Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puncak Sosok, Alternatif Wisata Malam dengan Spot Instagramable di Yogyakarta

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak lepas dari keindahan alamnya yang mampu menarik wisatawan untuk datang.

Sisi selatan DIY, yaitu Kabupaten Bantul, terdapat satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam Yogyakarta dari ketinggian.

Nama tempatnya adalah Puncak Sosok yang berlokasi di Dusun Jambon RT 04, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jabal Kelor, Desa Bawuran Rudi Haryanto mengatakan, Puncak Sosok menawarkan keindahan alam yaitu panorama Kota Yogyakarta dari atas pergunungan.

"Dari sana bisa melihat keindahan panorama Kota Jogja, landscape Jogja secara 360 derajat sepanjang hari dari pagi sampai pagi lagi," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/8/2020).

Ada banyak fasilitas di Puncak Sosok yang dapat dinikmati semua pengunjung, seperti gazebo, tempat duduk berupa kursi maupun lesehan, aula, spot selfie instagramable, dan pendopo.

Tak hanya itu, ada juga panggung hiburan di mana pengunjung dapat menyaksikan live music bahkan bisa bernyanyi menghibur para pengunjung lainnya.

Bagi para wisatawan yang gemar bersepeda, Puncak Sosok bisa jadi rekomendasinya. Hal ini karena pengelola juga menyediakan track sepeda downhill di area ini.

Selain itu ada juga warung makan, area parkir, camping ground dan outbound untuk semakin menambah kenyamanan para pengunjung.

Akan buka kembali 5 September 2020

Sayangnya, pandemi Covid-19 turut berdampak bagi Puncak Sosok. Pengelola tempat ini terpaksa menutup operasional sejak Senin (23/3/2020).

Namun, jangan khawatir. Bagi kamu yang sudah kangen romantisnya Puncak Sosok, rasa rindumu itu akan terbayarkan sebentar lagi.

"Insyaallah akan dibuka kembali besok Sabtu (5/9/2020) dengan beberapa penerapan protokol kesehatan. seperti cek suhu tubuh, cuci tangan mulai dari pintu masuk sampai di lokasi Puncak Sosok," kata Rudi.

Belum ada harga tiket masuk

Tak seperti tempat wisata lainnya yang sebagian besar sudah berbayar atau ada harga tiket masuk, Puncak Sosok belum menerapkan hal tersebut.

Diakui Rudi, hingga kini belum ada kewajiban atau ketetapan harga tiket masuk wisatawan yang datang ke Puncak Sosok.

"Untuk sementara tiket masuk Puncak Sosok masih seikhlasnya," terangnya.

Cara menuju Puncak Sosok

Ingin merasakan bagaimana keindahan panoraman Kota Yogyakarta dari ketinggian Puncak Sosok? Cukup datangi saja langsung ke tempatnya yang ada di sisi selatan Kota Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Bantul.

Untuk jarak tempuh, kata dia, pengunjung dapat melakukan perjalanan darat dari Kota Yogyakarta sejauh 15 kilometer.

"Bisa ditempuh dengan motor, sepedaan, mobil pribadi, atau minibus. Jalannya juga satu minggu yang lalu kami baru menyelesaikan pembangunan jalan selebar 5 meter sepanjang hampir 1 kilometer. Jadi Insyaallah aman," katanya.

Waktu operasional Puncak Sosok yaitu setiap hari mulai pukul 05.00-00.00 WIB. Jika ada yang menginap atau camping, mereka dapat melakukan perizinan ke pengelola.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/22/203100927/puncak-sosok-alternatif-wisata-malam-dengan-spot-instagramable-di-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke