Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Travel, Fitur Tambahan Google yang Bantu Orang Liburan Aman di Tengah Pandemi

KOMPAS.com - Wabah pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga kini. Orang-orang banyak yang terpaksa mengurungkan niat untuk berlibur.

Namun, memasuki era adaptasi kebiasaan baru atau new normal, orang perlahan mulai timbul rasa percaya diri untuk kembali ke luar dari rumah dan berwisata.

Namun, ada beberapa hal yang harus dipahami dan diketahui wisatawan ketika berlibur, yaitu bagaimana perkembangan kasus Covid-19 di destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Tak usah khawatir, kamu cukup mencoba fitur tambahan dari Google yaitu Google Travel. Fitur baru itu diluncurkan bagi kamu yang sudah ingin liburan tetapi masih khawatir akan kasus Covid-19.

Dilansir Antara, Jumat (14/8/2020), fitur tambahan itu bisa menandai informasi terkait pandemi seperti jumlah kasus Covid-19 di destinasi wisata, hingga hotel yang menawarkan opsi pembatalan gratis.

Fitur ini juga memperlihatkan tren perjalanan wisatawan saat ini dengan menunjukkan persentase ketersediaan hotel dan penerbangan yang beroperasi ke daerah itu.

Adapun data yang digunakan bersumber dari pemesanan hotel dan penerbangan Google. Wisatawan bisa langsung otomatis melihat informasi tersebut, jika melakukan penelusuran hotel, penerbangan atau persewaan penginapan.

Selain itu, Google Travel juga akan melampirkan informasi terkait pembatasan perjalanan yang menjadi kebijakan pemerintah negara tujuan.

Misal pengguna memasukkan destinasi Kota Manchester di Inggris, maka akan ada informasi pembatasan perjalanan yang merupakan kebijakan pemerintah Inggris.

Uniknya, fitur tambahan Google Travel juga memunculkan informasi mengenai hotel yang menawarkan bebas biaya pembatalan di destinasi wisata.

Cara Kerja Google Travel

Kompas.com mencoba menjajal fitur Google Travel. Kami mengetik google.com/travel kemudian muncul tampilan awal berupa tulisan Perjalanan di mana bawahnya terdapat opsi Telusuri penerbangan, hotel, dan lainnya.

Selain opsi perjalanan, ada juga pilihan lain yaitu rekomendasi, pesawat, hotel, dan penyewaan penginapan.

Jika memilih rekomendasi, Google akan mmberikan rekomendasi destinasi wisata yang sudah aman untuk dikunjungi, misalnya Bali.

Dalam informasi tersebut, Google Travel menyertakan tempat wisata terpopuler, tempat menarik populer menurut minat, makanan dan minuman populer, dan daerah sekitar yang terkenal.

Begitu juga jika kamu memilih opsi pesawat akan diinfokan terkait jadwal penerbangan, dan harga tiket pesawat terkini.

Khusus untuk hotel, ada filter khusus di mana kamu bisa mencari hotel mana saja yang menawarkan opsi bebas biaya pembatalan.

Saat memilih satu hotel di suatu daerah, akan ada pula informasi seputar tempat wisata mana yang ada di sekitarnya.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/16/213000427/google-travel-fitur-tambahan-google-yang-bantu-orang-liburan-aman-di-tengah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke