Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unik, Ada Toilet Transparan di Tokyo

KOMPAS.com – Dua toilet warna-warni yang telah didirikan di Tokyo, Jepang, benar-benar tembus pandang saat kosong.

Namun, bukan berarti aktivitas orang yang ada di dalamnya dapat terlihat dari luar karena dinding toilet menjadi buram saat digunakan.

Dilansir Lonely Planet, Senin (17/8/2020), instalasi ultramodern itu merupakan bagian dari proyek desain di mana seniman dan arsitek menciptakan toilet yang inovatif, menpesona, sekaligus menarik perhatian masyarakat di Shibuya.

Toilet itu didesain para arsitek Shigeru Ban sebagai bagian dari proyek Tokyo Toilet. Dua fasilitas itu terletak di Yoyogi Fukamachi Mini Park dan Haru-no-Ogawa Community Park.

Dengan warna merah cerah, oranye, ungu, biru, dan hijau, toilet tersebut terlihat unik dan menarik perhatian. Toilet juga cukup terang dan tembus pandang saat kosong.

Dinding bagian luar dibuat menggunakan kaca khusus yang langsung buram saat pintu dikunci. Hal ini membuat pengguna mendapatkan privasi.

Selain dijadikan sebagai fasilitas umum, toilet tersebut juga memiliki fungsi lain untuk menciptakan suasana unik saat matahari terbenam.

“Pada malam hari, toilet menerangi taman seperti lentera kertas yang indah,” kata firma arsitektur tersebut, dilansir dari Lonely Planet.

Proyek Tokyo Toilet mendapati 16 kreator yang menawarkan ide untuk 17 toilet umum di Area Shibuya. Tiga toilet pertama telah dibuka untuk digunakan oleh umum pada awal Agustus 2020.

Sementara itu, toilet ketiga dikelilingi oleh serangkaian dinding beton yang memiliki lampu-lampu terang di Ebisu Park.

“Jepang terkenal sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Bahkan toilet umumnya memiliki standar kebersihan yang lebih tinggi dari banyak tempat di seluruh dunia,” kata Nippon Foundation.

Namun, penggunaan toilet umum di Jepang dibatasi karena stereotipe bahwa mereka gelap, kotor, bau, dan menakutkan.

Guna menghilangkan stereotipe tersebut, Nippon Foundation memutuskan untuk merenovasi toilet umum di Shibuya.

Selain konstruksi, mereka juga telah mengatur adanya perawatan berkelanjutan agar masyarakat merasa nyaman menggunakan toilet publik itu.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/21/180600827/unik-ada-toilet-transparan-di-tokyo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke