Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teksas Wonocolo di Bojonegoro, Wisata Migas ala Texas AS

Coba berkunjung ke Bojonegoro. Di sana terdapat desa yang disebut sebagai Teksas Wonocolo.

Memiliki nama lain Petroleum Geopark Wonocolo, tempat itu disebut-sebut sebagai wisata migas pertama di Indonesia.

Dilansir dari Tribun Travel, berdirinya Teksas Wonocolo dilatarbelakangi oleh sumur minyak tradisional yang terletak di wilayah Desa Wonocolo, Bojonegoro.

Sumur minyak tersebut telah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu, beroperasi secara tradisional dan dikelola oleh masyarakat.

Lantas apa yang menarik dari wisata migas tersebut?

Disambut bukit hitam

Saat pertama kali menginjakan kaki di tempat tersebut, jangan kaget, karena wisatawan tidak akan melihat wahana permainan modern atau tugu selamat datang.

Wisatawan hanya disambut bukit hitam yang penuh dengan sumur-sumur tradisional dengan beberapa tongkat kayu panjang tertancap sebagai penyanggahnya.

Ada juga, suara gemuruh mesin diesel penarik slink dan bau solar yang begitu menyengat di sekitar.

Aktivitas para penambang menggerakan slink dan mengarahkan timba yang ukurannya melebihi tubuh mereka ke dalam lubang sumur akan jadi pemandangan.

Menyaksikan proses penyulingan

Di sana, wisatawan bisa langsung menyaksikan proses penyulingan solar dan bensin hingga menjadi minyak tanah secara tradisional oleh warga setempat.

Lubang-lubang minyak tersebut semakin bertambah setiap tahunnya. Pemandangan-pemandangan langka dan keren tesebut tentu saja menjadi daya tarik utama wisata ini.

Wonocolo menjadi satu-satunya tempat penambangan minyak secara tradisional di dunia yang masih bertahan sejak penjajahan Belanda sampai sekarang.

Tak jauh dari lokasi penambangan, kamu akan diajak untuk kembali ke masa lalu menilik sejarah di Museum Geopark.

Biaya tiket masuk Petroleum Geopark Wonocolo

Untuk dapat menikmati semua momen di Texas wanna be ini biaya masuknya gratis dan traveler pun bisa bebas mengambil foto sepuasnya.

Sangat disarankan untuk membawa masker penutup, sepatu yang aman beserta helm agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Cara menuju Petroleum Geopark Wonocolo

Jika ingin berkunjung, tempat wisata ini tepatnya berada di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro, Jawa Timur kurang lebih satu setengah jam dari Kota Bojonegoro.

Untuk bisa sampai ke tempat tersebut, tak perlu pusing, traveler hanya tinggal mengikuti arah jalan menuju Desa Wonocolo saja. Tak perlu khawatir, akses jalannya juga sudah beraspal.

Jika ingin berkunjung taati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius.

Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Menilik Petroleum Geoheritage Wonocolo Bojonegoro, Wisata Tambang Minyak Tradisional Tertua di Dunia.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/19/201000927/teksas-wonocolo-di-bojonegoro-wisata-migas-ala-texas-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke