Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tempat Wisata Bandung yang Sudah Buka Saat New Normal

JAKARTA, KOMPAS.com – Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang jadi tujuan wisatawan saat akhir pekan.

Daerah di Jawa Barat tersebut memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang bisa dikunjugi bersama teman dan keluarga. 

Jika berencana mengunjungi Bandung dalam waktu dekat, Kompas.com merangkum 10 tempat wisata di Bandung yang sudah buka saat ini, Jumat (21/8/2020).

Perlu dicatat bahwa sebelum berkunjung, pastikan kamu telah paham dan akan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

1. The Great Asia Afrika

Tempat wisata ini sudah dibuka kembali sejak 13 Juni 2020 dengan jam operasional setiap hari mulai pukul 09:00 – 18:00 WIB.

Saat ini, seluruh atraksi wisata di sana telah dibuka seperti kebun binatang mini, jajanan di area India, Jepang, dan Afrika Selatan, serta Chocolate Factory.

Spot foto di area Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, Timur Tengah, dan Nusantara pun telah dibuka. Untuk Chocolate Factory, wisatawan hanya diperbolehkan untuk membeli coklat saja dan tidak bisa melihat proses pembuatannya.

Pihak tempat wisata pun kini telah membuka penyewaan kostum tradisional dari beberapa negara termasuk Korea Selatan, India, Jepang, dan Timur Tengah.

The Great Asia Africa berlokasi di Jalan Raya Lembang – Bandung nomor 71, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket selama pandemi adalah Rp 50.000 per orang.

2. Farm House

Farm House sudah menerima wisatawan kembali sejak 13 Juni. Jam operasional selama pandemi adalah setiap hari mulai pukul 09:00 – 18:00 WIB.

Hampir seluruh atraksi wisata sudah dibuka selama new normal seperti spot Instagramable lapangan Farm House yang berlatar belakang rumah gaya Eropa klasik.

Jika ingin melihat berbagai macam bunga serta pemandangan yang menarik, area My Secret yang memiliki bangunan tua dan pagar pembatas yang terbuat dari batang pohon berliku sudah dibuka.

Peminjaman kostum pun sudah bisa dilakukan di area atas toko French Crepes. Sementara pengembalian kostum dilakukan di area bawah Coffee Shop.

Tempat wisata tersebut juga memiliki “Checkpoint Bersepeda” setiap pukul 07:00 – 09:00 WIB untuk membagikan susu seharga Rp 20.000 per cangkir bagi pesepeda.

Farm House terletak di Jalan Raya Lembang nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket selama pandemi adalah Rp 30.000 per orang.

3. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang berlokasi di Jalan Grand Hotel nomor 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini sudah buka sejak 13 Juni.

Beberapa atraksi wisata yang sudah buka antara lain adalah becak mini yang kini hanya diperbolehkan bagi satu orang pengunjung saja. Penyewaan perahu dan paddle boat pun sudah dibuka kembali.

Pihak tempat wisata juga sudah membuka fasilitas peminjaman kostum tradisional Jepang di Kyotoku. Namun untuk peminjaman dan pengembalian dilakukan di tempat yang terpisah.

Kini, Kota Mini sudah dibuka kembali. Beberapa wahana baru yang bisa dicoba adalah fasilitas outbond, Shooting Target, dan Firefighter.

Jam operasional Floating Market Lembang adalah setiap hari mulai pukul 09:00 – 18:00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 30.000 per orang.

4. D’Dieuland

Sejak dibuka kembali pada 13 Juni, tempat wisata ini sudah membuka sejumlah atraksi wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Seluruh spot Instagramable yang telah disediakan sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan. Salah satunya adalah jembatan yang dihiasi oleh lampu gantung dan dikelilingi pepohonan.

Jam operasionalnya mulai pukul 10:00 – 20:00 WIB pada hari biasa. Sementara pada Sabtu mulai pukul 09:00 – 22:00 WIB, dan Minggu mulai pukul 09:00 – 21:00 WIB.

D’Dieuland berlokasi di kawasan wisata Punclut, Kampung Pageurmaneuh, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiketnya adalah Rp 15.000 untuk hari biasa, dan Rp 20.000 untuk akhir pekan.

5. Lereng Anteng

Jika ingin ngopi sembari wisata selfie dan menikmati pemandangan alam, Lereng Anteng sudah dibuka kembali sejak 15 Juni.

Di sana, wisatawan bisa melihat pemandangan lembah pegunungan sambil berkunjung ke setiap sudut tempat wisata yang memiliki banyak spot Instagramable yang unik.

Lereng Anteng terletak di kawasan wisata Punclut, Kampung Pageurmaneuh, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Jam operasionalnya adalah setiap hari biasa mulai pukul 09:00 – 20:00 WIB dan Sabtu mulai pukul 08:00 – 20:00 WIB.

6. Lembang Wonderland

Lembang Wonderland sudah dibuka kembali sejak 22 Juni. Lokasinya di Jalan Raya Lembang nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat wisata tersebut memiliki beberapa spot Instagramable seperti area Magic Forest yang menawarkan sejumlah rumah pohon dengan masing-masing tema yang unik.

Area tersebut memiliki jalur yang dihiasi oleh gambar pepohonan dan dikelilingi lampu berbentuk bunga. Jika berkunjung di malam hari, kamu mungkin merasa seperti berjalan-jalan dalam dunia dongeng.

Jam operasionalnya adalah mulai pukul 10:00 – 18:00 WIB setiap Senin – Kamis, mulai pukul 10:00 – 19:00 WIB pada Jumat, dan Sabtu – Minggu mulai pukul 10:00 – 20:00 WIB.

Harga tiketnya masuknya adalah Rp 35.000 per orang. Anak dengan tinggi di bawah 80 cm bisa masuk tanpa biaya.

7. Taman Bougenville

Taman Wisata Bougenville sudah dibuka kembali sejak 5 Juni. Jam operasionalnya adalah setiap hari mulai pukul 09:00 – 16:00 WIB.

Di sana, wisatawan bisa berfoto di beberapa spot Instagramable. Salah satunya adalah jembatan kayu yang dipenuhi sangkar burung warna-warni.

Ada juga kegiatan wisata seperti bermain flying fox dengan harga Rp 25.000, trekking dengan menjelajahi jalur dengan waktu tempuh yang beragam, atau bermain air di Sungai Cigeureuh.

Wisatawan juga bisa menginap di sejumlah penginapan yang telah disediakan dengan harga sewa yang beragam, salah satunya penginapan Mooi Lakehouse yang menghadap langsung ke Danau Mooi.

Harga tiket masuknya adalah Rp 35.000 per orang. Anak berusia di bawah tiga tahun bisa masuk secara gratis. Lokasinya berada di Jalan Gunung Puntang, Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Banjaran – Pangalengan, Kabupaten Bandung.

8. The Lodge Maribaya

Tempat wisata ini sudah dibuka kembali sejak 13 Juni. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 149/252, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Selama berkunjung, wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan wisata seperti trekking di tengah hutan pinus, naik sepeda di seutas tali yang cukup tinggi, atau ngopi asyik di The Pines Cafe.

Kamu juga bisa berkemah di area Camp & Village yang memiliki bentuk tenda yang cukup unik. Berbagai spot Instagramable pun telah disediakan seperti Hot Air Balloon.

Tempat wisata tersebut buka setiap hari mulai pukul 09:00 – 17:00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp 75.000. Dengan harga demikian, wisatawan diberikan berbagai macam penawaran.

Pengunjung sudah mendapatkan tiket masuk tempat wisata, Fairy Garden, Herbal & Lotus Garden, voucher makan di Fairy Garden & The Lodge Maribaya, serta minum teh herbal di Mulberry Hill.

Wisatawan juga sudah bisa menikmati atraksi wisata Mountain Swing atau Sky Tree, Free Wings Rental atau Golf atau Trampolin di Fairy Garden, dan tiket masuk Rumah Belanda.

9. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole sudah dibuka sejak 13 Juni. Lokasinya berada di Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sejumlah atraksi wisata sudah bisa dinikmati oleh wisatawan, salah satunya adalah Horse Ranch bagi yang ingin menikmati pemandangan hutan sambil naik kuda.

Jika ingin piknik, pihak tempat wisata juga menyediakan paket untuk maksimal empat orang seharga Rp 180.000. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapatkan perlengkapan piknik serta sejumlah hidangan.

Jam operasionalnya adalah setiap hari mulai pukul 09:00 – 18:00 WIB. Untuk harga tiket masuk, wisatawan bisa langsung menghubungi tempat wisata melalui Instagramnya @orchidforestcikole.

10. Lembang Park & Zoo

Tempat wisata yang sudah dibuka kembali sejak 13 Juni ini terletak di Jalan Kolonel Masturi nomor 171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Selama libur panjang mulai 20 – 23 Agustus, pihak tempat wisata menawarkan harga tiket masuk Rp 50.000.

Sejumlah fasilitas dan atraksi wisata di Lembang Park & Zoo sudah dibuka kembali. Salah satunya adalah latihan menaiki kuda selama 45 menit.

Jam operasionalnya pada hari biasa adalah 09:00 – 17:00 WIB, sementara pada akhir pekan adalah 08:00 – 18:00 WIB.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/21/120200027/10-tempat-wisata-bandung-yang-sudah-buka-saat-new-normal

Terkini Lainnya

Wahana dan Kolam Renang di Kampoeng Kaliboto Waterboom Karanganyar

Wahana dan Kolam Renang di Kampoeng Kaliboto Waterboom Karanganyar

Jalan Jalan
Gunung Ruang Meletus, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kota Kinabalu

Gunung Ruang Meletus, AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kota Kinabalu

Travel Update
Kampoeng Kaliboto Waterboom: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Kampoeng Kaliboto Waterboom: Daya Tarik, Harga Tiket, dan Jam Buka

Jalan Jalan
Aktivitas Wisata di The Nice Garden Serpong

Aktivitas Wisata di The Nice Garden Serpong

Jalan Jalan
Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Delegasi Dialog Tingkat Tinggi dari China Akan Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo

Travel Update
The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

The Nice Garden Serpong: Tiket Masuk, Jam Buka, dan Lokasi

Jalan Jalan
Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Cara ke Sukabumi dari Bandung Naik Kendaraan Umum dan Travel

Travel Tips
Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Pengembangan Bakauheni Harbour City di Lampung, Tempat Wisata Dekat Pelabuhan

Travel Update
Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Asita Run 2024 Digelar di Bali Pekan Ini, Terbuka untuk Turis Asing

Travel Update
13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

13 Telur Komodo Menetas di Pulau Rinca TN Komodo pada Awal 2024

Travel Update
Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja 'Overtime' Sopir Bus Pariwisata

Tanggapan Kemenparekraf soal Jam Kerja "Overtime" Sopir Bus Pariwisata

Travel Update
Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

Tip Jalan-jalan Jenius ke Luar Negeri, Tukar Mata Uang Asing 24/7 Langsung dari Aplikasi

BrandzView
Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Vietnam dan China Siap Bangun Jalur Kereta Cepat Sebelum 2030

Travel Update
Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Libur Lebaran, Tren Kunjungan Wisatawan di Labuan Bajo Meningkat

Travel Update
ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

ASDP Catat Perbedaan Tren Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Merak-Bakauheni

Travel Update
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke