Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata ke Situ Gede Tasikmalaya, Naik Perahu hingga Camping

Kawasan wisata yang identik akan danaunya ini membentangkan bendera Merah Putih raksasa berukuran hampir 75 meter dan lebar 45 meter dengan ditarik 12 perahu karet.

Tak hanya itu, ada 60 orang yang ikut serta membentangkan bendera yang hingga kini masih membentang tersebut.

Situ Gede sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti Situ adalah danau, dan Gede adalah besar atau luas.

Lalu apa saja yang menarik dari Situ Gede ini?

Sudah ada sejak era kolonial Belanda

Kawasan danau Situ Gede nyatanya telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Sejak dulu, keindahan alam yang disajikannya telah menarik banyak orang untuk berkunjung.

Situ Gede telah lama menjadi kawasan favorit orang untuk berekreasi sejak era kolonial. Hal yang menarik sehingga orang kerap datang berkunjung karena terdapat pulau mungil di tengah danau.

Pulau mungil ini luasnya mencapai satu hektar dan konon terdapat tiga makam yang menjadi asal-usul berdirinya Situ Gede.

Tempat ini juga menjadi kawasan favorit wisata warga Tasikmalaya yang merantau, lalu pulang kembali ke kampung halamannya.

Tak jarang, ketika liburan panjang, kawasan ini juga kawasan incaran mereka untuk berekreasi.

Suasana danau masih alami dan sejuk

Situ Gede menawarkan keindahan pemandangan danau yang membentang luas. Selain itu, melihat sekeliling kawasannya, terlihat ada pohon-pohon yang masih rimbun.

Pepohonan tersebut yang membuat udara di sekitarnya tidak terasa panas. Hal ini yang membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang.

Wisatawan akan merasakan kesejukan jika berkunjung ke Situ Gede. Kamu bisa menikmati duduk-duduk santai di gazebo yang disediakan, atau menikmati santapan kuliner khas Tasikmalaya.

Ada menu andalan di tempat ini yang bisa kamu coba yaitu olahan ikan segar. Selain itu ditambah dengan minuman kelapa muda yang menyegarkan.

Naik perahu keliling danau

Selain bersantai menikmati pemandangan pinggir danau, kamu tentu bisa masuk ke dalam danau dan berkeliling menggunakan perahu.

Ada banyak perahu wisata yang disediakan pengelola wisata. Wahana ini dapat kamu nikmati bersama keluarga.

Untuk merasakan sensasi naik perahu dan mengelilingi danau seluas 47 hektar berkedalaman 6 meter ini, kamu cukup merogoh kocek Rp 10.000 per orang.

Mengadakan camping ground

Situ Gede juga bisa dijadikan tempat untuk camping atau mendirikan tenda. Wisatawan bisa bermalam di kawasan ini dengan menyewa tenda-tenda yang dijajakan.

Tak perlu khawatir soal toilet dan kamar mandi, tempat ini sudah memiliki fasilitas dasar tempat wisata seperti toilet atau Mandi Cuci Kakus (MCK).

Kamu bisa berkemah menikmati suasana pedesaan di Situ Gede yang sejuk dan segar. Malamnya, kamu bisa menikmati makan ikan bakar yang dijual penduduk sekitar.

Akses ke Situ Gede

Tertarik berkunjung ke Situ Gede? Kamu cukup berkendara selama 30 menit dari kota Tasikmalaya.

Akses jalan terbilang mudah dan ada papan plang tempat wisata Situ Gede. Lokasinya berada di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Situ Gede

Untuk harga tiket masuknya, cukup sediakan uang Rp 5.000 per orang untuk dapat berwisata ke Situ Gede.

Sementara untuk menyewa perahu, kamu akan membayar biaya tambahan Rp 10.000 per orang.

Jika ingin berkunjung taati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/18/201500027/wisata-ke-situ-gede-tasikmalaya-naik-perahu-hingga-camping

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke