Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecamatan Dlingo Jadi Lokasi Film Tilik, Ini 5 Obyek Wisata di Sana

KOMPAS.com – Belakangan ini, media sosial ramai dengan film pendek berjudul Tilik. Salah satu adegan dalam film adalah saat rombongan ibu-ibu naik truk bak terbuka yang melewati wilayah perdesaan dengan hutan pinus.

Ternyata, lokasi yang dilewati ibu-ibu itu merupakan destinasi wisata andalan di Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Kecamatan Dlingo yang ada di Kabupaten Bantul.

Kawasan yang dikenal memiliki hamparan hutan pinus itu memiliki beberapa obyek wisata yang menawarkan kesejukan hutan pinus dan keindahan panorama dari ketinggian.

Berikut ini adalah 5 tempat wisata yang ada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul:

1. Pinus Pengger

Obyek wisata Pinus Pengger ini berada di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Sebelum pandemi Covid-19, obyek wisata ini banyak didatangi wisatawan. Tidak jarang bus-bus pariwisata memadati area parkirnya, khususnya pada hari libur.

Itu karena Pinus Pengger menawarkan pesona hutan pinus yang asri di kawasan perbukitan. Ada pula spot foto menarik dengan latar belakang gemerlap lampu Yogyakarta dari ketinggian.

2. Gunung Mungker

Obyek Wisata Gunung Mungker juga berada di Desa Terong, sama dengan Pinus Pengger. Jarak tempuhnya hanya sekitar 1 kilometer (km) dari sana.

Pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan hijau perbukitan Kecamatan Dlingo dari Gunung Mungker. Ada pula spot foto instagramable dengan latar belakang gemerlap lampu.

Karena Gunung Mungker ada di sisi timur jalan, pengunjung bisa melihat kawasan perbukitan yang terbentang luas di sisi timur. Pemandangan seperti ini tidak bisa dinikmati di Pinus Pengger yang hanya menyajikan panorama sisi barat saja.

3. Puncak Becici

Obyek wisata yang ada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul ini bahkan pernah dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama pada tahun 2017.

Hutan pinus yang terhampar luas memang membuat suasana di Puncak Becici begitu teduh, sehingga cocok untuk sejenak melarikan diri dari panasnya udara kota.

Dari ketinggian, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama indah Yogyakarta dari ketinggian. Saat sore hari yang cerah, matahari terbenam akan terlihat begitu menawan.

4. Bukit Lintang Sewu

Obyek wisata selanjutnya yang bernama Bukit Lintang Sewu ini masih berada di Desa Muntuk, sama seperti Puncak Becici.

Pengelola telah mendesain obyek wisata ini menjadi semacam taman yang ada di kawasan hutan pinus perbukitan.

Wisatawan pun bisa ber-selfie ria di spot-spot foto yang tersedia. Malam harinya, gemerlap cahaya Kota Yogyakarta terlihat bagaikan ribuan bintang, sesuai nama obyek wisata ini yang berarti Bukit Seribu Bintang dalam bahasa Indonesia.

Bukit Lintang Sewu pun menjadi salah satu lokasi favorit untuk berkemah. Pengunjung juga bisa melakukan glamour camping atau glamping untuk merasakan pengalaman berkemah yang sedikit mewah di sana.

5. Bukit Panguk

Obyek wisata ini berada di kawasan selatan Kecamatan Dlingo, tepatnya di Desa Mangunan. Lokasinya berdekatan dengan obyek-obyek wisata lain, seperti Kebun Buah Mangunan, Pinus Mangunan, dan Seribu Batu.

Di Bukit Panguk, pengunjung akan disuguhkan dengan pesona sungai kabut pada pagi hari, berupa kabut yang berada di atas Sungai Oya yang berkelok.

Spot panorama di sini juga menghadap ke arah timur. Saat cuaca sedang bagus, perpaduan kabut dengan matahari terbit akan terlihat begitu memesona.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/23/070700927/kecamatan-dlingo-jadi-lokasi-film-tilik-ini-5-obyek-wisata-di-sana

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke