Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut HUT RI, Ancol akan Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Air

KOMPAS.com - Unit rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, yaitu Sea World dan Ocean Dream Samudra akan melaksanakan ritual tahunan pengibaran Bendera Merah Putih, Senin (17/8/2020).

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (16/8/2020), ritual itu dilakukan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia.

Untuk Aquarium Utama Sea World Ancol, pengibaran akan dilakukan pukul 10.17 WIB. Di Aquarium Under Water Ocean Dream Samudra adalah pukul 13.15 WIB.

Pengibaran bendera akan dilakukan penyelam profesional dan diiringi lagu Indonesia Raya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan ini tidak bisa disaksikan oleh banyak orang akibat pandemi Covid-19.

Meski demikian, pengibaran bendera bawah air itu tetap bisa disaksikan masyarakat karena disiarkan secara virtual di akun Instagram @seaworld.ancol dan @oceandreamsamudra.

Ada lomba tradisional oleh penyelam

Division Head of Tirta Ancol Taman Impian Rika Sudranto mengatakan, pengibaran bendera di dalam akuarium memang unik dan menarik.

Ini merupakan ritual tahunan yang digelar oleh TIJA sebagai tanda syukur dan menghargai jasa pahlawan atas kemerdekaan RI hingga 75 tahun Indonesia merdeka.

"Semarak peringatan hari kemerdekaan yang biasanya ada di masyarakat, mungkin saat masa pandemi ini dibatasi, bahkan dilarang. Namun di Seaworld Ancol, kami menghadirkan berbagai pertunjukkan lomba tradisional," kata Rika.

Ia melanjutkan, ada beberapa lomba tradisional yang uniknya dilakukan para penyelam. Perlombaan tersebut di antaranya gebuk bantal under water dan tarik tambang di dalam air.

Ia berharap, aktivitas seperti itu tetap menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat dalam peringatan kemerdekaan, meski di tengah pandemi.

Selain itu, ada juga upacara bersama biota lucu Otter dalam Pentas Singa Laut dan Parade Bendera with Dolphin. Keduanya bisa disaksikan langsung pengunjung Ocean Dream Samudra.

"Pertunjukkan ini dapat dinikmati pengunjung pada tanggal 17, 20, 22, dan 23 Agustus 2020," kata Rika.

Harga promo Sea World dan Ocean Dream Samudra

Menyambut hari kemerdekaan, pihak Ancol memberikan harga promo menarik agar masyarakat dapat melihat beragam pertunjukan tersebut.

Untuk Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra selama Agustus ini ada promo bagi pengunjung di antaranya

  1. Satu tiket untuk 2 unit rekreasi sekaligus dengan harga Rp 145.000 khusus tanggal 15-23 Agustus 2020
  2. Satu tiket untuk 2 unit rekreasi sekaligus dengan harga yang terjangkau Rp 115.000 untuk hari biasa, dan Rp 135.000 untuk akhir pekan

Adapun, waktu operasional Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra memiliki waktu yang sama, yaitu pukul 09.00-17.00 WIB.

Pengunjung yang bisa masuk Ancol hanya yang memiliki KTP DKI Jakarta, berada dalam kondisi sehat, dan berusia di atas 9 tahun. Ibu hamil juga belum boleh masuk Ancol.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/16/191900227/sambut-hut-ri-ancol-akan-gelar-pengibaran-bendera-merah-putih-di-bawah-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke