kamar tipe bungalow dihargai Rp 3,6 juta hari biasa dan akhir pekan Rp 4,1 juta. Untuk tipe standar cottage, harganya Rp 1,8 juta pada hari biasa dan Rp 2 juta untuk akhir pekan.

5. Tidung Lagoon

Pulau resor kelima di Kepulauan Seribu adalah Tidung Lagoon yang merupakan satu-satunya resor di atas laut Pulau Tidung.

Pulau Tidung sendiri sudah dikenal oleh wisatawan sebagai pulau alternatif pilihan jika ke Kepulauan Seribu.

Kamu bisa merasakan angin laut sepoi-sepoi sepanjang hari, bermain snorkeling, memancing, dan berfoto di jembatan cinta.

Terdapat beragam paket yang ditawarkan resor ini, salah satunya paket keluarga. Jika kamu adalah orangtua dengan dua anak di bawah usia 12 tahun, maka akan mendapatkan paket akomodasi single room per keluarga.

Untuk anak di atas 12 tahun, mereka bisa menggunakan paket premium atau paket hemat. Harga paket keluarga ini pada akhir pekan Rp 3,6 juta per keluarga dan Rp 3,3 juta untuk hari biasa.

Paket tersebut sudah termasuk esklusif room di atas laut, makan tiga kali, dua kali coffee break, penjemputan dari pelabuhan sampai ke Tidung Lagoon, wahana air, snorkeling, dan pemandu lokal.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/16/150712027/5-resor-di-kepulauan-seribu-alternatif-liburan-staycation-saat-hut-ri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke