Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wisata Malioboro Menggeliat, Ada 18.375 Kunjungan Wisatawan saat Libur Panjang

Dilansir dari Tribun Jogja, sedikitnya 18.375 wisatawan memadati kawasan Malioboro, sepanjang long weekend pada 20-23 Agustus 2020.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Malioboro, Ekwanto merinci, pada Kamis (20/8/20) di terdapat 4.781 kunjungan.

Kemudian, pada Jumat (21/8/2020), jumlah wisatawan di Malioboro turun , menjadi 3.772 kunjungam. Lalu pada Sabtu (22/8/2020), meningkat menjadi 5.149 orang kunjungan.

Terakhir, pada Minggu (23/8/2020) yang jadi penutup long weekend tahun baru Islam, menurun ke angka 4.673 kunjungan.

"Dari belasan ribu pengunjung itu, banyak yang dari luar kota, seperti Bandung, Jakarta, Solo, Pekalongan, dan lain sebagainya. Rata-rata memang rombongan keluarga ya, pakai mobil pribadi," ujarnya, Senin (24/8/20).

Daerah favorit

Ekwanto pun mengungkapkan, Zona 2 khususnya di depan Malioboro Mall, masih menjadi primadona bagi wisatawan.

Alhasil, pihaknya pun berulangkali harus mengingatkan pengunjung yang sudah terlalu lama di situ untuk beranjak dan beralih ke zona-zona berikutnya.

Perlu diketahui, selama pandemi Covid-19, Jalan Melioboro telah dibagi dalam 5 zona. Zona 1 dimulai dari Grand Inna-Malioboro Mall; Zona 2 dari Malioboro Mall-Mutiara.

Kemudian Zona 3 dari Halte Transjogja 2-Suryatmajan; Zona 4 dari Suryatmajan-Pabringan, dan Zona 5 Pabringan-Titik Nol Kilometer.

"Zona 2 sempat melebihi kapasitas waktu malam Minggu. Bahkan, kami harus menahan satu rombongan, karena kita pantau, kok sudah terlalu penuh. Akhirnya, mereka harus menunggu dulu, sekitar setengah jam," ucapnya.

Protokol kesehatan diterapkan 

Lebih lanjut, ia berujar, secara prinsip protokol kesehaatan sudah diterapkan dengan cukup baik selama long weekend kemarin.

Beberapa pelanggaran terkait pemakaian masker dan jaga jarak aman, bisa diselesaikan oleh para petugas, khususnya Satpol PP, melalui upaya persuasif.

"Tapi, yang sulit itu terkait penerapan one way, karena jalur cepatnya macet, pengunjung kesulitan untuk menyebrang. Jadi, akhirnya terpaksa melawan arah. Kalau kondisinya crowded seperti itu memang susah ya," cetusnya.

Pemeriksaan petugas lapangan

Sementara Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyatakan, Pemkot siap melakukan langkah pemeriksaan bagi tenaga lapangan yang bertugas selama long weekend lalu, baik itu dari Jogoboro, Satpol PP, maupun Dishub, sebagai antisipasi penularan dan sebaran Covid-19.

"Pekan ini kita akan rapid test petugas lapangan, totalnya ada 136 petugas. Jadi, ini untuk memastikan, kemarin libur panjang itu ada 'tinggalan' (Covid-19 dari wisatawan) atau tidak," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Selama Long Weekend, Pengunjung Malioboro Tembus 18.376 Orang.

https://travel.kompas.com/read/2020/08/25/075400127/wisata-malioboro-menggeliat-ada-18375-kunjungan-wisatawan-saat-libur-panjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke