Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kirab Pusakadalem di Pura Mangkunegaran Ditiadakan karena Pandemi

Pasalnya, tidak ada tradisi Kirab Pusakadalem Satu Suro yang biasa diadakan tiap tahun untuk menyambut pergantian Tahun Baru Jawa Jimakir 1954, Kamis (20/8/2020).

Abdi Dalem Pariwisata dan Museum Pura Mangkunegaran, Joko Pramudya mengatakan, peniadaan Kirab Pusakadalem pada Satu Suro tahun ini berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19.

"Kalau masih diadakan kan akan menimbulkan kerumunan masal dan sebagainya. Takutnya nanti kan menimbulkan cluster yang baru. Makanya sesuai dengan Dawuh Dalem (Raja) untuk Pura Mangkunegaran (Kirab Pusaka) tahun ini ditiadakan, kaitannya dengan Covid-19," kata Joko saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Adapun informasi mengenai ditiadakannya Kirab Pusakadalem, sudah dilakukan melalui beragam media seperti spanduk dan media sosial milik Pura Mangkunegaran.

Untuk informasi di spanduk telah dipasang di tiga pintu gerbang Puro Mangkunegaran. Hal ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan wisatawan bahwa Kirab Pusaka ditiadakan.

Sementara itu, untuk kegiatan lainnya yang masih dalam rangka menyambut pergantian Tahun Baru Islam, tetap diadakan, misalnya Semakan Alquran.

"Kegiatan lain kayak seperti Semakan Alquran yang ada di masjid Al Wustho Mangkunegaran tetap diselenggarakan. Kemudian kaitannya nanti untuk Satu Suro yaitu Jamasan Pusaka atau siraman pusaka itu juga tetap dilakukan tapi tertutup. Dari dulu tertutup, tidak boleh dilihat umum," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk Satu Suro ini, wisatawan tidak bisa melihat rangkaian acara yang berlangsung.

Beberapa area di Pura Mangkunegaran juga disterilkan, salah satunya area Pamedan. Hal tersebut, kata dia, untuk mencegah kerumunan orang atau wisatawan.

Kondisi seperti ini diakui Joko sangat berbeda dengan tahun lalu. Biasanya, Pura Mangkunegaran pada saat Satu Suro selalu ramai oleh wisatawan maupun masyarakat lokal.

"Wah iya Kirab Pusaka itu selalu ramai, karena sifatnya kan bisa dipertontonkan untuk umum. Kita gak hitung banyaknya berapa, tapi kira-kira ada ribuan orang yang nonton itu," tuturnya.

Ketika Kirab Pusaka berlangsung, wisatawan dan masyarakat lokal akan otomatis mengikuti barisan paling belakang para Abdi Dalem Pura Mangkunegaran.

Namun, wisatawan atau masyarakat juga bisa ikut serta dalam Kirab Pusaka ini, dengan cara mendaftar terlebih dahulu ke Pura Mangkunegaran.

Tak hanya Pura Mangkunegaran, Kraton Surakarta dan Kraton Yogyakarta beserta Pura Pakualaman juga tahun ini tidak mengadakan Kirab Pusaka, Rabu (19/8/2020) malam.

Hal tersebut untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan cara menghindari rangkaian acara yang bisa menimbulkan kerumunan orang.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/19/171500227/kirab-pusakadalem-di-pura-mangkunegaran-ditiadakan-karena-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke